Perencanaan Dana Pensiun Anda di DPLK dan DPPK

Topik kita kali ini ialah perencanaan dana pensiun Anda di DPLK dan DPPK. Anda yang peduli dengan masa depan, mungkin pernah berpikir tentang :

  • Bagaimana akan hidup di masa pensiun?
  • Apakah akan seterusnya beristirahat dan menikmati hidup dengan biaya hidup diambil dari dana pensiun yang sudah Anda bangun?
  • Tetap melakukan aktivitas yang menyenangkan tanpa memikirkan imbal baliknya, sebab sudah punya dana pensiun yang cukup untuk hidup layak?
  • Masih harus bekerja keras membanting tulang demi membiayai hidup, sebab tak punya dana pensiun?

Perencanaan Dana Pensiun

Perbedaan DPLK dan DPPK

Bagi Anda yang sedang melakukan persiapan dan perencanaan dana pensiun, pasti pernah mendengar istilah DPLK dan DPPK. Lalu apa itu DPLK dan DPPK?

DPLK merupakan singkatan dari Dana Pensiun Lembaga Keuangan. Sedangkan DPPK yaitu singkatan dari Dana Pensiun Pemberi Kerja.

Keduanya sama-sama merupakan lembaga keuangan dengan tujuan menyediakan dana pensiun bagi para pesertanya. Tapi, apakah perbedaan di antara keduanya? Simak penjelasan selengkapnya di bawah.

a. Definisi DPPK dan DPLK

Sebelum perencanaan dana pensiun, Anda harus lebih dulu definisinya. Definisi menurut Undang-Undang No. 11 tahun 1992 tentang Dana Pensiun yaitu :

Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK)

DPPK yaitu dana pensiun yang dibentuk oleh orang atau badan selaku pendiri yang mempekerjakan karyawan. Badan ini dibentuk untuk menyelenggarakan :

  • Program Pensiun Manfaat Pasti (PPMP), atau
  • Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP).

Program di atas dibentuk bagi kepentingan sebagian atau seluruh karyawannya sebagai peserta. Dan juga yang menimbulkan kewajiban terhadap pemberi kerja.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

DPLK yakni dana pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan PPIP yang diselenggarakan bagi perorangan.

Baik bagi karyawan maupun pekerja mandiri yang terpisah dari Dana Pensiun yang sudah ada. Di mana dana pensiun tersebut dibuat oleh pemberi kerja bagi karyawan bank atau perusahaan asuransi jiwa yang bersangkutan.

Artinya DPPK dapat mengelola keduanya baik itu PPMP ataupun PPIP. Sedangkan DPLK hanya bisa mengelola PPIP.

b. Pendiri Lembaga Dana Pensiun

Perbedaan lain terkait perencanaan dana pensiun DPLK dan DPPK adalah dari sisi pendiri lembaga dana pensiun. DPPK merupakan lembaga dana pensiun yang didirikan sendiri oleh perusahaan secara internal untuk para karyawannya.

Sedangkan DPLK yaitu lembaga bank atau asuransi jiwa yang menyelenggarakan program dana pensiun. Di mana program ini untuk karyawan di luar karyawan bank atau asuransi jiwa itu sendiri. Artinya DPLK bisa di ikuti oleh orang atau karyawan umum.

1) Kepesertaan PPIP

Apabila sudah menjadi peserta PPIP dari sebuah DPLK, maka yang harus Anda perhatikan adalah perkembangan dari dana pensiun.

Kinerja dana pensiun yang Anda lakukan akan diberikan oleh DPLK secara berkala. Evaluasilah dana Anda, apakah perkembangan sesuai target atau tidak.

Jangan sampai perkembangannya kurang dari target Anda. Sehingga nanti uang pensiun bulanan yang diberikan pada Anda tak cukup untuk biaya hidup sehari-hari.

Biasanya DPLK memberikan opsi investasi seperti reksadana yaitu dijual dalam bentuk unit. Sehingga iuran dana pensiun Anda di program DPLK akan dikonversi ke dalam satuan unit.

Pilihan investasi pun terbagi ke dalam 3 besaran kategori sesuai profil risiko masing-masing nasabah. 3 kategori investasi tersebut yaitu :

  1. Bila tergolong dalam peserta yang konservatif, maka dana Anda akan lebih banyak diinvestasikan di instrumen pasar uang.
  2. Apabila profil risiko Anda cenderung moderat, maka akan ada kombinasi antara instrurnen pasar uang dan saham.
  3. Jika tergolong peserta agresif, maka sebagian besar dana Anda akan ditempatkan dalam saham.
2) Kepesertaan PPMP

Apabila sudah menjadi peserta PPMP dari DPPK perusahaan, maka Anda sudah dapat melakukan suatu perkiraan. Yaitu memperkirakan berapa jumlah pensiun bulanan yang akan Anda peroleh nantinya.

Dengan informasi ini, tentu Anda sudah dapat memprediksi. Yaitu apakah jumlah tersebut sudah cukup atau belum cukup sesuai dengan perkiraan kebutuhan dana pensiun Anda.

Apabila jumlahnya belum cukup, maka Anda bisa menambah perencanaan dana pensiun dengan melakukan investasi di instrumen lain yang Anda kuasai.

Atau tak ada salahnya juga buka rekening dana pensiun sebagai peserta mandiri di sebuah DPLK pilihan Anda. Hal ini akan berguna untuk menambal kekurangan dana pensiun Anda di DPPK.

Perencanaan Dana Pensiun

Di mana pun Anda melakukan perencanaan dana pensiun Anda, apakah di DPLK atau DPPK, ada satu kunci penting. Di mana kunci tersebut adalah Anda harus mengetahui terlebih dulu berapa jumlah kebutuhan dana pensiun di masa depan.

Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam melakukan monitoring atas perkembangan dana pensiun sesuai asumsi-asumsi yang diyakini.

Baca juga : Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Demikian informasi mengenai perencanaan dana pensiun Anda di DPLK dan DPPK, kami harap artikel kali ini bermanfaat buat sahabat semua. Kami berharap postingan tips keuangan ini dibagikan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi : Mohamad Taufiq Ismail, SE, MBA, RFC

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan