Cara Beli Rumah Syariah yang Perlu Anda Ketahui

Kali ini kami akan bahas perihal cara beli rumah syariah yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang ingin membeli rumah tanpa riba sekarang ada developer yang menggunakan itu. Jadi tidak hanya developer yang terpaku pada riba. Ada juga yang sudah mengusung konsep islami atau syariah dengan menjual rumah.

Cara Beli Rumah Syariah

Cara Beli Rumah Syariah yang Perlu Anda Ketahui

Jika ingin menghindari riba, maka Anda bisa membeli rumah KPR syariah. Dengan menggunakan bank syariah maka Anda bisa membeli rumah dengan mencicil. Menggunakan bank syariah juga tidak menggunakan bunga.

Bank-bank syariah yang bisa dikunjungi di Indonesia adalah bank Muammalat, bank syariah mandiri, BNI syariah, BRI syariah, dan lain sebagainya. Terdapat cara beli rumah syariah selain KPR syariah, yaitu:

Membeli Rumah di Developer Syariah

Jika membeli rumah di developer syariah, maka otomatis tidak ada riba dan aturannya juga menggunakan konsep islami. Jadi, membeli rumah KPR menjadi solusi yang terbaik. Kelebihan menggunakan cara ini proses pengajuannya tergolong cepat dan mudah.

Kelebihan lainnya uang muka terjangkau dan tergolong ringan dibandingkan dengan KPR konvensiona sehingga lebih hemat. Jumlah cicilan juga tidak berubah. Tidak ada biaya penalti juga dalam rumah KPR syariah.

Kelebihan developer syariah yang perlu Anda ketahui adalah tidak ada bunga, tidak ada penyitaan, tidak perlu menambah biaya akad atau proses dalam membeli rumah. Tanpa BI Checking, setiap pemesanan dituangkan ke dalam Surat Pemesanan Pembelian Rumah (SPPR).

Prosedur jual beli rumah juga dijalankan tanpa peran perbankan sehingga tidak menjadi keharusan ke Bank Indonesia (BI Checking). Harga dan tenor KPR hanya disepakati, konsumen hanya perlu berurusan dengan developer dan notaris.

Pembelian rumah secara halal ini cukup banyak diminati oleh orang banyak. Dengan adanya penduduk muslim yang banyak maka cara ini lebih efektif dan disukai oleh banyak orang. Tidak hanya orang muslim saja yang bisa beli rumah dengan cara ini, tetapi orang non muslim juga boleh.

Cara beli rumah syariah atau jika dikaitkan dengan halal, maka tidak pakai riba. Selain menggunakan dua cara di atas secara halal, maka ad acara halal lain yang bisa dicoba, antara lain:

1. Belil Rumah secara Tunai

Tentu saja jika Anda ingin beli rumah syariah tanpa riba, maka otomatis hal yang dilihat dulu dan bisa menjadi pilihan utama adalah dengan membeli rumah langsung tunai. Cara ini tidak melibatkan pihak bank dan Anda terbebas dari yang namanya bunga, denda, dan lain-lain.

Konsekuensi beli rumah secara tunai adalah Anda merasa sulit dan berat jika merasa belum bisa membayar secara tunai. Jadikan motivasi tanpa riba sebagai semangat Anda berani dalam membeli rumah secara tunai.

2. Membeli Rumah dengan Bertahap

Jika Anda merasa takut dan ragu-ragu untuk membayar secara lunas, entah karena uangnya tidak cukup atau untuk kepentingan yang lainnya. Anda bisa membayar secara bertahap. Developer pasti ada yang menggunakan ini tanpa riba.

Tanpa ditambah bunga, biaya denda, dan biaya administrasi. Tetapi dengan mengambil cara itu, maka Anda harus siap dengan membayar cicilan setiap bulannya.

3. Pinjamlah Uang Kepada Keluarga Terdekat

Memang cara ini agak canggung, tapi bisa menjadi solusi saat Anda kepepet. Jadi jika Anda tidak ingin riba, maka cara ini bisa dilakukan. Peminjaman bisa dilakukan jika rumah yang akan dibeli harganya terlalu tinggi atau cukup tinggi sehingga uang Anda belum cukup untuk membeli. Hal terpenting Anda harus melunasinya dengan benar sesuai kesepakatan bersama.

4. Cicil Tanah Terlebih Dahulu

Sediakan tanah dulu jika Anda ingin membeli rumah tanpa riba. Temukan tanah dengan lokasi yang pas atau strategis sesuai dengan kebutuhan Anda. Harganya akan lebih murah karena belum dibangun rumah.

Setelah itu, Anda bisa memulai merancang konsep rumah. Enaknya membangun sendiri maka Anda bisa menggunakan desain sendiri baik eksterior maupun interior. Menggunakan jasa desain rumah juga bisa jika ingin lebih bagus dan percaya akan kehAndalannya.

5. Jadi Sales Perumahan

Maksud ini adalah Anda bisa bekerja sebagai sales perumahan. Keuntungan yang didapat dengan menjadi sales perumahan adalah Anda bisa mendapatkan bonus yang sangat besar. Tergantung usaha Anda.

Selain itu, Anda otomatis mendapatkan informasi lokasi rumah atau tanah yang murah maupum strategis. Beberapa developer ada yang memiliki kebijakan dengan memberikan rumah secara gratis terhadap pencapaian dari sales.

Bahkan, beberapa pengembang memiliki kebijakan memberikan rumah gratis untuk sales yang berhasil.

Demikian informasi perihal cara beli rumah syariah yang perlu Anda ketahui. Jual rumah di Cibubur bisa menjadi alternatif untuk Anda dalam mencari rumah secara syariah. Itulah penjelasan tentang cara beli rumah syariah. Semoga bermanfaat.

Referensi: Menjadi Investor Sukses

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Smart Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Membuka Bisnis Parsel
Membuka Bisnis Parsel atau Hantaran
Kiat Menjadi Pebisnis
Kiat Menjadi Pebisnis Baru dari Nol
Membuat Analisis Pasar Bisnis
Membuat Analisis Pasar Bisnis dalam Business Plan

Gaya Hidup

Fashion Herbal Kecantikan Kesehatan

Investasi

Investasi Financial Asset Investasi Lain Investasi Real Asset

IPTEK

Enslikopedia Gadget Otofun Teknologi

Keuangan

Asuransi Cerdas Keuangan Dana Masa Depan Smart Finansial
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Wisata Alam Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda
Jasa Percetakan Online
Jasa Percetakan Online Usaha yang Menang Banyak Peluang
Jasa Sadap Sosial Media
Jasa Hack Sadap Whatsapp Facebook Instagram Terpercaya 100%
Info Pajak Kendaraan Bermotor
Info Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Lengkap
Jasa Komentar Sosial Media
Jasa Komentar Media Sosial dari MediaKomen
Dunia Digital Penghasilan Online Promosi Online Rekening Online
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Membuat Website Khusus Masjid
Membuat Website Khusus Masjid Gratis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Lainnya
Cara Memplester Dinding Rumah
Cara Memplester Dinding Rumah dengan Mudah
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan