Program Pay Per Click dan Cara Kerjanya

Mau meningkatkan income secara online dari program PPC? Anda bisa ikuti tips meningkatkan penghasilan di program Pay per Click (PPC) di artikel ini. Tapi sebelum membahas tipsnya, Anda perlu tahu apa itu PPC. Jadi, simak artikel ini hingga selesai ya!

Program Pay per Click

Definisi PPC

Dalam bahasa Indonesia Pay per click (PPC) diartikan bayar per klik. Lalu apa itu program PPC? PPC adalah sebuah metode kerjasama periklanan di internet antara pengiklan (advertiser) dan pemilik situs PPC (merchant PPC) dengan pemilik website (publisher).

Di mana publisher akan situs PPC bayar atas setiap klik pengunjung pada link iklan yang terpasang di website milik publisher tersebut. Pada program ini kepemilikan website sangat mutlak.

Caranya ikut program PPC yaitu Anda mendaftar jadi anggota dan mengaktivasi keanggotaan sebagai publisher. Kemudian Anda harus memasang link dari situs PPC pada website Anda. Jadi, pada program ini kepemilikan website sangat mutlak.

Keuntungan dan Kelemahan PPC

Ada berbagai keuntungan dan kelemahan dari program PPC. Simak penjelasan keuntungan dan kelemahan program PPC :

Keuntungan PPC

Sebelum tahu cara meningkatkan penghasilan di program PPC Anda harus tahu keuntungan-keuntungannya. Berikut beberapa keuntungan program PPC :

1. Bagi Bisnis (Advertiser)

Perusahaan dapat lebih efektif dalam mengiklankan produknya. Baik secara biaya maupun sasaran yang perusahaan tuju. Pengiklan dapat mencapai orang yang tertarik pada suatu topik yang sesuai dengan produk yang pengiklan iklankan.

Misalkan kita ingin menawarkan promosi suatu hotel, maka kita dapat memasang di google Adword dengan kata kunci travel, maka ikan kita akan muncul pada saat orang sedang mencari informasi mengenai travel.

2. Bagi Blogger (Publisher)

Berikut beberapa keuntungan situs PPC bagi publisher, yaitu :

  • Dengan adanya PPC Anda dapat memasang iklan pada situs mereka dan memperoleh tambahan penghasilan.
  • Anda tak harus online setiap hari seperti pada situs Pay to Click (PTC) untuk mengklik agar dapat income. Tapi Anda harus cukup kreatif dan rajin mengisi blog atau website Anda dengan sesuatu yang bermanfaat bagi pengunjung selain sekedar menampilkan link PPC.
  • Bayaran yang Anda dapatkan bisa lebih besar dari PTC apalagi kalau website atau blog Anda ramai orang kunjungi orang. Isinya menarik dan link yang Anda tampilkan juga mempunyai informasi yang pengunjung cari.

3. Bagi Users / Umum

Dengan layanan PPC maka blogger/pemilik situs akan makin terpacu untuk menciptakan konten-konten berkualitas untuk menarik orang agar berkunjung ke situsnya, dengan demikian akan makin beragam pula konten yang dapat kita nikmati.

Kekurangan PPC

Selain keuntungan, sebelum paham cara meningkatkan penghasilan di program PPC, Anda juga harus tahu kekurangannya. Pengunjung tidak selalu tertarik untuk mengklik link yang pengiklan tampilkan.

Kadang-kadang mereka hanya ingin tahu isi website atau blog Anda atau mencari sesuatu yang mereka butuhkan tapi belum tentu ada pada blog Anda. Anda juga harus rajin mempromosikan blog milik Anda atau membuat isi yang menarik agar ramai pengunjung kunjungi.

Cara Kerja Program PPC

Syarat kepemilikan untuk PPC biasanya tidaklah terlalu sulit (terutama PPC local / Indonesia). Anda hanya butuh satu halaman website. Yang Anda lakukan adalah menunggu dan mengusahakan adanya orang yang berkunjung ke website Anda lalu mengklik link di website Anda tersebut.

Dan inilah salah satu pasive income yang bisa Anda peroleh dari bisnis Internet. Sambil membuat atau memposting tulisan atau konten apalah di website Anda, kemudian Anda akan dibayar.

Kenapa PPC membayar? Seperti halnya program klik lainnya. Di mana advertiser memberi bayaran ke merchant PPC dan dari situ merchant PPC membayar Anda sebagai Publisher.

Hal ini berbeda dengan PTC yang Anda sendiri yang mengklik iklan dari merchant. Sedangkan di PPC Anda tidak boleh ikut mengklik, tapi orang lainlah yang mengklik di website Anda.

Berapa Komisinya? Rata-rata merchant PPC membayar publisher PPC sebesar Rp 300 setiap klik iklan teks dan Rp 350 untuk setiap klik iklan gambar. Tapi nilai ini juga bisa sewaktu-waktu berubah.

Untuk program PPC membayar komisi yang Anda dapatkan melalui alat pembayaran resmi. Misalnya bila menjadi publisher PPC lokal maka Anda bisa memakai rekening bank local Indonesia. Dan Anda bisa menarik komisi setelah mencapai jumlah minimum.

Tips Meningkatkan Income di Program Pay per Click

Semua program situs klik apapun di internet perlu keseriusan Anda dalam menjalankannya. Program PPC / Pay per Click ini merupakan pasif income buat Anda. Namun Anda tidak akan mendapatkan apa-apa jika tidak melakukan banyak hal agar komisi Anda maksimal.

Berikut cara untuk meningkatkan penghasilan di program PPC Anda :

1. Tingkatkan Traffic Website Anda

Hal ini adalah yang paling utama. Karena jika traffic Anda tinggi maka semakin banyak kemungkinan pengunjung yang dapat mengklik iklan yang Anda miliki.

Oleh karena itu, Anda perlu meningkatkan trafik website Anda dengan cara apapun yang Anda bisa. Sehingga banyak orang yang mengnjungi website Anda. Dan kemudian mengklik iklan-iklan yang Anda pasang di website Anda tersebut.

Misalnya Anda dapat mengajak teman Anda untuk saling bertukaran link. Hal ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan traffic sehingga penghasilan PPC Anda meningkat.

2. Pilih Topik Terbaik

Anda dapat memilih topic bahasan mengenai HandPhone, Gadgets, Video atau sekilas mengenai teknologi. Karena bahasan topik mengenai ini sangat rentan dengan pengunjung sehingga dapat juga meningkatkan penghasilan PPC Anda.

3. Perbanyak Website Anda

Buatlah website untuk program PPC. Lalu daftarkan website Anda di search engine. Dengan begitu semakin banyak pengunjung pada website Anda dan SEO Anda juga menentukan hal tersebut.

Setelah website muncul di search engine, Anda bisa mulai mendaftarkan website tersebut di situs PPC. Kemudian setelah terdaftar, taruh script iklan pada tempat yang mudah pengunjung web Anda lihat.

Lalu perbanyak website Anda, sehingga lebih banyak lagi komisi yang bisa Anda dapatkan dari program PPC.

Baca juga : Program Referral Marketing Bisnis

Sekian informasi tentang Tips Meningkatkan Penghasilan di program Pay per Click (PPC), semoga artikel ini bermanfaat buat Anda. Mohon postingan program situs click ini kalian viralkan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi :

  • Smart Business Online, Lingga Buana
  • Kerja Dunia Maya Penghasilan Nyata

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan