Cara Melahirkan Customer Advocate yang Paling Baik

Apa itu customer advocate? Dan bagaimana cara melahirkan customer advocate yang paling baik? Bila mau tahu simak artikel smart bisnis ini hingga selesai.

Cara Melahirkan Customer Advocate

Customer Advocate

Sebagai pemilik perusahaan, Anda pasti ingin agar semua pelanggan yang pernah melakukan transaksi mau datang kembali. Lebih baik lagi jika mereka bisa menjadi pelanggan setia (loyal customer) yang fanatik menggunakan produk / jasa perusahaan Anda.

Sebenarnya, ada satu tingkatan lagi yang berada di atas loyal customer yang sering disebut customer advocate. Ciri dari customer advocate adalah mereka mau berbagi cerita baik tentang perusahaan Anda.

Tentunya ini adalah impian semua pemilik perusahaan. Agar bisnisnya tetap eksis dan bisa berkembang dengan lebih baik lagi bisa dengan cara melahirkan customer advocate.

Kelompok customer advocate biasanya terbentuk secara otomatis karena mereka puas dengan produk/jasa yang perusahaan beli. Mereka dilayani dengan sangat baik sesuai dengan harapan / ekspektasinya (service exellence).

Kelompok customer advocate cenderung setia dan biasanya akan membeli lebih banyak dari waktu ke waktu. Kelompok ini juga secara spontan akan membela perusahaan Anda karena inisiatif / keinginannya sendiri.

Pentingnya Customer Advocate

Ada cerita menarik yang bisa Anda jadikan motivasi dan inspirasi dalam melahirkan customer advocate. Ada seorang pebisnis yang memiliki sebuah resto di Jakarta. Pebisnis tersebut mendidik semua karyawannya dengan baik dan menganggap semua karyawan sebagai aset yang sangat berharga.

Pebisnis ini membangun manusia melalui bisnis dan bukan membangun bisnis melalui manusia. Hal ini berakibat semua karyawannya sangat jujur dan bisa Anda percaya.

Tentu saja ini menimbulkan efek positif bagi customer. Semua barang yang tertinggal di resto tersebut selalu Anda simpan dengan baik sehingga tidak ada barang customer yang hilang.

Suatu hari di milis resto tersebut, ada seorang ibu yang menulis tentang kehilangan handphonenya. Tidak lama setelah email ibu tadi masuk ada sekitar 2 – 3 customer yang menanggapi bahwa tidak mungkin handpbone tersebut hilang di resto tersebut.

Karena barang-barang mereka juga pernah tertinggal, namun semuanya tidak hilang. Mereka menyebutkan beberapa barang berharga yang pernah tertinggal.

Dari cerita di atas Anda bisa melihat betapa luar biasanya beberapa pelanggan yang ikut membela perusahaan dengan cerita-cerita baiknya. Mereka inilah yang disebut sebagai customer advocate.

Dengan kesadarannya sendiri, mereka membela perusahaan. Kami yakin dan percaya bahwa selama ini mereka punya banyak pengalaman baik, tidak sekedar karena barangnya yang hilang bisa kembali.

Cara Melahirkan Customer Advocate yang Paling Baik

Untuk dapat melahirkan customer advocate, perusahaan harus mampu membentuk komunitas yang kuat. Semua anggota dalam komunitas harus berinteraksi satu dengan lainnya agar saling menguatkan satu sama lain dan semakin mendorong penjualan produ / jasa.

Perusahaan hanya menyediakan sarananya saja. Selanjutnya mereka yang akan membuat keramaian yang positif.

Anda pasti sangat mengenal brand ‘Apple’, sebuah perusahaan yang banyak melahirkan produk-produk inovatif. Apple memiliki komunitas yang sangat kuat dan saling membantu satu sama lain.

Ketika ada satu orang membeli produk Apple, maka pengguna Apple lainnya merasa senang. Karena mereka merasa mendapatkan satu orang baru dalam komunitasnya.

Lihat saja pengguna Apple di Genius Bar yang ada di Apple Store di seluruh dunia, bagaimana mereka secara sukarela berbagi ilmu dan pengalaman dalam menggunakan produk-prouk Apple.

Dalam komunitas virtual / online di situs https://discussions.apple.com/welcome, Anda juga bisa melihat bagaimana mereka :

  • saling berinteraksi, dan
  • membantu tanpa manajemen Apple minta.

Sehingga tidak mengherankan, antrian panjang calon pembeli selalu menghiasi peluncuran produk terbaru Apple.

Belajar dari Apple yang sangat pandai membangun komunitas baik physical maupun vitual/online, maka Anda juga harus berupaya sekuat tenaga untuk membangun komunitas serupa.

Agar ke depannya terbentuk kelompok customer advocate yang akan berjuang bersama perusahaan Anda. Semakin banyak customer advocate, maka perusahaan Anda akan memenangkan persaingan dan menjadi juara.

Baca juga :  Tips Bisnis Susu Kedelai yang Bisa Dilakukan

Demikian informasi terkait dengan Cara Melahirkan Customer Advocate yang Paling Baik, kami harap artikel kali ini mencerahkan sahabat semua. Tolong artikel tips bisnis ini kalian share biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan