Bisnis Jualan Pulsa Modal Minim Omzet Tinggi

Anda mau membuka bisnis jualan pulsa modal minim omzet tinggi? Bila iya, perhatikan berbagai aspek terkait bisnis pulsa sebelum membukanya. Karena itu Anda simak artikel peluang usaha jualan pulsa ini sampai tuntas.

Bisnis Jualan Pulsa

Bisnis Pulsa

Saat ini, hampir setiap orang memiliki telepon genggam sehingga pulsa sudah menjadi kebutuhan primer. Begitu pula dengan kebutuhan pulsa sebagai penunjang komunikasi lewat ponsel.

Nyatanya, sebagian besar pengguna telepon genggam (handphone) memilih layanan kartu prabayar. Hal itu karena :

  • hemat biaya,
  • proses pengisian pulsa yang efektif, dan
  • terhindar dari pemalsuan voucher fisik yang sering terjadi.
Alur Proses Bisnis Pulsa

Sebelum Anda memulai bisnis jualan pulsa ini, ada baiknya Anda memahami proses dari hulu ke hilir penjualan pulsa elektronik. Proses ini mulai dari operator seluler yang mengeluarkan berbagai merek voucher isi ulang.

Misalnya :

  1. Telkomsel mengeluarkan Kartu :
  • AS,
  • Simpati,
  • Flexi, dan
  • Kartu Halo.
  1. Indosat mengeluarkan :
  • IM3,
  • Mentari,
  • Jagoan, dan
  • Matrix.
  1. XL,
  2. AXI,
  3. 3 (Three),
  4. Mobile X yang menelurkan Fren.

Para provider operator seluler itu kemudian menyalurkan vouchernya ke dealer atau pedagang grosir. Dari penyalur, voucher tersebut dealer salurkan ke pedagang-pedagang ritel dan eceran yang menjual langsung ke masyarakat.

Anda bisa masuk ke salah satu rantai penjualan tersebut (pedagang ritel / eceran). Posisi yang akan Anda pilih tentu saja Anda tentukan berdasarkan jumlah modal yang Anda punya.

Setiap provider biasanya menyediakan chip yang hanya bisa digunakan untuk mengisi satu jenis voucher handphone. Agar tidak repot, Anda bisa menghubungi vendor yang menggabungkan teknologi dari berbagai provider. Jadi Anda hanya membutuhkan satu chip untuk mengisi semua kartu.

Chip ini bisa Anda peroleh dari agen voucher yang terdapat di pusat-pusat penjualan handphone. Biasanya, Anda cukup menyetor deposit sebesar Rp 500 ribu, atau sesuai kesepakatan bersama. Pendistribusian pulsa elektronik bisa dilakukan dengan dua jalan SMS dan internet.

Untuk internet menggunakan aplikasi software dengan sistem SMS (auto-response) dan H2H (Host to Host) yang telah banyak digunakan di Indonesia. Untuk pengisian pulsa dengan sistem ini perlu biaya cukup tinggi. Karena memang perputaran bisnisnya yang besar. Sebagai pemula, sebaiknya Anda menggunakan jasa Electronic Pay (E-Pay).

Mengenai harga voucher, Anda bisa menetapkan harga yang :

  • tak jauh beda dengan harga voucher pulsa yang berlaku umum di pasaran, atau
  • lebih murah untuk voucher pulsa yang paling laku.

Umumnya, keuntungan yang bisa Anda peroleh adalah antara Rp 1.000 hingga Rp 3.000 per voucher.

Sekilas tentang E-Pay

E-Pay menyediakan semua produk voucher isi ulang dari seluruh operator. Ada dua pilihan yang ditawarkan sistem ini. Yang pertama adalah bisnis jualan pulsa elektronik melalui SMS. Setoran awal deposit minimal Rp 1 juta dan Anda akan mendapat pulsa senilai itu.

Setelah itu, Anda dapat mulai berpromosi. Sebagai langkah awal, ajaklah teman-teman, tetangga, atau keluarga terdekat sebagai pelanggan. Kedekatan personal dapat Anda manfaatkan karena mereka akan lebih percaya pada Anda.

Bila ada permintaan voucher dari pelanggan, Anda tinggal mengirim SMS kepada dealer. Dealer ini akan mengecek apakah SMS tersebut berasal dari Anda. Bila sudah yakin, dealer akan mengirim nomor kode yang fungsinya sebagai pengisi pulsa bagi kartu si pelanggan.

Anda hanya bisa melakukan transaksi sampai Rp 800.000. Bila setoran di E-pay tinggal Rp 200.000, maka Anda tak akan bisa melakukan transaksi lagi. Anda harus menambah modal terlebih dahulu. Besaran modal yang Anda tambahkan bebas. Yang jelas deposit minimal kembali jadi Rp 1 juta.

Selain itu E-Pay juga menyediakan mesin untuk berjualan pulsa, bernama voucher E-Pay. Untuk penjualan pulsa lewat mesin ini, Anda harus menyetor Rp 5 juta, yang Rp 2 juta untuk jaminan mesin dan Rp 3 juta digunakan untuk transaksi.

Bila ada pembeli, Anda harus memasukkan data pembelian ke dalam mesin voucher dan memasukkannya melalui sambungan telpon. Jika voucher sejumlah Rp 3 juta sudah habis terjual, maka Anda harus menyetor Rp 3 juta lagi untuk deposit.

Tapi, bila Anda berniat berhenti jadi mitra E-Pay, maka uang jaminan sebesar Rp 2 juta akan dikembalikan. Begitu pula jika Anda menyetop penjualan dengan sistem SMS, deposit Rp 200.000 akan dikembalikan.

Peluang Pasar Bisnis Pulsa

Jumlah kios penjual pulsa ponsel terus bertambah dari tahun ke tahun. Hampir selalu ada orang-orang yang membuka gerai penjualan pulsa ponsel, seperti di setiap :

  • kios,
  • ruko,
  • pasar,
  • kantor,
  • kampus
  • perumahan,
  • perkantoran, dan
  • pengkolan jalan.

Fenomena ini muncul karena industri telekomunikasi di Indonesia memang berkembang sangat pesat. Tiap tahun jumlah pemilik ponsel terus bertambah. Dan sekarang mungkin sudah mencapai puluhan hingga ratusan juta orang (hampir menyamai populasi Indonesia).

Harga Pulsa Elektronik

Produk Nominal Modal
Simpati 5 4.900
10 9.900
20 19.600
AS 5 4.900
10 9.900
25 24.800
Mentari 5 5.200
10 10.100
IM3 5 5.200
8 7.900
10 10.000
XL 5 4.825
10 9.650
THREE 10 9.800
AXIS 10 9.600

Kunci Sukses

Ambil margin keuntungan bisnis jualan pulsa yang tidak terlalu besar / tipis. Meskipun selisih beberapa ratus rupiah, counter pulsa yang lebih murah lebih sering orang cari.

Daya Tarik

Modalnya bisa disesuaikan dengan uang yang dimiliki.

Tips Bisnis Pulsa

Berikut beberapa tips ketika Anda memulai bisnis jualan pulsa :

Tips Memulai Bisnis Pulsa

Beberapa tips dalam memulai bisnis pulsa yang bisa Anda terapkan :

1. Belilah Voucher Pulsa di Agen Terdekat

Sebelumnya Anda perlu membandingkan agen pulsa mana yang menawarkan harga lebih murah / hemat. Meskipun selisih margin keuntungan sedikit, namun tetap berarti.

Berikut ini contoh perbandingan jumlah pulsa per provider.

  • Sediakan pulsa awal kurang lebih Rp 2 juta dan terdiri dari berbagai pecahan pulsa Simpati dan As.
  • Indosat (Mtronik). Pulsa awal Rp 300.000. Saldo tersebut sudah meliputi Mentari dan IM3.
  • XL (Dompet pulsa). Pulsa awal Rp 300.000 (sudah termasuk Jempol dan Bebas).
  • Beli voucher fisik, seprti Flexi, Ceria, dan lain-lain. Minimum pembelian voucher fisik tergantung kebijakan masing-masing toko.
  • Saat ini, telah banyak dealer voucher elektrik pulsa isi ulang. Sebelum menentukan dealer, cek terlebih dahulu perbandingan harga yang ditawarkan. Anda bisa mencarinya lewat internet mana dealer yang menawarkan harga paling murah.

2. HP Operasional

Sediakan HP operasional, sebaiknya Anda punya 3 HP untuk 3 operator tersebut. Tapi, untuk tahap awal satu buah HP pun cukup. Paling-paling nanti Anda akan bongkar-pasang chipnya. Sebaiknya Anda membeli HP second dengan seri lama yang harganya lebih miring. Cukup anggarkan Rp 100.000 sampai Rp 200.000 per buah.

3. Meja

Siapkan meja. Kalau Anda memiliki dana lebih, ada baiknya Anda memsan etalase HP 0,5 m2, harganya Rp 450.000 – 600.000 per buah.

4. Plang Usaha

Buat plang usaha voucher pulsa dari tripleks (Rp 55.000 per lembar) dan hurufnya dari schottlite warna-warni (Rp 10.000 per meter).

5. Lokasi Jualan

Tentukan lokasi berjualan. Paling efektif adalah di pinggir jalan besar. Bisa juga di depan rumah Anda sendiri, asalkan letak rumah Anda tidak jauh dari pemukiman penduduk.

Tips Mencari Pelanggan

Jangan hanya duduk diam menunggu pembeli. Bisnis voucher pulsa semakin lama semakin menjamur, bisa dipastikan persaingan di usaha ini sangat tinggi. Manfaatkan tetangga atau rekan sekantor Anda.

Ada baiknya Anda menyebar brosur sederhana kepada mereka. Kemudian mengabarkan bahwa mereka dapat memesan pulsa langsung kepada Anda. Adapun pembayarannya maksimal 1X 24 jam.

Bonusnya, para pembeli tidak perlu lagi datang ke tempat Anda untuk membayar. Cukup Anda yang mendatangi mereka.

Analisis Bisnis Jualan Pulsa

Berikut contoh perhitungan dan analisa usaha jualan pulsa (voucher) yang bisa Anda jadikan patokan :

Modal Awal
Deposit Awal Rp 2.600.000
Etalase, papan usaha Rp 1.000.000
Deposit distributor cadangan Rp 1.000.000
Total Modal Awal Rp 4.600.000
Pengeluaran Sebulan
Setoran ke E-pay Rp 800.000
Transportasi, Listrik Rp 500.000
Total pengeluaran sebulan Rp 1.300.000
Pendapatan Sebulan
Keuntungan / Profit per pulsa @ Rp 1.000 x 100 orang x 30 hari = Rp 3.000.000
Keuntungan per Bulan
Rp 3.000.000 – Rp 1.300.000 = Rp 1.700.000
Balik modal Rp 4.600.000 : Rp 1. 700.000 = < 3 bulan

Catatan :

  • Perhitungan analisis bisnis pulsa di atas belum termasuk investasi (tanah dan bangunan).
  • Harga pulsa dan ketentuan lainnya sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan harga pasar.

Baca juga : Membuka Bisnis Les Privat Sendiri

Sekian info berkaitan dengan membuka bisnis jualan pulsa modal minim omzet tinggi, semoga artikel kali ini mencerahkan kalian. Tolong post peluang usaha untung berlipat ini kalian viralkan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan