Tips Membuat Presentasi Online yang Menjual 2022

Apakah Anda mau membuat presentasi online? Bila mau Anda bisa ikuti tips membuat presentasi online yang menjual. Simak artikel presentasi online ini hingga selesai.

Tips Membuat Presentasi Online

Tips Membuat Presentasi Online

Presentasi bisnis berfungsi untuk meyakinkan dan mengarahkan audiens agar tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Misalnya produk bisnis Anda di bidang jasa online, maka presentasi ini bisa mengarahkan audiens untuk menggunakan jasa content placement terpercaya.

Presentasi online mengandalkan desain dan konten yang menarik. Dari segi tampilan, desain yang cantik akan menarik pengunjung. Sementara konten berfungsi untuk meyakinkan pembaca.

Presentasi yang di-share secara online harus mampu mempengaruhi emosi positif audiens. Agar mereka percaya dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Berangkat dari kepercayaan ini, audiens akan tergerak untuk membeli atau menggunakan jasa dari bisnis Anda.

Tampilan Presentasi Online

Tampilan yang menarik menjadi hal dasar untuk membuat presentasi yang menjual. Berikut ini beberapa aspek yang harus Anda perhatikan.

1. Theme dan Background Slide

Theme adalah tampilan dengan ragam menyerupai image. Biasanya telah tersedia secara default di software pembuat presentasi atau tool presentasi online yang Anda gunakan. Sedangkan background image adalah gambar yang bisa di-upload dan Anda jadikan sebagai background slide.

Untuk memilih theme atau background slide yang tepat, sesuaikan dengan konsep bisnis milik Anda. Misalnya Anda ingin mempromosikan butik, pilih warna theme yang cerah atau background image yang menampilkan sisi feminin dan modis.

Sebaliknya jika bisnis Anda membutuhkan formalitas harus menampilkan kesan formal dan elegan. Seperti :

  • konsultan hukum,
  • theme, dan
  • background image yang Anda pilih.

Perhatikan background yang Anda pergunakan pada slide yang Anda buat. Jangan sampai kalimat yang Anda tulis tidak bisa terbaca jelas, karena warna background terlalu kontras.

Gambar background bisa Anda buat sendiri dengan Photoshop, CorelDraw, dan lain sebagainya. Namun jika ingin mendapatkan gambar-gambar cantik instan untuk background slide, bisa Anda cari di mesin pencari. Yaitu melalui fasilitas pencarian dengan kata kunci “background image” di Google atau Yahoo.

2. Font atau Tampilan Teks

Atur ukuran, jenis, dan warna font yang akan Anda gunakan. Gunakan jenis font yang standar dan mudah pengunjung baca. Jenis font yang unik hanya cocok Anda gunakan sebagai judul. Untuk isi, gunakan teks seperti yang biasa Anda gunakan di pengetikan formal.

Pengunjung online tidak suka berlama-lama untuk membaca suatu informasi ataupun promosi. Jika jenis font yang Anda pakai terlalu rumit atau ukurannya kecil, audiens akan merasa tidak nyaman melihat presentasi Anda.

Isi Presentasi Online

Isi presentasi online merupakan hal yang paling krusial dari presentasi itu sendiri. Komponen pokok dari presentasi yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut.

a. Slide Presentasi

Background presentasi bisa Anda isi dengan teks, video, maupun gambar hingga menjadi presentasi yang utuh. Supaya audiens mampu membuka presentasi Anda (dengan koneksi internet yang berlainan), batasi jumlah slide agar tidak terlalu banyak. Jumlah slide yang bisa Anda gunakan antara 3 sampai 5 slide.

b. Halaman Depan Slide Presentasi

Ibarat sebuah rumah, halaman depan slide adalah bagian depan rumah. Halaman depan slide berperan penting untuk membantu pengunjung online menerka isi presentasi dan tertarik untuk melihat isinya lebih lanjut.

Untuk meyakinkan pembaca bahwa bisnis yang Anda presentasikan benar-benar ada, cantumkan :

  • alamat usaha,
  • website,
  • blog yang dimiliki,
  • alamat email, serta
  • nomor telepon di halaman depan slide.
c. Deskripsi Usaha

Deskripsi usaha penting untuk dimasukkan ke dalam presentasl bisnis. Hal ini penting supaya audiens online bisa jelas tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan. Misalnya deskripsi usaha berupa tempat usaha untuk bisnis restoran atau kafe, pembuatan produk untuk bisnis kerajinan, dan lain sebagainya. Semua tergantung bisnis yang Anda promosikan.

d. Informasi Produk atau Jasa yang Ditawarkan

Karena presentasi online ini Anda manfaatkan sebagai bentuk promosi bisnis, Anda perlu memberikan informasi produk atau jasa yang Anda tawarkan. Informasi bisa berupa daftar harga, daftar paket, dan pelayanan apa saja yang akan konsumen terima. Pastikan Anda juga melengkapi presentasi dengan informasi tentang pesanan secara online.

e. Gaya Bahasa dan Pemilihan Kata

Salah satu komponen pokok dari presentasi adalah teks. Melalui teks, Anda bisa menyampaikan keinginan Anda untuk mempengaruhi atau meyakinkan audiens agar percaya dan tertarik dengan produk atau jasa bisnis Anda.

Gunakan ungkapan dan gaya bahasa yang sesuai dengan target market dari bisnis Anda. Sebagai contoh, jika target market Anda adalah remaja, jangan gunakan gaya bahasa formal. Demikian pula jika dewasa maka target market Anda adalah orang jangan menggunakan gaya bahasa remaja.

Selain menggunakan gaya bahasa yang tepat, Anda harus bisa menarik audiens untuk menyimak produk atau jasa yang ditawarkan lebih jauh. Agar audiens bisa cepat mengerti, gunakan bahasa yang padat, singkat, dan jelas.

Pastikan bahwa presentasi Anda memiliki ciri khas agar berbeda dari kompetitor atau pesaing bisnis. Perhatikan pula relevansi bahasa antara slide yang satu dengan slide berikutnya untuk menghindari ragam bahasa yang berbeda.

Pelengkap Presentasi Online

Untuk membuat presentasi yang baik untuk bisnis Anda, sebelumnya persiapkan komponen-komponen yang diperlukan berikut ini.

1. Gambar atau Foto

Persiapkan foto produk yang akan ditawarkan lengkap dengan kode serta harganya. Gunakan ukuran foto atau gambar yang tidak terlampau besar untuk mempercepat proses upload. Untuk mengurangi ukuran gambar atau foto yang terlampau besar Anda bisa menggunakan bantuan photoshop.

Agar tidak menggunakan slide terlampau banyak, efektifkan peng-upload-an gambar dengan membuat slideshow foto-foto produk atau jasa bisnis Anda.

Software slideshow Easy GIF Animator bisa Anda temukan di http//www.blumentals.net/egifan/. Anda juga bisa membuat slideshow foto produk atau bisnis secara online di http://www.makeagif.com/ dan http://gickr.com/.

2. Video

Untuk mempermudah peng-upload-an video, buatlah akun di Youtube atau Google Video. Lakukan peng-upload-an di dalam situs share video tersebut. Nantinya jika ada video yang ingin diupload Anda tinggal mengintegrasikan video tersebut ke dalam presentasi yang diinginkan.

3. Grafik, Diagram, dan Tabel

Data berupa grafik, diagram, ataupun tabel juga bisa Anda tambahkan ke dalam presentasi. Data semacam itu biasanya digunakan untuk bisnis yang ingin menumbuhkan kepercayaan mitra atau audiens yang ingin diajak bekerjasama dalam suatu bisnis.

Sekian informasi perihal Tips Membuat Presentasi Online yang Menjual, kami harap artikel ini mencerahkan sahabat semua. Tolong postingan ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi : Promosi Dahsyat dengan Presentasi Online

Leave a Reply

Marketplace Penghasilan Online Rekening Online SEO Traffic Generation Website
Tips Memilih Hosting Berkualitas
Tips Memilih Hosting Berkualitas dan Terbaik untuk Website
Domain dan Hosting
Seluk Beluk Domain dan Hosting yang Perlu Anda Ketahui
Peta Internet Marketing
Peta Internet Marketing secara Garis Besar

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Jenis Bahan Kain Tekstil dalam Industri Fashion
Program Kejar Paket A Setara SD
Jenjang Pendidikan Dasar di Indonesia Saat Ini
Harga Cash dan Kredit Berbeda, Bolehkah?

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan