Pulau Terasing di Dunia yang Belum Terjamah

Tahukah Anda ada pulau terasing yang ada di dunia? Mau tahu apa sajakah pulau terasing di dunia itu? Simak artkel tentang wisata pulau yang ada di dunia ini hingga selesai.

Pulau Terasing di Dunia

Pulau Terasing di Dunia

Pulau adalah daratan yang lebih kecil dari benua tetapi lebih besar dari pada karang yang dikelilingi oleh air. Sedangkan kepulauan adalah kumpulan dari beberapa pulau atau rantai / gugus kumpulan dari pulau-pulau.

Oleh karena itu negara Indonesia yang memiliki banyak pulau biasa disebut atau dipanggil dengan negara Kepulauan Indonesia. Ada beberapa pulau ataupun kepulauan di dunia ini yang jarang orang jamah atau kunjungi atau dengan kata lain terasing.

Berikut beberapa di antara Pulau Terasing di Dunia :

a. Kepulauan Tristan da Cunha (Tristan da Cunha Islands)

Tristan da Cunha merupakan kumpulan pulau vulkanik terpencil di Samudra Atlantik selatan yang berjarak 2.816 km dari daratan terdekat, Afrika Selatan. Populasi Tristan da Cunha sebesar 275 orang.

Wilayah ini terdiri atas pulau utama, Tristan da Cunha seluas 98 km2 dan Kepulauan Nightingale berpenghuni. Serta suaka margasatwa yang dapat pengunjung akses dari Pulau Gough.

b. Kepulauan Kiribati (Kiribati Islands)

Negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik tengah tropis. Negara kepulauan ini memiliki 32 atol dan satu pulau karang yang tersebar lebih dari 3,5 juta km2 dan berbatasan dengan Garis Tanggal Internasional (International Date Line).

Kepulauan Kiribati adalah pengucapan lokal untuk Gilbert, berasal dari rantai pulau utama, Kepulauan Gilbert. Kiribati merdeka dari Britania Raya pada tahun 1979. Kiribati yang jauh dari peradaban ini paling mudah pengunjung jangkau dari Honolulu.

c. Kepulauan Pitcairn (Pitcairn Islands)

Kepulauan Pitcairn merupakan kumpulan dari lima pulau terasing yang terletak di selatan Samudra Pasifik, tetapi hanya Pulau Pitcairn yang berpenghuni. Pitcairn ini satu-satunya koloni Inggris di Pasifik.

Pitcairn terkenal terutama karena penduduk aslinya, yaitu :

  • para pembajak kapal HMAV Bounty, serta
  • warga Tahiti yang dibawa para pembajak.

Seperti dalam novel berjudul Mutiny on the Bounty, yang menjadi tema beberapa film.

Kepulauan ini juga merupakan negara (walaupun belum merdeka) dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia, sekitar 47 penghuni (9 keluarga).

d. Pulau Easter (Easter Island)

Sebuah pulau Polinesia di Samudra Pasifik tenggara. Easter Island sebuah pulau terasing yang terkenal karena 887 patung batu besar berbentuk kepala manusia yang disebut moai.

Patung-patung yang orang-orang Rapa Nui awal buat ini menjadi Situs Warisan Dunia. Dengan banyak pulau yang dilindungi dalam Taman Nasional Rapa Nui.

e. Pulau Saint Helena (Saint Helena Island)

Saint Helena adalah salah satu pulau vulkanik yang berada di selatan Samudra Atlantik. Pulau terasing ini merupakan bagian dari wilayah teritorial Saint Helena, Ascension, dan Tristan da Cunha yang mencakup wilayah Tristan da Cunha dan Pulau Ascension. Populasi Saint Helena sebesar 4.255 penduduk.

Pulau ini memiliki sejarah lebih dari 500 tahun sejak pertama kali Portugis temukan pada tahun 1504 sebagai sebuah pulau tak berpenghuni. Selama beberapa abad, Inggris menggunakan pulau itu sebagai tempat pengasingan, terutama untuk :

  • Napoleon Bonaparte,
  • Dinuzulu kaCetshwayo, dan
  • lebih dari 5 ribu tahanan Boer.
f. Pulau Attu (Attu Island)

Pulau terbesar di barat dan kelompok kepulauan dekat Kepulauan Aleut Alaska. Attu Station adalah satu-satunya pulau terasing yang berpenghuni dan terletak di 52 derajat 51’ LU dan 173 derajat 11’ BT.

g. Kepulauan Galapagos (Galapagos Islands)

Selain sebagai negara kepulauan, Galapagos juga memiliki banyak gunung api yang tersebar. Galapagos terkenal karena jumlah spesies endemisnya yang besar dan penelitian yang Charles Darwin lakukan tentang teori seleksi alam.

Yayasan Charles Darwin berdiri di Belgia tahun 1959 yang mendedikasikan pada pemeliharaan kepulauan ini. Kepulauan ini terdiri atas dua belahan : utara dan selatan khatulistiwa.

Garis khatulistiwa melewati bagian utara pulau terbesar; Isabela. Galapagos ditetapkan sebagai cagar alam pada 1959 yang melindungi 97,5 persen wilayah kepulauan. Sisa wilayah untuk permukiman manusia yang sudah ada pada waktu itu.

Tahun 1978 UNESCO menetapkan Galapagos sebagai Situs Warisan Dunia. Yang kemudian diperpanjang hingga Desember 2001 untuk memasukkan wilayah cadangan kelautan.

h. Pulau Cocos (Cocos Island)

Pulau terasing ini terletak sekitar 1,6 km dari ujung selatan Guam. Cocos Island adalah salah satu alasan utama banyak wisatawan berlibur ke Guam. Cocos Islands menyuguhkan pemandangan yang sangat indah.

i. Kepulauan Falkland (Falkland Islands)

Kepulauan Falkland adalah kepulauan di Samudra Atlantik selatan, terletak sekitar 483 km dari pantai daratan Argentina, 1.127 km dari daratan Antartika, dan 6.116 km dari Afrika. Ada dua pulau utama, yaitu Falkland Timur dan Falkland Barat, serta 776 pulau kecil.

Terjadi perebutan kekuasaan antara pemerintah Inggris dan Argentina dalam menduduki wilayah ini. Untuk merebut Falkland, Argentina mendirikan koloni hukum pada 1820 dan melantik Luis Vernet sebagai gubernur pada tahun 1829.

Inggris merebut kembali Falkland di tahun 1833, namun Argentina tidak mau melepaskan haknya di kepulauan ini. Sejumlah ketegangan membuat Argentina menyerbu pada 1982.

Kekalahan Argentina di tahun 1983 menyebabkan kekuasaan diktator militernya runtuh. Sampai saat ini, penduduk Falkland menganggap diri mereka sebagai warga negara Britania atau Inggris.

j. Pulau Xisha (Xisha Island)

Pulau ini terletak 329 km dari daratan terdekat Provinsi Hainan di perairan Laut Cina Selatan. Di pulau ini terdapat burung khas dan tanaman tropis langka yang hanya dapat hidup di pulau ini.

Baca juga : Gua Stalaktit dan Stalagmit Paling Indah

Sekian informasi tentang pulau terasing di dunia yang belum terjamah, kami harap artikel kali ini bermanfaat untuk kalian. Tolong postingan alam paling dan objek wisata alam ini kalian bagikan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi : Super Wisata

Leave a Reply

Marketplace Penghasilan Online Rekening Online SEO Traffic Generation Website
Tips Memilih Hosting Berkualitas
Tips Memilih Hosting Berkualitas dan Terbaik untuk Website
Domain dan Hosting
Seluk Beluk Domain dan Hosting yang Perlu Anda Ketahui
Peta Internet Marketing
Peta Internet Marketing secara Garis Besar

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Jenis Bahan Kain Tekstil dalam Industri Fashion
Program Kejar Paket A Setara SD
Jenjang Pendidikan Dasar di Indonesia Saat Ini
Harga Cash dan Kredit Berbeda, Bolehkah?

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan