Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional

Apakah Anda sering membeli barang di pasar tradisional? Atau malah tak pernah ke pasar tradisional? Untuk memberikan semangat, berikut beberapa trik jitu tawar menawar di pasar tradisional pada Anda.

Tawar Menawar di Pasar

Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional

Banyak orang enggan belanja di pasar tradisional karena malas tawar menawar. Pasalnya, tidak seperti di pasar swalayan di mana harga yang ditawarkan sudah baku.

Di pasar tradisional pembeli bisa menawar di bawah harga yang dipatok penjual. Meski terdengar merepotkan, tetapi itulah seni berbelanja di pasar tradisional.

Tawar menawar bukan sembarang keahlian yang bisa dilakukan dengan mudah. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan supaya tawar menawar bisa berjalan lancar.

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa dipraktikkan melakukan tawar menawar harga di pasar tradisional.

a. Lakukan Survei Harga

Hal pertama yang wajib Anda lakukan ketika datang di pasar tradisional adalah survei harga. Jangan terburu-buru membeli. Cobalah sambangi beberapa penjual produk yang ingin Anda beli untuk mengetahui harga yang paling murah.

Jika sudah mengetahui harga jual yang paling murah, baru bisa menentukan di penjual mana Anda akan membeli produk yang ingin dibeli. Referensi harga yang Anda dapatkan dari beberapa penjual tersebut bisa menjadi bekal untuk mulai tawar menawar di pasar tradisional.

b. Tetap Jaga Tutur Kata

Meski di pasar tradisional Anda boleh menawar harga, itu bukan berarti Anda boleh menghalalkan segala cara. Tetap gunakan tutur kata yang baik saat menawar.

Meski bagi penjual, pembeli adalah raja, pembeli yang menghormati penjual tetaplah lebih baik ketimbang yang tidak menghormatinya.

Jangan ngotot dalam melakukan tawar menawar. Jangan pula menghina barang dagangan pembeli atau merendahkannya. Lakukan dengan wajar maka kegiatan tawar menawar di pasar tradisional akan berjalan lancar.

c. Pura-Pura Tidak Butuh

Satu trik klasik yang sering dipraktikkan oleh para pembeli saat melakukan tawar menawar di pasar tradisional adalah pura-pura tidak butuh. Meski agak lucu, trik ini terbukti efektif dan sangat bisa Anda coba.

Dalam melakukan tawar menawar tunjukkanlah kepada penjual bahwa, meski Anda membutuhkan barang yang mereka jual, tetapi juga tidak jadi masalah kalau Anda tidak mendapatkannya.

Trik ini kadang juga ditambah dengan trik langsung pergi atau beralih ke penjual lain jika harga tidak disepakati. Dalam hal ini penjual biasanya langsung menyepakati harga yang Anda ajukan.

d. Ambil Hati Penjual

Satu cara yang juga bisa Anda praktikkan saat tawar menawar di pasar tradisional adalah mengakrabi penjual. Dalam hal ini Anda bisa memulai obrolan ringan dengan penjual sebelum memulai tawar menawar.

Hal ini bisa membuat suasana antara penjual dan pembeli menjadi lebih cair. Sehingga komunikasi yang terjalin selanjutnya juga lebih baik.

Kendati demikian, jangan berlebihan dalam mempraktikkan cara ini. Berlebihan mengajak berbincang-bincang penjual justru akan mengganggu aktivitasnya. Satu atau dua obrolan ringan sebagai awalan jual beli lebih dari cukup.

e. Beli dalam Jumlah Banyak

Penjual pada dasarnya ingin mendapatkan untung sebesar-besarnya, sementara pembeli ingin memperoleh barang dengan harga semurah-murahnya. Itu adalah hukum ekonomi yang sudah tidak bisa diganggu gugat.

Dalam melakukan tawar menawar di pasar tradisional Anda bisa berpegang pada hukum ekonomi itu. Caranya, belilah barang dalam jumlah banyak. Sembari itu, Anda bisa menawar harga untuk setiap item-nya.

Hal itu membuat Anda mendapatkan harga yang lebih murah. Sementara penjual juga mendapatkan untung yang lebih besar ketimbang hanya menjual dalam jumlah sedikit.

f. Mulai Menawar dengan Setengah Harga

Trik tawar menawar di pasar tradisional yang terakhir adalah tawar dengan setengah harga. Banyak pembeli yang bingung, seberapa besar mereka mesti menawar ke penjual.

Besaran dalam menawar pada dasarnya bervariasi, tetapi Anda bisa mulai menawar setengah dari harga yang dipatok penjual.

Dari setengah harga itu, penjual biasanya akan menaikkan lagi, hingga disepakati harga yang terbaik. Harga terbaik biasanya adalah 70 hingga 80 persen dari harga yang dipatok.

Namun, Anda bisa saja mendapatkan harga yang lebih murah dari itu, tergantung kesepakatanmu dengan penjual.

Baca juga : Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan

Sekian informasi mengenai trik tawar menawar di pasar tradisional yang sangat jitu, kami harap post kali ini mencerahkan Anda. Kami berharap artikel tips dan trik ini dibagikan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Smart Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Membuka Usaha Les Privat
Membuka Usaha Les Privat dengan Modal Minim
Usaha Studio Foto Khusus
Usaha Studio Foto Khusus untuk Anak
Menjaga Loyalitas Pelanggan
Punya Usaha Bengkel Motor? Coba Cara ini Untuk Menjaga Loyalitas Pelanggan

Digital Asset

Akun Medsos Konten

Financial Asset

Obligasi Reksadana Saham

Investasi Lain

Valuta Asing

Real Asset

Barang Antik Emas Properti
Teknik SEO
Teknik SEO yang Terbukti Ampuh untuk Website
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Membuat Website Khusus Masjid
Membuat Website Khusus Masjid Gratis
Mengaci Dinding Rumah Sendiri
Mudah! 5 Langkah Mengaci Dinding Rumah Sendiri dengan Semen Mortar
Cara Memplester Dinding Rumah
Cara Memplester Dinding Rumah dengan Mudah
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat Tokoh

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Religi Seni Budaya Wisata Alam Wisata Sejarah
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda