Kesalahan Strategi Sosial Media Marketing

Topik kita sekarang yaitu kesalahan strategi sosial media marketing yang wajib diketahui. Anda mempunyai ide untuk menggunakan media sosial atau sosial media marketing untuk mengembangkan usaha atau bisnis? Tentu itu sangat baik, tapi alangkah baiknya jika Anda tidak terjebak pada kesalahan-kesalahan penggunaan sosial media marketing.

Kesalahan Strategi Sosial Media Marketing

Kesalahan Strategi Sosial Media Marketing

Kesalahan strategi ini sering kali dilakukan oleh para pemain pemula. Apa saja kesalahan yang sering terjadi saat menjalankan strategi sosial media marketing? Berikut beberapa kesalahan strategi sosial media marketing yang sering terjadi :

a. Tidak konsisten

Ini adalah penyebab yang paling banyak dilakukan. Aktif memanfaatkan sosial media di awal saja dan kemudian jarang aktif lagi.

b. Tanpa target yang jelas

Sosial media merupakan sarana yang sangat baik untuk mengembangkan bisnis. Untuk itu Anda perlu tujuan dan target yang jelas dalam menerapkan strategi yang dipakai dalam sosial media. Kesalahan yang sering terjadi adalah tidak jelasnya target yang ingin dicapai. Contohnya : target follower atau fans, reach, target sales, dan sebagainya. Jika target yang ingin dicapai jelas maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengevaluasi strategi yang digunakan.

c. Terlalu sering update status

Kesalahan strategi sosial media marketing berikutnya adalah terlalu sering update status. Terutama status promosi / jualan produk. Follower atau fans Anda bakal jengah dengan dijejali status yang bertubi-tubi. Alih-alih memperoleh pelanggan, akun Anda malah akan ditinggalkan oleh mereka. Alias di unfollow atau di unlike.

d. Komunikasi satu arah

Sosial media pada dasarnya merupakan media interaksi. Seringkali terjadi komunikasi yang terjadi hanya satu arah. Cobalah bangun percakapan dengan follower / fans Anda. Atau Anda dapat membuat status yang meminta pendapat dari mereka. Anda akan temui pendapat yang beragam, ada yang setuju dan ada yang tidak setuju. Sebetulnya Anda dapat memanfaatkannya buat meminta masukan dari follower atau fans.

e. Respon Lambat

Kesalahan ini yang paling bikin kesal follower / fans. Terlebih jika Anda mengacuhkan mereka. Respon lambat sangat tidak disukai oleh siapapun sekalipun produk Anda bagus dan bermanfaat. Cobalah merespon pertanyaan dan keluhan secepat mungkin.

f. Akun brand untuk hal personal

Kesalahan strategi sosial media marketing selanjutnya yaitu memakai akun brand atau merek untuk hal yang personal atau pribadi. Cobalah buat akun yang berbeda. Jangan Anda pakai akun brand buat hal-hal yang bersifat pribadi. Terlihat jelas Anda kurang professional.

g. Membeli follower

Kesalahan selanjutnya yang sering dilakukan pemula yaitu membeli follower atau memakai software yang dapat memperbesar follower atau fans secara instan. Padahal belum tentu follower tersebut adalah follower asli, kemungkinan besar adalah follower palsu. Pemula biasanya ingin jaringannya cepat besar. Padahal akun media sosial juga butuh bertumbuh.

h. Tidak Fokus Menjalankan

Jika Anda berpikir memanfaatkan sosial media merupakan strategi yang efektif maka fokuslah menjalankannya. Jangan menerapkan strategi ini untuk sekedar sambilan saja. Bahkan jika perlu Anda butuh orang atau tim untuk menghandle sosial media bisnis.

i. Terlalu banyak Sosial Media

Terlalu banyak sosial media yang digunakan, membuat Anda tidak fokus menjalankannya. Mungkin Anda mengerti menggunakan beberapa media sosial, tapi bukan berarti semuanya harus Anda pakai. Pilihlah paling banyak dua media sosial saja bahkan cukup fokus di satu media sosial saja. Karena yang paling penting adalah bagaimana menjaga konsistensi dan eksistensi dari akun brand Anda.

Demikian info perihal kesalahan strategi sosial media marketing yang wajib diketahui, semoga post ini bermanfaat buat sahabat semua. Kami berharap post ini dibagikan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Menjadi Praktisi Online Sukses

Leave a Reply

Marketplace Penghasilan Online Rekening Online SEO Traffic Generation Website
Tips Memilih Hosting Berkualitas
Tips Memilih Hosting Berkualitas dan Terbaik untuk Website
Domain dan Hosting
Seluk Beluk Domain dan Hosting yang Perlu Anda Ketahui
Peta Internet Marketing
Peta Internet Marketing secara Garis Besar

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Nabi yang Diutus di Palestina
Nabi yang Diutus di Palestina Negeri Para Anbiya
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Jenis Bahan Kain Tekstil dalam Industri Fashion
Program Kejar Paket A Setara SD
Jenjang Pendidikan Dasar di Indonesia Saat Ini
Harga Cash dan Kredit Berbeda, Bolehkah?

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan