Tips Belanja di Pasar Tradisional Supaya Millenial Tidak Canggung

Di postingan ini kami akan ulas berkaitan dengan tips belanja di pasar tradisional supaya millenial tidak canggung. Barangkali kamu sudah sangat jarang berbelanja di pasar tradisional. Alasannya bisa beragam. Misalnya

  • karena tempat yang kurang tertata rapi jika dibandingkan pasar modern,
  • tidak biasa melakukan tawar menawar harga,
  • canggung karena belum pernah berbelania di sana sebelumnya.
tips belanja di pasar tradisional

Untuk alasan yang terakhir ini, ada baiknya kamu mulai membiasakan. Pasalnya, belanja di pasar tradisional bukan hanya persoalan menukar uang dengan barang yang kamu butuhkan belaka.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa orang-orang di zaman sekarang sepertinya lebih banyak memilih minimarket atau pasar modern untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari ketimbang pasar tradisional. Alhasil, pasar tradisional pun semakin terancam eksistensinya.

Tips Belanja di Pasar Tradisional

Sebenarnya sudah ada banyak usaha, baik yang dilakukan pemerintah maupun masyarakat untuk mengantisipasi hal itu, misalnya

  • menata pasar tradisional sebersih dan serapi mungkin hingga tidak kalah dengan pasar modern,
  • meningkatkan kualitas produk-produk yang dijual di pasar tradisional hingga tidak kalah dengan yang dijual di pasar modern,
  • membuat berbagai platform digital yang memungkinkan pengguna membeli produk-produk pasar yang dijual di pasar tradisional secara online.

Kalau kamu juga ingin berkontribusi dalam melestarikan, ada hal sederhana yang bisa kamu lakukan, yakni mulai berbelanja di pasar tradisional. Adapun kalau kamu canggung karena belum pernah melakukan hal itu sebelumnya, berikut beberapa tips belanja di pasar tradisional yang bisa kamu terapkan.

1. Pilihlah Pasar yang Bersih dan Tertata Rapi

Selama ini barangkali kesan yang timbul di kepala kita saat disebut pasar tradisional adalah kumuh dan semrawut. Jangan salah, selama beberapa tahun terakhir sudah banyak pasar yang ditata menjadi lebih bersih dan rapi sehingga tidak kalah dengan pasar modern.

Kamu bisa menjadikan pasar tradisional yang bersih dan rapi sebagai pilihan belanjamu. Selain nyaman untuk berbelanja, produk-produk yang dijual di pasar tradisional yang sudah bersih dan tertata tentu juga lebih terjaga kebersihannya. Hal ini membuat kamu tidak ragu membelinya.

2. Datanglah Lebih Pagi

Pasar tradisional biasanya buka lebih pagi ketimbang pasar modern. Bahkan tidak jarang para penjual di pasar tersebut sudah bersiap-siap menjajakan barangnya sejak sebelum matahari terbit. Supaya bisa mendapatkan produk dengan kualitas prima, kamu sebaiknya datang lebih pagi. Pasalnya, menjelang siang hari sudah banyak barang yang terbeli.

Jangan datang pada siang hari karena pada saat itu, biasanya sudah banyak barang yang habis terjual. Kalau pun kamu terpaksa tidak bisa datang ke pasar tradisional pada pagi hari. Pesanlah terlebih dahulu barang yang diinginkan kepada penjual sehingga kamu tidak kehabisan.

3. Berlatihlah Menawar

Meskipun ada yang menganggapnya sebagai hal yang merepotkan, tawar menawar merupakan ciri khas yang membedakan pasar tradisional. Tawar menawar adalah seni dan keasikan tersendiri yang hanya bisa ditemui di pasar tradisional. Dengan menawar, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Dalam melakukan tawar menawar kamu sebaiknya tetap sopan, sehingga tidak membuat pedagang kesal. Tawarlah harga barang secara masuk akal. Dalam hal ini, kamu mesti mempertimbangkan harga barang yηng tidak hanya lebih murah buatmu tetapi juga masuk akal bagi pedagang. Salah satu manfaat lain dari tawar menawar adalah, kamu bisa lebih akrab dan kenal dengan pedagang-pedagang di Pasar.

4. Biasakan Bertukar Informasi dengan Penjual

Interaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli di pasar tradisional relatif lebih akrab ketimbang di pasar modern. Hal ini membuat komunikasi antar keduanya tidak hanya berkisar soal barang yang akan dijual atau dibeli tapi bisa juga soal hal-hal lain.

Supaya kamu merasa nyaman berbelanja di pasar tradisional, nikmatilah hal ini. Sesekali kamu bisa bertukar informasi ringan dengan penjual pasar supaya interaksi lebih akrab. Kamu bisa memulainya misalnya dengan menanyakan resep masakan, tips memasak, perkembangan harga barang yang ia jual di pasaran, dan lain-lain. Kalau sudah seperti ini, dari pasar tradisional kamu tidak hanya akan membawa pulang barang belanjaan, tetapi juga informasi baru yang bermanfaat.

5. Pilih Pakaian Santai Saat Berbelanja

Untuk bisa berbelanja dengan nyaman di pasar tradisional, kenakanlah pakaian santai. Bahkan mengenakan baju rumah atau baju tidur pun tidak masalah. Tenang saja, tidak ada orang yang akan mencelamu. Justru kamu akan terlihat aneh jika mengenakan pakaian yang berlebihan saat belanja di pasar tradisional.

Hal ini juga menjadi salah satu kelebihan pasar tradisional. Kamu tidak harus repot-repot berdandan saat akan berbelanja. Berbeda seperti saat kamu akan berbelanja ke mal atau pusat perbelanjaan modern lainnya.

Sekian info seputar tips belanja di pasar tradisional supaya millenial tidak canggung, semoga artikel ini mencerahkan Anda. Kami berharap artikel ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Tips Bermanfaat Lainnya

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Reply

Kecantikan Kelas SB1M Kesehatan SB1M Synergy Worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide

Dunia Digital

Domain Hosting Jasa Online Website Workshop / Seminar

Penghasilan Online

Aplikasi Penghasil Uang Investasi Online Jualan Online Sumber Lain

Promosi Online

Marketing Online Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
Kisah Entrepreneur MSI Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Agrobisnis
Mengenal Agrobisnis dan Jenis Peluang Usahanya
Bisnis Katering Makanan
Bisnis Katering Makanan untuk Mahasiswa dan Karyawan
Punya Bisnis Laundry
Punya Bisnis Laundry Sendiri dengan Prospek Cerah
Saudagar Properti
Saudagar Properti Punya Solusi Hunian dan Investasi Menguntungkan
Produk MSI
Produk MSI yang Sudah Terbukti Khasiatnya
Theme WordPress Responsive
Theme WordPress Responsive Pilihan Terbaik Anda
privat fb ads
Privat FB Ads untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Lain

Dunia Fauna IPTEK Tokoh Dunia Islam Tokoh Hebat Tokoh Lainnya

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan
Tips Membeli Pakaian Bayi dan Anak
Tips Membeli Pakaian Bayi dan Anak sesuai Kebutuhan
Mengusir Tikus dan Celurut
Cara Mengusir Tikus dan Celurut dari Rumah
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda