Tips Membuat Presentasi Online yang Menjual

Pembahasan kita sekarang adalah Tips Membuat Presentasi Online yang Menjual. Presentasi bisnis berfungsi untuk meyakinkan dan mengarahkan audiens agar tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Presentasi online mengandalkan desain dan konten yang menarik. Dari segi tampilan, desain yang cantik akan menarik pengunjung.

Tips Membuat Presentasi Online yang Menjual

Tips Membuat Presentasi Online

Sementara konten berfungsi untuk meyakinkan pembaca. Presentasi yang di-share secara online harus mampu mempengaruhi emosi positif audiens agar mereka percaya dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Berangkat dari kepercayaan ini, audiens akan tergerak untuk membeli atau menggunakan jasa dari bisnis Anda.

Tampilan Presentasi Online

Tampilan yang menarik menjadi hal dasar untuk membuat presentasi yang menjual. Berikut ini beberapa aspek yang harus diperhatikan.

1. Theme dan Background Slide Presentasi Online

Theme adalah tampilan dengan ragam menyerupai image. Biasanya telah disediakan secara default di software pembuat presentasi atau tool presentasi online yang digunakan. Sedangkan background image adalah gambar yang bisa di-upload dan Anda jadikan sebagai background slide

Untuk memilih theme atau background slide yang tepat, sesuaikan dengan konsep bisnis milik Anda. Misalnya Anda ingin mempromosikan butik, pilih warna theme yang cerah atau background image yang menampilkan sisi feminin dan modis.

Sebaliknya jika bisnis Anda membutuhkan formalitas seperti konsultan hukum, theme dan background image yang dipilih harus menampilkan kesan formal dan elegan. Perhatikan background yang Anda pergunakan pada slide yang dibuat. Jangan sampai kalimat yang Anda tulis tidak bisa terbaca jelas, karena warna background terlalu kontras.

Gambar background bisa Anda buat sendiri dengan Photoshop, CorelDraw, dan lain sebagainya. Namun jika ingin mendapatkan gambar-gambar cantik instan untuk background slide, bisa dicari melalui fasilitas pencarian dengan kata kunci “background image” di Google atau Yahoo.

2. Font atau Tampilan Teks

Atur ukuran, jenis, dan warna font yang akan digunakan. Gunakan jenis font yang standar dan mudah dibaca. Jenis font yang unik hanya cocok digunakan sebagai judul. Untuk isi, gunakan teks seperti yang biasa digunakan di pengetikan formal.

Pengunjung online tidak suka berlama-lama untuk membaca suatu informasi ataupun promosi. Jika jenis font yang dipakai terlalu rumit atau ukurannya kecil, audiens akan merasa tidak nyaman melihat presentasi Anda.

Isi Presentasi Online

Isi presentasi online merupakan hal yang paling krusial dari presentasi itu sendiri. Komponen pokok dari presentasi yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.

a. Slide Presentasi

Background presentasi bisa Anda isi dengan teks, video, maupun gambar hingga menjadi presentasi yang utuh. Supaya audiens mampu membuka presentasi Anda (dengan koneksi internet yang berlainan), batasi jumlah slide agar tidak terlalu banyak. Jumlah slide yang bisa digunakan antara 3 sampai 5 slide.

b. Halaman Depan Slide Presentasi

Ibarat sebuah rumah, halaman depan slide adalah bagian depan rumah. Halaman depan slide berperan penting untuk membantu pengunjung online menerka isi presentasi dan tertarik untuk melihat isinya lebih lanjut. Untuk meyakinkan pembaca bahwa bisnis yang Anda presentasikan benar-benar ada, cantumkan alamat usaha, website, blog yang dimiliki, alamat email, serta nomor telepon di halaman depan slide.

c. Deskripsi Usaha

Deskripsi usaha penting untuk dimasukkan ke dalam presentasl bisnis. Hal ini penting supaya audiens online bisa jelas tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan. Misalnya deskripsi usaha berupa tempat usaha untuk bisnis restoran atau kafe, pembuatan produk untuk bisnis kerajinan, dan lain sebagainya. Semua tergantung bisnis yang Anda promosikan.

d. Informasi Produk yang Ditawarkan

Karena presentasi online ini dimanfaatkan sebagai bentuk promosi bisnis, Anda perlu memberikan informasi produk atau jasa yang ditawarkan. Informasi bisa berupa daftar harga, daftar paket, dan pelayanan apa saja yang akan diterima oleh konsumen. Pastikan Anda juga melengkapi presentasi dengan informasi tentang pesanan secara online.

e. Gaya Bahasa dan Pemilihan Kata

Salah satu komponen pokok dari presentasi adalah teks. Melalui teks, Anda bisa menyampaikan keinginan Anda untuk mempengaruhi atau meyakinkan audiens agar percaya dan tertarik dengan produk atau jasa bisnis Anda.

Gunakan ungkapan dan gaya bahasa yang sesuai dengan target market dari bisnis Anda. Sebagai contoh, jika target market Anda adalah remaja, jangan gunakan gaya bahasa formal. Demikian pula jika dewasa maka target market Anda adalah orang jangan menggunakan gaya bahasa remaja.

Selain menggunakan gaya bahasa yang tepat, Anda harus bisa menarik audiens untuk menyimak produk atau jasa yang ditawarkan lebih jauh. Agar audiens bisa cepat mengerti, gunakan bahasa yang padat, singkat, dan jelas. Pastikan bahwa presentasi Anda memiliki ciri khas agar berbeda dari kompetitor atau pesaing bisnis. Perhatikan pula relevansi bahasa antara slide yang satu dengan slide berikutnya untuk menghindari ragam bahasa yang berbeda.

Pelengkap Presentasi Online

Untuk membuat presentasi yang baik untuk bisnis Anda, sebelumnya persiapkan komponen-komponen yang diperlukan berikut ini.

A. Gambar atau Foto

Persiapkan foto produk yang akan ditawarkan lengkap dengan kode serta harganya.

Gunakan ukuran foto atau gambar yang tidak terlampau besar untuk mempercepat proses upload. Untuk mengurangi ukuran gambar atau foto yang terlampau besar Anda bisa menggunakan bantuan photoshop.

Agar tidak menggunakan slide terlampau banyak, efektifkan peng-upload-an gambar dengan membuat slideshow foto-foto produk atau jasa bisnis Anda. Software slideshow Easy GIF Animator bisa Anda temukan di http//www.blumentals.net/egifan/. Anda juga bisa membuat slideshow foto produk atau bisnis secara online di http://www.makeagif.com/ dan http://gickr.com/.

B. Video

Untuk mempermudah peng-upload-an video, buatlah akun di Youtube atau Google Video. Lakukan peng-upload-an di dalam situs share video tersebut. Nantinya jika ada video yang ingin diupload Anda tinggal mengintegrasikan video tersebut ke dalam presentasi yang diinginkan.

C. Grafik, Diagram, dan Tabel

Data berupa grafik, diagram, ataupun tabel juga bisa Anda tambahkan ke dalam presentasi. Data semacam itu biasanya digunakan untuk bisnis yang ingin menumbuhkan kepercayaan mitra atau audiens yang ingin diajak bekerjasama dalam suatu bisnis.

Sekian informasi perihal Tips Membuat Presentasi Online yang Menjual, kami harap artikel ini mencerahkan sahabat semua. Tolong postingan ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat

Referensi :

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Smart Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Membuka Bisnis Parsel
Membuka Bisnis Parsel atau Hantaran
Kiat Menjadi Pebisnis
Kiat Menjadi Pebisnis Baru dari Nol
Membuat Analisis Pasar Bisnis
Membuat Analisis Pasar Bisnis dalam Business Plan

Gaya Hidup

Fashion Herbal Kecantikan Kesehatan

Investasi

Investasi Financial Asset Investasi Lain Investasi Real Asset

IPTEK

Enslikopedia Gadget Otofun Teknologi

Keuangan

Asuransi Cerdas Keuangan Dana Masa Depan Smart Finansial
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Wisata Alam Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda
Jasa Percetakan Online
Jasa Percetakan Online Usaha yang Menang Banyak Peluang
Jasa Sadap Sosial Media
Jasa Hack Sadap Whatsapp Facebook Instagram Terpercaya 100%
Info Pajak Kendaraan Bermotor
Info Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Lengkap
Jasa Komentar Sosial Media
Jasa Komentar Media Sosial dari MediaKomen
Dunia Digital Penghasilan Online Promosi Online Rekening Online
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Membuat Website Khusus Masjid
Membuat Website Khusus Masjid Gratis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Lainnya
Cara Memplester Dinding Rumah
Cara Memplester Dinding Rumah dengan Mudah
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan