Mengenal Planet Bumi Tempat Tinggal Kita Semua

Pada kesempatan ini kami akan jelaskan mengenai Mengenal Planet Bumi Tempat Tinggal Kita Semua. Bumi adalah planet yang memiliki urutan ke tiga dari matahari dan merupakan planet terbesar kelima dari semua planet yang ada di tata surya khususnya galaksi bima sakti. Pengetahuan mengenai Bumi sangat menarik untuk dibahas, berikut sedikit info yang berkaitan dengan planet tempat tinggal kita.

Mengenal Planet Bumi

Lapisan Bumi

Mengenal planet Bumi lebih dekat, Apa yang ada di dalam Bumi? Bumi bukan batuan yang padat sepanjang waktu. Bumi mempunyai inti dalam dari batuan padat, yang sebagian besar terbuat dari besi. Temperatur di sini mungkin 4.500 oC. Di luar inti dalam terletak lapisan batuan cair, yang disebut inti luar yang meluas sampai kira-kira setengah jarak ke permukaan.

Di luarnya terdapat lapisan batuan tebal yang disebut mantel, yang sebagian cair dan mudah mengalir. Lapisan paling tipis, atau kerak, terletak di permukaan Bumi, mengambang di atas cairan merah panas dari mantel. Tebal kerak Bumi kira-kira 6 km di bawah lautan, tetapi tebalnya 30 sampai 40 km di bawah daratan.

Magnet Bumi

Mengapa Bumi seperti sebuah magnet? Bumi berfungsi seperti sebuah magnet raksasa. Bila inti batuan padat bergerak di dalam batuan cair yang ada di atasnya, terciptalah medan magnet dengan kutub utara dan kutub selatan. Medan magnet ini mengelilingi Bumi dan meluas sampai ke ruang angkasa. Medan magnet Bumi berubah secara konstan.

Ini berarti bahwa kutub utara magnetik tidak selalu sama seperti Kutub Utara geografis, atau yang sesungguhnya, yang kamu temukan dalam peta, walaupun berkisar tidak jauh dari wilayah yang sama. Berjuta-juta tahun yang lalu, kutub magnetik utara terletak di tempat yang sekarang adalah gurun Sahara.

Mengenal Planet Bumi Tempat Tinggal Kita

Berapa umur Bumi? Diperkirakan Bumi berumur sekitar 4,6 miliar tahun. Batuan paling tua sejauh ini ditemukan berumur 3,8 miliar tahun. Alam semesta jauh lebih tua, dan mungkin sudah ada sekitar 15 miliar tahun yang lalu.

Kita dapat menghitung umur Bumi dan Alam Semesta dengan mencermati meteorit, dan juga dengan mengamati perubahan dalam struktur atom dari beberapa elemen yang ditemukan di Bumi. Elemen radioaktif mengalami penguraian dengan kecepatan tetap, dan perubahan ini dapat menunjukkan umur Bumi dan planet yang lain, dan juga umur bintang.

Elemen Bumi

Bumi terbuat dari bahan apa? Bumi terbuat dari banyak elemen. Elemen adalah senyawa paling sederhana yang mungkin, yang terdiri dari satu jenis atom. Pada umumnya elemen tidak dapat dipecah menjadi senyawa lain, kecuali dengan kondisi khusus yang mungkin kamu jumpai di dalam inti bintang yang amat panas.

Seluruhnya terdapat 92 elemen yang dijumpai dalam alam. Elemen lain dapat dibuat dalam laboratorium, tetapi keberadaannya hanya amat singkat. Mineral, yang menyusun permukaan padat dari Bumi, sebagian besar terdiri dari gabungan elemen. Mineral emas, berlian, dan grafit adalah contoh dari elemen tunggal, sementara yang lain terdiri dari beberapa elemen.

Pengertian Kristal

Apa yang disebut dengan kristal? Kristal adalah senyawa padat yang secara alami terbentuk menjadi bentuk teratur geometrik, bersiku-siku. Semua kristal dapat diklasifikasikan menjadi tujuh sistem. Kadang-kadang kristal terbentuk ketika air menguap, dan senyawa yang larut dalam air perlahan-lahan berubah menjadi kristal.

Kristal lain terbentuk karena tekanan yang besar. Kristal berlian terbentuk ketika karbon larut dalam batuan cair jauh di bawah permukaan Bumi. Berlian membentuk kristal dan kemudian ditemukan di permukaan Bumi karena aktivitas vulkanis atau oleh erosi kerak Bumi. Batu permata yang lain terbentuk dengan cara yang serupa, dan sebagian besar mengandung senyawa aluminium.

Ekuator Bumi

Apa yang disebut dengan Ekuator? Ekuator adalah garis imajiner yang ditarik mengelilingi bagian luar Bumi. Ekuator terletak di tengah-tengah antara Kutub Utara dan Kutub Selatan, di bagian Bumi yang paling lebar.

Ekuator ditemukan oleh pembuat peta karena garis ini dapat dijadikan titik yang praktis untuk mengukur jarak, bersama dengan Kutub Utara dan Kutub Selatan geografis. Pada peta, garis Ekuator disebut garis lintang 0 derajat. Garis ini membagi Bumi menjadi dua bagian sama besar, yang kita sebut belahan bumi utara dan selatan.

Definisi Logam

Apa yang disebut dengan logam? Logam adalah salah satu dari kelompok besar elemen. Pada umumnya berkilau dan keras. Air raksa adalah satu-satunya logam yang cair pada temperatur normal. Sebagian besar logam dapat dibengkokkan dan direntangkan, dan logam dapat dicampur menjadi logam campuran.

Logam biasanya ditemukan bersama dengan elemen lain dalam bentuk senyawa. Bauksit adalah bijih, atau campuran senyawa, yang mengandung aluminium, logam yang paling banyak dijumpai. Logam ini menyusun sekitar delapan persen kerak Bumi.

Osmium adalah logam paling berat, dan beratnya dua kali timah hitam. Lithium adalah logam yang paling ringan. Beratnya separuh berat air dengan volume yang sama, jadi logam ini mengapung dalam air.

Bagian Bumi

Berapa banyak bagian Bumi yang tertutup oleh air? Lebih dari dua per tiga permukaan Bumi tertutup oleh laut dan samudra. Sekitar 72 persen permukaan Bumi adalah air. Air ini berbentuk lautan, terperangkap sebagai es di kedua kutub, atau berada sebagai uap air dalam atmosfer. Semua air Bumi dikenal sebagai hidrosfer.

Bumi Bundar

Mengapa Bumi berbentuk bundar? Gravitasi menarik Bumi dan planet lain menjadi bulatan ketika sedang terbentuk. Bumi tidak benar-benar bundar, melainkan sedikit mendatar sehingga bagian Ekuator sedikit menonjol keluar.

Pengaruh ini adalah akibat dari kecepatan Bumi berputar, menyebabkan Ekuator mencoba bergerak menjauh dari sumbu putaran Bumi. Keadaannya mirip seperti sebuah benda berat yang berputar di ujung seutas benang. Bentuk dari beberapa planet lain berubah dengan cara yang sama.

Sekian informasi tentang Mengenal Planet Bumi Tempat Tinggal Kita Semua, semoga post ini bermanfaat buat kalian. Mohon postingan ini diviralkan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Reply

Kecantikan Kelas SB1M Kesehatan SB1M Synergy Worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide

Dunia Digital

Domain Hosting Jasa Online Website Workshop / Seminar

Penghasilan Online

Aplikasi Penghasil Uang Investasi Online Jualan Online Sumber Lain

Promosi Online

Marketing Online Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
Kisah Entrepreneur MSI Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Agrobisnis
Mengenal Agrobisnis dan Jenis Peluang Usahanya
Bisnis Katering Makanan
Bisnis Katering Makanan untuk Mahasiswa dan Karyawan
Punya Bisnis Laundry
Punya Bisnis Laundry Sendiri dengan Prospek Cerah
Saudagar Properti
Saudagar Properti Punya Solusi Hunian dan Investasi Menguntungkan
Produk MSI
Produk MSI yang Sudah Terbukti Khasiatnya
Theme WordPress Responsive
Theme WordPress Responsive Pilihan Terbaik Anda
privat fb ads
Privat FB Ads untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Lain

Dunia Fauna IPTEK Tokoh Dunia Islam Tokoh Hebat Tokoh Lainnya

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan
Tips Membeli Pakaian Bayi dan Anak
Tips Membeli Pakaian Bayi dan Anak sesuai Kebutuhan
Mengusir Tikus dan Celurut
Cara Mengusir Tikus dan Celurut dari Rumah
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda