Perbedaan Suku Bunga jadi Alasan Pemilihan Produk Investasi

Apa yang jadi alasan Anda memilih produk investasi perbankan? Perbedaan suku bunga merupakan salah satu alasannya yang banyak orang pilih. Selengkapnya bisa baca artikel ini hingga tuntas.

Perbedaan Suku Bunga

Perbedaan Suku Bunga

Menabung dalam mata uang rupiah bunganya selalu lebih tinggi daripada menabung dalam bentuk mata uang asing. Alasannya, selain karena mata uang asing lebih aman dan likuid kita pergunakan di luar negeri. Dan juga disebabkan oleh kebijakan pemerintah Indonesia supaya masyarakat lebih suka memegang uang rupiah daripada dollar.

Seperti kita ketahui, semakin tinggi risiko sebuah sarana investasi maka semakin besar keuntungannya. Begitu jugalah dengan tabungan dalam bentuk mata uang asing dibandingkan dengan rupiah. Rupiah dianggap lebih berisiko dibandingkan dollar AS.

Suku bunga yang tinggi serta fasilitas yang baik yang diberikan oleh bank menyebabkan orang-orang yang memiliki uang yang banyak akan sering menginvestasikan ke dalam produk perbankan seperti tabungan dan deposito.

Selain mudah, aman, hasilnya pun terasa. Bayangkan seandainya Anda memiliki dana sebesar Rp 1 milyar dan ditabung di bank dengan bunga 10% per tahun.

Ini berarti pendapatan dari hasil bunga saja adalah ± Rp 100 juta per tahun (kita kesampingkan pajak dan biaya lainnya). Kalau bunga tersebut Anda ambil per bulan maka ada Rp 8,3 juta Anda dapatkan. Tentunya lebih mengasyikkan dibandingkan membuka usaha yang merepotkan dan belum tentu berhasil?

Semakin besar nilai tabungan Anda, semakin besar hasil yang Anda dapatkan. Seolah-olah pameo “orang kaya semakin kaya, orang miskin semakin miskin” sulit dibantah.

Rumor

Pernah ada rumors beredar yang mengatakan seorang menteri jenius yang sangat berbaik hati di kabinet rezim Orba dahulu terdorong untuk menghilangkan kebenaran pameo di atas. Akibatnya beliau malah diganti. Menteri ini ingin mengeluarkan keputusan untuk memberlakukan pajak progresif atas nilai tabungan dan deposito.

Artinya, semakin tinggi tabungan atau deposito seseorang maka semakin besar pula pajak penghasilan atas bunga yang diperolehnya. Nah, pajak inilah yang nantinya dikumpulkan untuk disalurkan buat masyarakat kecil.

Penggantian menteri ini sangatlah sederhana untuk dipahami. Waktu itu Presiden Soeharto mendapat warning dari Bill Clinton. Sebab kebijakan pajak progresif tersebut akan membondong-bondongkan orang menukar rupiahnya ke dalam dollar dan menabung dalam dollar.

Jika tabungan atau deposito dollar tetap dikenakan pajak tersebut maka Amerika akan protes dan bereaksi. Hasilnya di kabinet pembangunan berikutnya menteri tersebut diganti.

Baca juga : Investasi Simpanan Mata Uang di Bank

Demikian informasi berkaitan dengan perbedaan suku bunga jadi alasan pemilihan produk investasi, kami harap postingan ini membantu kalian. Kami berharap postingan sarana investasi perbankan ini dishare agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Leave a Reply

Marketplace Penghasilan Online Rekening Online SEO Traffic Generation Website
Tips Memilih Hosting Berkualitas
Tips Memilih Hosting Berkualitas dan Terbaik untuk Website
Domain dan Hosting
Seluk Beluk Domain dan Hosting yang Perlu Anda Ketahui
Peta Internet Marketing
Peta Internet Marketing secara Garis Besar

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Jenis Bahan Kain Tekstil dalam Industri Fashion
Program Kejar Paket A Setara SD
Jenjang Pendidikan Dasar di Indonesia Saat Ini
Harga Cash dan Kredit Berbeda, Bolehkah?

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan