Alasan Tidak Mempersiapkan Dana Masa Depan

Sekarang kami akan bahas mengenai alasan tidak mempersiapkan dana masa depan. Ada beberapa alasan mengapa orang tidak mempersiapkan dana sejak sekarang. Dimana dana ini untuk membayar pos-pos pengeluaran yang penting di masa depan.

Mempersiapkan Dana Masa Depan

Alasan Tidak Mempersiapkan Dana Masa Depan

Berikut 4 alasan seseorang tidak mempersiapkan dana masa depan dari sekarang :

1. Merasa belum urgent

Alasan tidak mempersiapkan dana masa depan yang pertama adalah merasa belum urgent dan masih lama. Banyak orang tidak mau mempersiapkan dana sejak sekarang untuk semua pengeluarannya di masa depan hanya karena merasa belum urgent. Menganggap untuk pengeluaran tersebut masih lama.

Contohnya, anak Anda sekarang masih berusia lima tahun. Anda merasa belum perlu mempersiapkan dana untuk si anak agar bisa masuk kuliah di usia 17 tahun nanti. Karena merasamasih lama yaitu 12 tahun lagi.

Justru karena masih memiliki kesempatan 12 tahun lagi, Anda bisa menyisihkan uang sedikit-sedikit saja dari sekarang. Sekadar info, kalau Anda terlambat menpersiapkan dana kuliah dan baru mempersiapkannya ketika si anak berusia 14 tahun, Anda akan merasa jauh lebih berat. Waktu Anda untuk mempersiapkannya bukan 12 tahun lagi, tapi hanya tiga tahun.

Jadi, tidak ada waktu yang terlalu dini untuk mempersiapkannya. Dalam mempersiapkan dana untuk masa depan, waktu adalah sekutu. Artinya, semakin lama waktu yang Anda miliki, semakin ringan beban Anda untuk mempersiapkannya dari sekarang.

2. Merasa sudah sudah cukup dana

Alasan tidak mempersiapkan dana masa depan yang kedua adalah merasa sudah tidak perlu lagi karena sekarang sudah punya cukup dana. Jangan terlena dengan kekayaan atau dana besar yang Anda punyai sekarang.

Bagaimana pun, itu bukan jaminan bahwa Anda bisa membayar pengeluaran-pengeluaran di masa depan. Jaminan Anda adalah berapa banyak dari kekayaan yang Anda miliki sekarang yang disisihkan untuk pengeluaran di masa depan.

3. Merasa penghasilan sudah cukup besar

Alasan tidak mempersiapkan dana masa depan yang ketiga adalah merasa sudah tidak perlu lagi, karena sekarang penghasilan sudah cukup besar. Hal ini biasa, apalagi bagi mereka yang hidup di perkotaan.

Karier bagus dengan gaji besar cenderung membuat orang merasa aman. Anggap saja Anda ingin membeli rumah baru dalam waktu lima tahun mendatang. Anda memang sudah mempunyai rumah sendiri sekarang dan ingin membeli rumah kedua untuk investasi. Nanti, lima tahun lagi, begitu mungkin pikir Anda.

Dengan penghasilan besar yang didapat sekarang, kebanyakan orang berpikir bahwa dalam lima tahun mereka pasti akan memiliki penghasilan yang lebih besar lagi. Karena ada penghasilan yang lebih besar dalam lima tahun mendatang, pasti rumah itu bisa dibeli.

Tetapi, penghasilan besar Anda sekarang bukan jaminan bahwa Anda akan mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi pada beberapa tahun mendatang.

PHK, resesi ekonomi, pengambilalihan perusahaan, bahkan pengurangan pegawai besar-besaran, bisa membuat penghasilan Anda yang besar sekarang menjadi stagnan atau lebih kecil dibanding sebelumnya.

Bahkan, kalau pun betul penghasilan Anda naik terus, jangan lupa bahwa kenaikan harga barang dan jasa sering kali malah lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan gaji Anda.

Kalau gaji Anda hanya naik 10 persen per tahun, harga barang dan jasa, termasuk harga-harga dari pos-pos pengeluaran Anda di masa depan, bisa jadi naik hingga 20 persen per tahun.

Jadi, jangan Andalkan penghasilan besar Anda sekarang karena itu bukan jaminan bahwa Anda bisa mempersiapkan dana untuk pos-pos di masa depan. Lebih aman, sisihkan penghasilan Anda dari sekarang.

4. Pasrah

Alasan tidak mempersiapkan dana masa depan yang keempat adalah pasrah dan biarkan saja hidup ini mengalir seperti air, nanti uangnya juga pasti akan datang sendiri. Jangan pernah memiliki prinsip membiarkan hidup mengalir bagaikan air. Anda punya pos-pos pengeluaran di masa depan yang dananya harus dipersiapkan sejak sekarang.

Air memang mengalir, tapi Anda ‘kan bukan air. Anda manusia yang mempunyai hak untuk menentukan ke mana Anda dan keluarga yang Anda bawa akan “mengalir”. Jangan lagi asal mengikuti air yang mengalir karena kalau air itu mengalir ke air yang kotor, masa Anda juga mau mengikutinya?

Baca juga : Cara Memandikan Anjing Peliharaan di Rumah

Demikian informasi tentang alasan tidak mempersiapkan dana masa depan, kami harap artikel ini berguna untuk kalian. Mohon postingan tips dan trik ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi : Siapa Bilang Jadi Karyawan Nggak Bisa Kaya, Safir Senduk

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Smart Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Membuka Bisnis Parsel
Membuka Bisnis Parsel atau Hantaran
Kiat Menjadi Pebisnis
Kiat Menjadi Pebisnis Baru dari Nol
Membuat Analisis Pasar Bisnis
Membuat Analisis Pasar Bisnis dalam Business Plan

Gaya Hidup

Fashion Herbal Kecantikan Kesehatan

Investasi

Investasi Financial Asset Investasi Lain Investasi Real Asset

IPTEK

Enslikopedia Gadget Otofun Teknologi

Keuangan

Asuransi Cerdas Keuangan Dana Masa Depan Smart Finansial
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Wisata Alam Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda
Jasa Percetakan Online
Jasa Percetakan Online Usaha yang Menang Banyak Peluang
Jasa Sadap Sosial Media
Jasa Hack Sadap Whatsapp Facebook Instagram Terpercaya 100%
Info Pajak Kendaraan Bermotor
Info Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Lengkap
Jasa Komentar Sosial Media
Jasa Komentar Media Sosial dari MediaKomen
Dunia Digital Penghasilan Online Promosi Online Rekening Online
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Membuat Website Khusus Masjid
Membuat Website Khusus Masjid Gratis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Lainnya
Cara Memplester Dinding Rumah
Cara Memplester Dinding Rumah dengan Mudah
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan