Pentingnya Mengajarkan Kejujuran pada Anak sejak Dini

Apa pentingnya mengajarkan kejujuran pada anak sejak dini? Lalu bagaimana cara mengajarkannya pada anak? Dapatkan jawabannya hanya di artikel ini.

Mengajarkan Kejujuran pada Anak

Cara Ajarkan Kejujuran

Jujur merupakan kata yang ringan tapi berat untuk mempraktikkannya. Jujur adalah kesesuaian antara perkataan dengan tingkah laku. Lalu, bagaimana mengajarkan anak untuk berperilaku jujur?

Setiap orang tua menginginkan anaknya untuk berperilaku jujur. Untuk berperilaku jujur dapat anak mulai sejak dini. Karena perilaku jujur merupakan pembiasaan seseorang mulai dari keluarga.

Ayah bunda, inilah cara mengajarkan kejujuran pada anak :

1. Orang Tua Harus Menjadi Contoh Perilaku Jujur

Orang tua merupakan contoh bagi anak dalam setiap perilaku. Anak merupakan peniru yang paling andal. Karena dalam dirinya belum dapat berpikir untuk berperilaku baik atau buruk. Sehingga anak hanya dapat meniru apa yang mereka lihat sehari-hari, yaitu ayah dan bundanya. Termasuk juga dalam perilaku jujur, anak bisa belajar dari perilaku ayah bunda.

Mungkin ayah bunda tidak menyadari, apa yang ayah bunda lakukan berpengaruh kepada tumbuh kembang anak. Misalnya :

  • Ketika ada telepon mencari ayah. Ayah minta pada anak untuk mengatakan ‘Ayah tidak ada di rumah’, padahal ada.
  • Ketika bunda mengatakan kepada anak ‘Jangan bilang ke ayah, ya’.

Perilaku seperti ini akan terekam dalam diri anak dan menjadi pembelajaran dalam dirinya untuk belajar bohong. Maka jangan menyalahkan mereka ketika anak mulai berbohong kepada ayah bunda.

2. Memberikan Kepercayaan pada Anak

Setiap orang, pasti ingin mendapatkan kepercayaan. Apalagi kepercayaan itu datang dari ayah bunda. Tetapi kadang ayah bunda tidak memberikan kepercayaan itu kepada anak. Akhirnya yang terjadi adalah anak mulai berbohong dan berperilaku tidak jujur. Oleh karena itu, ayah bunda berikanlah kepercayaan kepada anak, sehingga tumbuh rasa percaya diri dan perilaku jujur dapat di tumbuh kembangkan.

Mulailah dari memberikan kepercayaan kepada anak dari hal yang kecil seperti berbelanja di warung. Biarkan anak berbelanja sendiri dan mengembalikan uang belanjaan kepada ayah bunda. Bila ternyata anak jujur, maka pujilah perilakunya. Anak yang ayah bunda berikan kepercayaan penuh akan berpengaruh terhadap perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

3. Melakukan Check and Recheck

Memberikan kepercayaan kepada anak memanglah baik. Tetapi ayah bunda tetap harus melakukan check and recheck terhadap apa yang anak-anak lakukan. Dengan melakukan check and recheck terhadap perilaku jujur anak akan berpengaruh. Karena anak akan merasa ayah bunda sangat perhatian terhadap dirinya.

Ayah bunda menyukai pekerjaan anak, karena ayah bunda memberikan kepercayaan penuh kepadanya. Oleh karena itu ayah bunda lakukanlah check and recheck terhadap kepercayaan yang ayah bunda berikan kepada anak-anak.

Pentingnya Mengajarkan Kejujuran pada Anak

Ayah bunda, sungguh pentingnya perilaku jujur anak biasakan sejak dini. Agar kelak setelah dewasa perilaku jujur sudah menjadi perilaku yang biasa mereka lakukan. Mulailah dari diri ayah bunda. Biasakanlah ayah bunda untuk berperilaku jujur, terutama di depan anak-anak.

Hal ini dapat ayah bunda biasakan dari hal-hal yang kecil. Dengan memberikan contoh kepada anak-anak, sesungguhnya ayah bunda sedang mengajarkan kejujuran kepada anak. Karena contoh merupakan cara yang paling efektif.

Kepercayaan merupakan sesuatu yang mahal. Maka ayah bunda katakanlah kepada anak-anak bahwa kepercayaah yang ayah bunda berikan harus mereka jaga dengan baik. Jangan sampai menyalahgunakan kepercayaan yang ayah bunda berikan.

Bila sejak dini anak dibiasakan menjaga kepercayaan yang ayah bunda berikan maka akan berdampak sampai dewasa. Bila menjadi pemimpin akan menjadi pemimpin yang amanah atau dapat orang percaya.

Walaupun sudah ayah bunda berikan kepercayaan, biasakanlah ayah bunda untuk melakukan check and recheck terhadap kepercayaan yang ayah bunda berikan. Hal ini berfungsi sebagai pengawasan bagi anak. Sehingga anak merasa ayah bunda tetap perhatian dan melakukan pengawasan terhadap dirinya, walaupun sudah ayah bunda berikan kepercayaan.

Baca juga : Cara Memperkenalkan Keberagaman Pada Anak

Demikian info terkait dengan pentingnya mengajarkan kejujuran pada anak sejak dini], kami harap artikel ini mencerahkan kalian. Tolong artikel  tips parenting ini kalian sebarluaskan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan