Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik sesuai Kebutuhan Anda

Apakah ingin mencari asuransi untuk kendaraan atau mobil Anda? Tapi takut dan bingung ketika memilih asuransi yang tepat untuk mobil kesayangan Anda? Tenang, Anda tidak perlu khawatir lagi. Anda bisa ikuti beberapa tips memilih asuransi mobil yang tepat di bawah. Simak artikel hingga selesai agar Anda tidak salah memilih asuransi.

Memilih Asuransi Mobil

Asuransi Mobil

Kendaraan khususnya mobil adalah benda yang punya nilai cukup tinggi. Hal ini tentu jadi sebuah pertimbangan tersendiri bagi Anda untuk merawat dan melindunginya dengan sebaik-baiknya.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk melindungi mobil Anda yaitu dengan cara membeli asuransi. Tapi ketika membeli asuransi mobil, sebaiknya dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda membayar premi.

Jenis Asuransi Mobil di Indonesia

Sebelum membeli atau memilih asuransi mobil pastikan Anda paham apa saja jenis dari asuransi ini. Ada beberapa jenis asuransi mobil yang paling umum, yaitu :

1. Asuransi Mobil Total Loss Only

Jenis asuransi mobil yang satu ini hanya memberikan manfaat jika adanya kerugian senilai lebih dari 75% harga mobil. Misalnya harga mobil Anda adalah Rp 200 Juta. Maka klaim hanya bisa Anda lakukan jika kerugian mencapai Rp 150 Juta.

Premi asuransi mobil Total Loss Only (TLO) ini cukup terjangkau. Namun, tentunya Anda tidak bisa mengajukan penggantian rugi bila hanya ada baretan saja.

2. Asuransi Mobil All Risk

All risk adalah asuransi yang menanggung seluruh risiko. Bahkan baretan kecil pun akan ditanggung. Tapi, karena perlindungannya yang cukup luas, maka secara otomatis preminya juga jauh lebih mahal daripada TLO. Bahkan bisa mencapai 3 kali lipat dari TLO.

3. Asuransi Mobil Lainnya

Selain TLO dan all risk, ada juga beberapa varian jenis asuransi mobil lainnya, seperti :

  • Gabungan
  • Rider
  • Collision
  • Liability
  • Kecelakaan diri

Tips Membeli Asuransi Mobil

Namun Anda tidak boleh gegabah dalam membeli atau memilih asuransi mobil dilakukan. Karena bila gegabah maka akan membuat berat ketika Anda harus membayar premi asuransinya. Berikut beberapa tips membeli asuransi mobil :

a. Lakukan Survei

Pastikan Anda untuk melakukan survei perusahaan asuransi terlebih dahulu. Biasanya perusahaan asuransi terbaik memiliki :

  • jumlah nasabah yang melimpah,
  • platform online-nya digunakan oleh banyak orang,
  • memiliki koleksi produk berkualitas.

Cermati berbagai produk asuransi yang mereka (perusahaan) tawarkan. Lalu Anda bandingkan dengan perusahaan asuransi lain sebagai bahan pertimbangan ketika akan membeli asuransi mobil.

b. Pilih Produk yang Sesuai

Anda harus memilih asuransi mobil yang paling tepat serta sesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Anda bebas memilih jenis asuransi yang ingin dibeli, apakah adalah asuransi mobil All Risk atau Total Loss Only (TLO).

Selain jenis produk, besaran premi juga harus Anda sesuaikan. Jangan sampai memilih produk dengan premi yang melebihi kemampuan Anda dalam membayar.

c. Perhatikan Kontrak Kerjasama

Pastikan Anda memperhatikan dengan kontrak kerjasama yang diberikan saat memilih asuransi mobil. Sebab sekali Anda menandatangani dokumen tersebut, maka proses pembayaran premi dan klaim asuransi akan berjalan mutlak. Yaitu seperti yang tertera pada kontrak kerjasama.

Yang perlu diperhatikan dalam kontrak salah satunya adalah keuntungan produk secara rinci. Setiap jenis asuransi kendaraan, tentu akan memberikan manfaat dan keuntungan yang berbeda-beda. Hal ini tergantung pada jenis dan juga fitur layanan yang Anda butuhkan.

Pastikan untuk mengetahui berbagai keuntungan dan bentuk perlindungan yang akan diberikan oleh asuransi mobil yang akan Anda beli. Sehingga Anda tak akan mengalami kerugian di masa mendatang.

d. Jaringan Bengkel Rekanan yang Luas

Pastikan Anda memilih asuransi mobil di mana perusahaan tersebut memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas. Selain itu perusahaan asuransi tersebut memiliki kualitas dan terlisensi yang baik.

Dengan perusahaan asuransi yang memiliki jaringan bengkel luas maka Anda mempunyai pilihan yang lebih banyak. Yaitu dalam hal untuk menentukan bengkel tempat mobil diperbaiki. Misalnya,

  1. lokasi mudah dijangkau,
  2. bengkel
  • berlisensi,
  • kredibel,
  • memiliki standar perawatan, dan
  • punya suku cadang yang tinggi.
  1. sesuai jenis kendaraan.
e. Memberikan Akses Pelayanan Lengkap

Akses pelayanan adalah salah satu faktor penting yang perlu jadi pertimbangan ketika memilih asuransi mobil. Seperti, apakah perusahaan asuransi punya akses yang mudah dihubungi khususnya ketika dalam keadaan darurat.

Jadi saat membutuhkan informasi Anda dapat dengan mudah menghubungi perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi yang punya call center 24 jam bisa jadi pilihan.

f. Jangan Hanya Mencari dari 1 Perusahaan Saja

Jika sudah tahu jenis asuransinya, Anda bisa mulai mencari perusahaan asuransi yang menyediakan jenis asuransi mobil tersebut. Namun, jangan hanya mencari 1 – 2 perusahaan. Ada banyak perusahaan asuransi di luar sana yang menyediakan produk asuransi serupa.

Bandingkan manfaat dan keuntungan yang Anda bisa dapat serta harga preminya. Kemudian pilih perusahaan asuransi yang menurut Anda paling bagus dan kredibel. Perbandingan ini bisa Anda lakukan dengan cara mendatangi perusahaan asuransi atau dengan cara mendatangi situs resmi mereka lewat jaringan internet.

g. Pastikan Anda Sudah Tahu Syarat Berasuransi Mobil

Ketika mendaftar dan memilih asuransi mobil, ada beberapa persyaratan yang perlu Anda isi. Pada umumnya, dokumen yang perlu Anda siapkan antara lain :

  • Form pendaftaran dari perusahaan asuransi yang telah diisi;
  • FC STNK dan SIM;
  • FC identitas berupa KTP atau KITAS;
  • Surat NPWP (bila ada).

Pastikan juga semua data telah Anda isi dengan lengkap, benar, dan akurat. Bila tidak, maka Anda juga akan kesulitan dalam tahap pengajuan klaim asuransi.

Memilih Asuransi Mobil sesuai Bujet

Asuransi kendaraan bukan sesuatu hal yang mahal. Namun akan bermanfaat banyak untuk melindungi Anda dari kerugian finansial di masa yang akan datang. Kini, ada banyak perusahaan asuransi yang dapat Anda jadikan pertimbangan. Artinya banyak pula produk yang dapat Anda pilih dengan beragam perluasan yang ditawarkan.

Kuncinya, ketahui apa yang mobil Anda butuhkan. Lalu lakukan perbandingan dulu semua produk asuransi mobil dari banyak perusahaan cukup dengan satu klik, melalui lifepal.co.id.

Ingat, Anda tidak harus memaksakan diri membeli polis asuransi yang ada di luar jangkauan keuangan. Pilih yang tepat manfaat atau perluasan yang dibutuhkan. Pastinya sesuaikan dengan bujet Anda.

Baca juga : Cara Memproteksi Keuangan Akibat Risiko

Demikian info terkait dengan tips memilih asuransi mobil terbaik sesuai kebutuhan Anda, semoga artikel kali ini berguna buat kawan-kawan semua. Kami berharap post tips keuangan ini dishare biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan