Bisnis Flipping Site Jual Beli Website dan Domain

Apa itu flipping website dan domain atau flipping site? Lalu apa saja kriteria website dan domain yang laku untuk Anda jual? Dan apakah model bisnis flipping site menguntungkan? Dapatkan jawabannya hanya di artikel ini.

Bisnis Flipping Site

Definisi Flipping Site

Apa sih flipping site itu? Flipping site adalah metode / cara cari duit di internet dengan menjual website atau domain Anda. Pada intinya flipping site adalah bisnis jual beli website dan/atau domain.

Domain adalah alamat URL sebuah website seperti solehagus.com. Nama domain tiap hari semakin bertambah, sehingga Anda akan sulit untuk mendapatkan nama yang sesuai dengan alamat yang Anda inginkan.

Tidak heran jika nama domain seperti nama Anda pun sudah orang lain miliki. Dari sinilah ide jual beli domain ini timbul bahkan jual beli website.

Domain dan/atau Website adalah sebuah aset seperti rumah. Sehingga jual beli website dan/atau domain adalah sesuatu yang lumrah terjadi dan mulai sering orang lakukan.

Namun, bukan asal website dan/atau domain yang Anda jual. Website / domain Anda harus punya keuntungan (benefit) yang membuat orang tertarik untuk membeli website Anda.

Misalkan memilik traffic yang hebat dan punya penghasilan (revenue) yang tinggi. Di mana makin tinggi benefit yang Anda tawarkan maka semakin tinggi juga harga yang bisa Anda patok.

Website dan Domain Flipping

Ada dua cara untuk bisnis flipping site, yaitu :

1. Domain flipping

Di sini Anda hanya menjual nama domain Anda saja. Bisnis domain flipping ini menempatkan Anda sebagai broker pembelian domain dari orang lain. Namun Anda membeli nama-nama domain penting yang kira-kira akan orang lain cari. Kemudian Anda simpan nama domain tersebut dan Anda jual dengan harga yang lebih tinggi.

2. Website Flipping

Anda akan menjual domain beserta situs Anda. Untuk website yang orang jual umumnya memiliki suatu nilai (value), seperti website :

  • dengan content dan umur domain (domain age) yang cukup lama (> 3 tahun), sehingga akan mudah menempati rangking dengan SEO;
  • menghasilkan income rutin per bulan baik untuk dari contextual advertising seperti Google Adsense ataupun income dari affiliate;
  • menempati halaman 1 di search engine untuk keyword yang high search volume;
  • dan lain-lain.

Mengapa ada orang mau menjual websitenya? Banyak alasannya, yang pasti adalah agar menghasilkan uang cukup banyak untuk :

  • keperluan pribadi;
  • membayar hutang;
  • membiayai project website berikutnya;
  • dan masih banyak alasan lainnya.

Siapa yang mau membeli website? Biasanya adalah :

  • orang yang melihat website yang ia beli bisa ia tingkatkan dan jual dengan harga yang lebih tinggi;
  • orang yang membeli website untuk ia tingkatkan, sehingga menghasilkan income jauh lebih besar untuk cash flow, bukan untuk ia jual lagi;
  • banyak alasan lainnya.

Baca juga : Menjual Jasa Online yang Banyak Anda Minati

Bisnis Flipping Site

Untuk memahami usaha flipping site ini bisa simak artikel berikut :

Sekilas Usaha Flipping Site

Bisnis flipping ini tak bisa kita remehkan. Sebuah domain bisa berharga jutaan rupiah. Selain keunikan nama domain dan keuntungannya (bisa berupa susunan keyword tertentu) bila seseorang atau perusahaan miliki.

Untuk terjun ke dalam bisnis jenis ini sebenarnya mudah namun Anda harus mempunyai modal yang tinggi. Yakni untuk membeli domain tersebut dan membayar sewanya bila belum ada yang menawar sesuai harga keinginan Anda.

Misalnya :

  • SONYPS4.COM pernah dijual dan laku hingga jutaan rupiah. Yang menjadikan domain ini mahal adalah karena benefit dari domain tersebut (biasanya tinggi rendahnya page rank domain).
  • Diamond.com terjual seharga $ 7,5 juta pada 19 mei 2006. Padahal modal yang pemilik awal keluarkan hanyalah pembelian domain seharga $ 7 saja.

Itu baru satu domain, jika Anda membeli nama domain penting lebih dari satu dan Anda jual $ 1000 saja, tentu itu sudah sangat menguntungkan.

Tempat Jual Website dan/atau Domain

Di mana bisa menjual situs dan domain Anda? Anda bisa menjual website dan/atau domain ke :

  • Flippa.com;
  • godaddy.com;
  • warriorforum.com;
  • dnforum.com (domain);
  • namepros.com (domain);
  • forums.digitalpoint.com;
  • sitepoint.com/marketplace/.

Kalau Anda ingin tahu website apa saja yang dijual saat ini dan berapa harganya, bisa lihat ke : http://forums.digitalpoint.com/forumdisplay.php?f=52.

Selain itu, Anda juga bisa jual website secara mandiri. Anda bisa menjual website dan/atau domain yang langsung Anda tawarkan ke pembeli. Untuk pemasarannya bisa lewat media sosial atau website Anda sendiri.

Model Bisnis Website Flipping

Ada dua model bisnis dari flipping site secara umum, yaitu :

1. Untuk Low End Content Sites

Model usaha buat banyak low end content sites untuk dijual. Ada marketer yang memfokuskan untuk membuat low end content sites, langsung dijual dengan harga relatif murah (< US$ 500) untuk mendapatkan cash dengan cepat. Jenis low end content site ini umumnya dijual di Digital Point.

2. Untuk High End Content Sites

Model bisnis buat high end content sites untuk dijual. Umumnya high end content sites memiliki banyak unique content, banyak visitor dan menempati rangking tertentu di search engine. High end content sites umumnya dijual di Site Point.

Jadi jika Anda ingin menghasilkan cash dengan cepat, mungkin strategi membuat website lalu dijual merupakan suatu model bisnis yang cocok bagi Anda. Tapi harus Anda ingat, model bisnis ini tak akan menghasilkan cash flow atau penghasilan secara kontinyu bila Anda berhenti bekerja.

Kunci Sukses

Kunci dalam bisnis flipping site (jual beli nama domain dan/atau website) ini hanya satu. Yaitu dengan meneliti kira-kira domain apa yang akan banyak orang cari.

Tentunya nama domain yang memiliki arti, mudah orang ingat dan menggunakan domain yang berextention Top level seperti:

  • .com,
  • .net,
  • .org,
  • .biz,
  • .info,
  • .name,
  • dan lainnya.

Pesaing dalam bisnis yang satu ini sangatlah ketat. Karena itu jika Anda berminat dalam bisnis ini segeralah beli nama domain yang kiranya akan orang atau perusahaan tertentu cari pada suatu hari. Tapi Anda harus siap rugi bila tak ada yang membeli nama domain yang sudah Anda beli.

Anda mau menjalankan model bisnis ini tapi belum bisa membuat website sendiri? Bila iya, Anda bisa ikuti panduan membuat website profesional sendiri di sini. Atau bisa juga memanfaatkan layanan pembuatan website kami.

Demikian info berkaitan dengan bisnis flipping site jual beli website dan domain, semoga post kali ini berguna buat teman-teman semua. Kami berharap artikel internet entrepreneur ini kalian share agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi :

  • Kerja Dunia Maya Penghasilan Nyata
  • Cara Gampang Cari Duit di Internet
  • Sumber Lain

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan