Jangan Suka Membanding-bandingkan Anak Kita

Di artikel ini kami akan ulas seputar jangan suka membanding-bandingkan anak kita. Sikap individu tidak akan senang bila dirinya dibandingkan-bandingkan dengan orang lain. Baik orang dewasa ataupun anak-anak dan remaja. Setiap individu menginginkan dirinya sebagai suatu pribadi yang istimewa. Sebagai orang tua, disadari atau tidak kerap membandingkan antara anak yang satu dengan yang lain. Seperti antara kakak dengan adik, antara saudara sepupu, antara anaknya dengan anak tetangga dan lain-lain.

Jangan Suka Membanding-bandingkan Anak Kita

Jangan Suka Membanding-bandingkan Anak Kita

Sikap seperti ini akan menmbulkan dampak yang buruk untuk tumbuh kembang anak. Inilah yang terjadi pada anak bila orang tua kerap membandingkan anak yang satu dengan yang lain:

Tidak Percaya Diri

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang dengan kepribadian yang balk dan penuh rasa percaya diri. Dengan perlakuan membandingkan anak yang satu dengan yang lain akan membuat buah hati menjadi tidak percaya diri. Bagaimana seseorang mau percaya diri, bila dirinya selalu dibandingkan dengan orang lain, siapapun itu. Apakah kakak, adik atau teman-temanya. Bila hal ini terus berlangsung maka kepercayaan diri anak lambat laun akan berkurang.

Penakut

Kerap kita temui anak-anak yang tidak berani melakukan sesuatu. Padahal dia berada di dalam rumahnya, seperti takut ke kamar mandi, takut di kamar sendiri, bahkan untuk sekolah ada anak yang minta ditemani di dalam kelas. Rasa takut itu bisa muncul, salah satunya, disebabkan perlakuan orang tua yang kerap membandingkan dirinya dengan yang lain. Sehingga ke mana-mana anak akan minta didampingi oleh orang dewasa atau orang lain.

Merasa tidak berharga

Seorang anak yang dalam hidupnya selalu dibanding-bandingkan dengan orang lain, akan merasa dirinya tidak berharga, tidak memiliki potensi maupun kemampuan. Sehingga cenderung pasif apatis. Karena dia akan merasa bahwa dirinya pasti tidak mampu, tidak bisa membuat ayah bunda bangga. Perasaan seperti itu bila terus menerus maka akan berakibat fatal dan menganggu tumbuh kembangnya sebagai seorang anak.

Melemahkan bakat dan potensi

Setiap individu pasti memiliki bakat dan kemampuan masing-masing. Ada yang mudah berkembang, ada pula yang lambat. Bahkan cenderung terpendam, cenderung tidak dapat mengembangkan bakat dan potensi yang dimilikinya. Padahal bakat dan potensi yang dimiliki oleh anak adalah anugerah yang harus disyukuri.

Sikap melawan Orangtua

Apa kaitannya sikap orang tua yang suka membanding-bandingkan anaknya dengan sikap melawan anak kepada orang tua? Setiap individu sejatinya ingin dihargai dan tidak ingin dibandingkan dengan individu lain. Begitu pula dengan anak-anak. Namun bila hal itu terjadi, seorang anak yang mempunyai keberanian dia akan cenderung melawan orang tua. Dia bisa mengatakan, “Aku tidak mau disamakan dengan kakak!”, “Aku tidak suka Ayah Bunda membandingkan aku dengan adik”.

Masih banyak bentuk perlawanan dari anak terhadap orang tua terkait sikap membandingkan anak yang satu dengan anak yang lain. Ayah, Bunda, setiap anak mempunyai keistimewaan masing-masing.

Berhentilah membandingkan anak yang satu dengan yang lain. Yang perlu dilakukan adalah berikanlah motivasi kepada anak yang belum tampak keberaniannya, belum kelihatan prestasinya. Sabarlah, tinggal menunggu waktu yang tepat saja. Berikanlah rasa percaya diri yang kuat kepada anak-anak. Bagaimanapun mereka adalah anak-anak kita.

Demikian info terkait dengan jangan suka membanding-bandingkan anak kita, semoga postingan ini membantu kalian. Mohon post ini diviralkan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Ilmu Parenting

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan