Cara Memperkenalkan Dunia Politik pada Anak

Pada kesempatan ini kami akan bahas perihal cara memperkenalkan dunia politik pada anak. Memperkenalkan dunia potitik pada anak? Apa perlu? Bukankah poltik adalah dunianya orang dewasa? Lalu, apa pentingnya anak‐anak mengetahui dunia potitik? Bagaimana cara mengenalkannya?

Cara Memperkenalkan Dunia Politik pada Anak

Politik adalah cara untuk mendapatkan sesuatu. Masih ingatkah Anda ketika buah hati masih kecil dia menangis meminta sesuatu yang diinginkannya? Lalu, Anda segera merespon dan mengabulkannya.

Maka, seketika itu juga anak langsung berhenti menangis dan kembali riang. Inilah cara yang dilakukan anak untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkannya dengan cara menangis. Hal ini dapat dikatakan anak sudah melakukan politik di keluarga bersama Anda.

Inilah Cara Memperkenalkan Dunia Politik pada Anak

Politik dapat juga berarti kekuasaan, Anda dapat memperhatikan buah hati di rumah, kerap kali ingin menguasai sesuatu, seperti mainan. Anak memperebutkan mainan dengan saudaranya atau temannya. Bila kalah dia akan sedih dan bila dia menang dia akan senang. Bukankah ini politik?

Lalu, bagaimana cara mengenalkan dunia politik kepada anak-anak? Memperkenalkan dunia politik pada anak bukanlah seperti yang terjadi di masyarakat. Anda sebaiknya memulai dari hal yang sederhana. Antara lain:

1. Tanamkan jiwa sportif dalam diri anak

Setiap persaingan ada yang kalah ada yang menang. Setiap individu pasti menginginkan meraih kemenangan dalam setiap persaingan. Termasuk juga dengan anak-anak, menginginkan menang dalam bersaing untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Seperti memperebutkan mainan, memperebutkan kejuaraan pertandingan, dan lain-lain.

Tetapi bila yang terjadi adalah kekalahan maka biasanya anak kerap menangis, bahkan ada yang menyalurkan kekesalannya dengan marah-marah. Hal seperti inilah yang perlu arahan dan bimbingan dari orang tua.

Tanamkan kepada anak-anak untuk memiliki jiwa yang sportif siap menerima kemenangan dan kekalahan. Bila sejak dini anak sudah dibiasakan dengan sikap lapang dada, maka kelak bila sudah dewasa akan menjadi pribadi yang baik, sportif, jujur, menghargai orang lain.

2. Tanamkan cara yang baik untuk mendapatkan sesuatu

Setiap individu mempunyai banyak cara untuk mendapatkan apa yang diinginkannya, tetapi apakah cara yang dilakukan itu baik atau tidak? Anda perlu menanamkan kepada anak-anak bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan harus dengan cara yang baik, bukan menghalalkan segala cara. Seperti meminta sesuatu dengan sopan dan santun, dengan lembut. Tidak harus dengan menangis, berteriak, apalagi sambil marah-marah.

Hal ini akan terbawa sampai anak remaja bahkan dewasa. Bila sejak kecil sudah ditanamkan cara yang baik untuk mendapat apa yang diinginkan, kelak bila sudah dewasa, cara yang baik tetap akan dipakai. Tidak menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.

3. Tanamkan empati kepada orang lain

Setiap individu menginginkan kemenangan dalam persaingan. Tetapi apakah memperhatikan orang lain? Anda, sejak kecil tanamkanlah rasa empati anak kepada orang lain, seperti kepada saudaranya, teman-temannya. Tanamkan bahwa apa yang kita dapatkan ini merupakan hasil perjuangan orang lain juga. Bermain bersama teman atau saudara lebih menyenangkan daripada main sendiri dengan mainan yang kita kuasai.

Ajaklah anak untuk berbagi dengan orang lain, dengan mulai memberikan apa yang dia miliki kepada orang lain. Dengan demikian anak akan belajar empati kepada orang lain yang tidak seberuntung dirinya.

Sekian informasi tentang cara memperkenalkan dunia politik pada anak, semoga post ini mencerahkan teman-teman semua. Mohon postingan ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Marketplace Penghasilan Online Rekening Online SEO Traffic Generation Website
Tips Memilih Hosting Berkualitas
Tips Memilih Hosting Berkualitas dan Terbaik untuk Website
Domain dan Hosting
Seluk Beluk Domain dan Hosting yang Perlu Anda Ketahui
Peta Internet Marketing
Peta Internet Marketing secara Garis Besar

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Nabi yang Diutus di Palestina
Nabi yang Diutus di Palestina Negeri Para Anbiya
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Jenis Bahan Kain Tekstil dalam Industri Fashion
Program Kejar Paket A Setara SD
Jenjang Pendidikan Dasar di Indonesia Saat Ini
Harga Cash dan Kredit Berbeda, Bolehkah?

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan