Berniaga Namun Tidak Lalai Mengingat Allah

Pada kesempatan ini kami akan jelaskan terkait dengan Berniaga Namun Tidak Lalai Mengingat Allah. Di antara karakter dan etika pengusaha muslim yang sangat indah dan membedakannya dari pengusaha non muslim ialah senantiasa ingat Allah SWT. Dengan demikian seorang pengusaha muslim senantiasa menjalankan kewajiban ibadah kepada Allah tanpa terganggu oleh berbagai aktifitas perniagaan.

Berniaga Namun Tidak Lalai Mengingat Allah

Berniaga Namun Tidak Lalai Mengingat Allah

“Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak pula oleh jual-beli dari mengingat Allah dan dari mendirikan shalat dan menunaikan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang padanya hati dan penglihatan bergoncang”. (An Nur : 23)

Sebagai seorang pengusaha muslim, Anda senantiasa sadar bahwa Allah SWT mengetahui setiap perbuatan dan ucapan Anda. Dan Anda pun percaya bahwa setiap ucapan dan perbuatan Anda pastilah mendapat balasannya yang setimpal.

Kesadaran ini menjadikan pengusaha muslim waspada dan tidak menghalalkan segala macam cara dalam mencari keuntungan niaga.

“Jangan pernah engkau merasa rizkimu telat datang, karena sesungguhnya tiada seorangpun hamba yang mati, hingga telah datang kepadanya rizqi terakhir yang ditentukan untuknya. Maka bertakwalah engkau kepada Allah dan tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rizqi. Tempuhlah yang halal dan tinggalkan yang haram”. (HR. Ibnu Majah)

Pengusaha Muslim dalam Bisnis

Pengusaha muslim berlaku santun dalam menjalankan perniagaan, karena mereka beriman bahwa harta kekayan dunia bukanlah standar keberhasilan, baik di dunia atau akhirat. Harta kekayaan hanyalah titipan dan bahkan ujian, apakah mereka bersyukur atau sebaliknya kufur.

“Dan ketahuilah bahwa harta benda dan anak keturunanmu hanyalah cobaan, dan sesungguhnya Allah, di sisinya terdapat pahala yang agung”. (Al Anfal : 38)

Seorang pengusaha muslim percaya bahwa keberhasilan hidup tidaklah diukur dari banyak atau sedikitnya kekayaannya? Terlalu rendah dan hina bila kesuksesan hidup diukur dengan materi. “Andai dunia berserta isinya seberat sayap lalat, niscaya Allah tidak pernah memberi kesempatan kepada orang kafir untuk meneguk walau hanya seteguk air minum”. (HR. At Tirmizy)

Keuntungan Saudagar Kaya

Keuntungan dunia, bisa saja melimpah, namun percayalah bahwa itu tidak abadi. Bisa jadi sekarang Anda untung besar, namun esok hari Anda harus berserah diri pada suratan takdir.

Bisa saja Anda jatuh pailit atau bisnis Anda redup. Fakta ini tentu menggugah kesadaran Anda sebagai pengusaha muslim untuk berpikir dan mencari perniagaan yang tidak mungkin rugi. Itulah perniagaan akhirat, perniagaan dengan Allah SWT:

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. (QS. Fathir : 32)

Sahabat Shuhaib Ar Rumi adalah saudagar kaya raya. Tatkala beliau hendak berhijrah dari kota Makkah ke Madinah, beliau di hadang oleh beberapa pemuda Quraisy. Akhirnya ia menebus dirinya dengan imbalan seluruh harta kekayaannya diserahkan kepada orang-orang Quraisy.

Setiba di Madinah, Shuhaib Ar Rumi menemui Nabi SAW dan beliau bersabda kepadanya: “Benar-benar untung perniagaanmu, Benar-benar untung perniagaanmu”. Dan selanjutnya turunlah ayat berikut, sebagai salah satu pujian atas sikap beliau:

“Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya karena mencari keridhaan Allah; dan Allah Maha Penyantun kepada hamba-hamba-Nya”. (QS. Al Baqarah : 313)

Baca juga :  Membuka Bisnis Jalur Reseller

Demikian info Berniaga Namun Tidak Lalai Mengingat Allah semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Marketplace Penghasilan Online Rekening Online SEO Traffic Generation Website
Tips Memilih Hosting Berkualitas
Tips Memilih Hosting Berkualitas dan Terbaik untuk Website
Domain dan Hosting
Seluk Beluk Domain dan Hosting yang Perlu Anda Ketahui
Peta Internet Marketing
Peta Internet Marketing secara Garis Besar

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Jenis Bahan Kain Tekstil dalam Industri Fashion
Program Kejar Paket A Setara SD
Jenjang Pendidikan Dasar di Indonesia Saat Ini
Harga Cash dan Kredit Berbeda, Bolehkah?

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan