Pentingnya Mengajarkan Kejujuran pada Anak sejak Dini


Sekarang kami akan jelaskan perihal pentingnya mengajarkan kejujuran pada anak sejak dini. Jujur merupakan kata yang ringan tapi berat untuk mempraktikkannya. Jujur adalah kesesuaian antara perkataan dengan tingkah laku. Lalu, bagaimana mengajarkan anak untuk berperilaku jujur?

Pentingnya Mengajarkan Kejujuran pada Anak

Setiap orang tua menginginkan anaknya untuk berperilaku jujur. Untuk berperilaku jujur dapat dimulai sejak dini, karena perilaku jujur merupakan pembiasaan seseorang dimulai dari keluarga. Ayah bunda, inilah cara mengajarkan kejujuran pada anak:

Orang Tua Harus Menjadi Contoh Perilaku Jujur

Orang tua merupakan contoh bagi anak dalam setiap perilaku. Anak merupakan peniru yang paling andal, karena dalam dirinya belum dapat berpikir untuk berperilaku baik atau buruk. Sehingga anak hanya dapat meniru apa yang dilihatnya sehari-hari, yaitu ayah dan bundanya. Termasuk juga dalam perilaku jujur, anak bisa belajar dari perilaku ayah bunda.

Mungkin ayah bunda tidak menyadari, apa yang ayah bunda lakukan berpengaruh kepada tumbuh kembang anak, seperti, ketika ada telepon mencari ayah bunda, anak diminta untuk mengatakan ‘Ayah tidak ada di rumah’, padahal ada. Ketika bunda mengatakan kepada anak ‘Jangan bilang ke ayah, ya’.

Perilaku seperti ini akan terekam dalam diri anak dan menjadi pembelajaran dalam dirinya untuk belajar bohong. Maka jangan menyalahkan mereka ketika anak mulai berbohong kepada ayah bunda.

Memberikan Kepercayaan pada Anak

Setiap orang, pasti ingin mendapatkan kepercayaan. Apalagi kepercayaan itu datang dari ayah bunda. Tetapi kadang ayah bunda tidak memberikan kepercayaan itu kepada anak. Akhirnya yang terjadi adalah anak mulai berbohong dan berperilaku tidak jujur. Oleh karena itu, ayah bunda berikanlah kepercayaan kepada anak, sehingga tumbuh rasa percaya diri dan perilaku jujur dapat di tumbuh kembangkan.

Mulailah dari memberikan kepercayaan kepada anak dari hal yang kecil seperti berbelanja di warung. Biarkan anak berbelanja sendiri dan mengembalikan uang belanjaan kepada ayah bunda. Bila ternyata anak jujur, maka pujilah perilakunya. Anak yang diberikan kepercayaan penuh dari orang tua akan berpengaruh terhadap perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

Melakukan Check and Recheck

Memberikan kepercayaan kepada anak memanglah baik, tetapi ayah bunda tetap harus melakukan check and recheck terhadap apa yang dilakukan oleh anak-anak. Dengan melakukan check and recheck terhadap perilaku jujur anak akan berpengaruh, karena anak akan merasa ayah bunda sangat perhatian terhadap dirinya.

Ayah bunda menyukai pekerjaan anak, karena ayah bunda memberikan kepercayaan penuh kepadanya. Oleh karena itu ayah bunda lakukanlah check and recheck terhadap kepercayaan yang diberikan kepada anak-anak.

Pentingnya Mengajarkan Kejujuran pada Anak

Ayah bunda, sungguh pentingnya perilaku jujur dibiasakan sejak dini agar kelak setelah dewasa perilaku jujur sudah menjadi perilaku yang biasa dilakukan. Mulailah dari diri ayah bunda. Biasakanlah ayah bunda untuk berperilaku jujur, terutama di depan anak-anak.

Hal ini dapat dibiasakan dari hal-hal yang kecil. Dengan memberikan contoh kepada anak-anak, sesungguhnya ayah bunda sedang mengajarkan kejujuran kepada anak, karena contoh merupakan cara yang paling efektif.

Kepercayaan merupakan sesuatu yang mahal, maka ayah bunda katakanlah kepada anak-anak bahwa kepercayaah yang ayah bunda berikan harus dijaga dengan baik. Jangan sampai menyalahgunakan kepercayaan yang ayah bunda berikan. Bila sejak dini anak dibiasakan menjaga kepercayaan yang diberikan maka akan berdampak sampai dewasa. Bila menjadi pemimpin akan menjadi pemimpin yang amanah atau dapat dipercaya.

Walaupun sudah diberikan kepercayaan, biasakanlah ayah bunda untuk melakukan check and recheck terhadap kepercayaan yang diberikan. Hal ini berfungsi sebagai pengawasan bagi anak, sehingga anak merasa ayah bunda tetap perhatian dan melakukan pengawasan terhadap dirinya, walaupun sudah diberikan kepercayaan.

Demikian info terkait dengan pentingnya mengajarkan kejujuran pada anak sejak dini], kami harap artikel ini mencerahkan kalian. Tolong artikel ini disebarluaskan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Ilmu Parenting

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Smart Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Membuka Bisnis Parsel
Membuka Bisnis Parsel atau Hantaran
Kiat Menjadi Pebisnis
Kiat Menjadi Pebisnis Baru dari Nol
Membuat Analisis Pasar Bisnis
Membuat Analisis Pasar Bisnis dalam Business Plan

Gaya Hidup

Fashion Herbal Kecantikan Kesehatan

Investasi

Investasi Financial Asset Investasi Lain Investasi Real Asset

IPTEK

Enslikopedia Gadget Otofun Teknologi

Keuangan

Asuransi Cerdas Keuangan Dana Masa Depan Smart Finansial
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Wisata Alam Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda
Jasa Percetakan Online
Jasa Percetakan Online Usaha yang Menang Banyak Peluang
Jasa Sadap Sosial Media
Jasa Hack Sadap Whatsapp Facebook Instagram Terpercaya 100%
Info Pajak Kendaraan Bermotor
Info Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Lengkap
Jasa Komentar Sosial Media
Jasa Komentar Media Sosial dari MediaKomen
Dunia Digital Penghasilan Online Promosi Online Rekening Online
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Membuat Website Khusus Masjid
Membuat Website Khusus Masjid Gratis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Lainnya
Cara Memplester Dinding Rumah
Cara Memplester Dinding Rumah dengan Mudah
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan