Aplikasi Bantu Pasien Diabetes Mengatur Menu Makanan

Di postingan ini kami akan jelaskan terkait dengan Aplikasi Bantu Pasien Diabetes Mengatur Menu Makanan. Kemajuan teknologi informasi memudahkan siapa pun termasuk orang yang sedang sakit sekalipun, bisa mengatur sendiri menu makanan melalui aplikasi sitem mobile web. Dengan mengatur menu makanan sendiri sesuai rekomendasi dokter yang merawat, seorang pasien bisa mengatur pola atau menu makanan, untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan penyakit demi kesembuhannya.

Aplikasi Cek Diabetes

Latri Wulansuci* mencoba menawarkan suatu sistem berbasis mobile web yang memberikan rekomendasi pilihan menu makanan sesuai dengan jumlah asupan kalori per waktu makan. Aplikasi bantu pasien diabetes ini lebih ditargetkan untuk pasien rawat jalan penderita diabetes mellitus tipe 2 yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas.

Diharapkan dengan penerapan sistem ini, asupan makanan yang dikonsumsi pasien dapat lebih terkontrol. Penerapan sistem juga ditujukan untuk mencegah hiperglikemia (kadar gula darah berlebih) dan hipoglikemia (kadar darah rendah) akibat pola makan yang tidak baik.

Perlunya Pengetahuan tentang Diabetes

Menurut Latri, pola makan menjadi salah satu faktor yang paling mempengaruhi kondisi penderita diabetes. Konsumsi kalori harian bagi penderita diabetes harus sangat diperhatikan untuk mencegah terjadinya penumpukan gula lemak akibat kelebihan asupan kalori dalam tubuh. Penumpukan lemak dalam tubuh dapat menyebabkan obesitas, yang mana pada penderita diabetes dapat berujung pada kompilasi berbagai macam penyakit.

Kurangnya pengetahuan dan edukasi menyebabkan pengaturan pola makan pada pasien penderita diabetes mellitus, terutama pasien rawat jalan, menjadi lebih sulit dilakukan. Dengan kondisi tersebut, Latri mencoba menawarkan suatu sistem berbasis mobile web yang memberikan rekomendasi pilihan menu makanan sesuai dengan jumlah asupan kalori per waktu makan.

Sistem ini ditargetkan untuk digunakan oleh pasien rawat jalan penderita diabetes mellitus tipe 2 atau pendamping yang memiliki akses untuk menggunakan sistem. Sangat disarankan bahwa penggunaan sistem dilakukan oleh pasien sendiri. Dengan begitu, data yang diinputkan akan lebih akurat dan pasien mendapatkan pengetahuan secara langsung oleh sistem serta mencegah kesalahan komunikasi yang mungkin terjadi antara pasien dan pendamping.

Penerapan sistem ini, dilakukan selama informasi yang disediakan memenuhi standar pengetahuan terbaru. Yaitu mengenai menu untuk pasien diabetes mellitus tipe 2 dengan obesitas. Sangat memungkinkan bahwa di masa mendatang akan dilakukan update baik mengenai fitur dan informasi yang disediakan oleh sistem. Disarankan agar pasien menggunakan sistem sampai mencapai berat badan ideal.

Menurut Izzati, penerapan sistem dilakukan di Indonesia dengan pengetahuan mengenai menu makanan yang didapatkan dari berbagai sumber lokal dan internasional. Sistem ini juga sudah diujikan di instalasi Gizi, RSU Islam Harapan Anda, Tegal. Dan beberapa masukan dari nutritionist sedang dilengkapi untuk kesiapan penerapannya.

Cara Pemakaian Aplikasi Bantu Pasien Diabetes

Sistem yang dibuat adalah aplikasi berbasis mobile, sehingga dalam penerapannya dilakukan melalui web browser dari perangkat yang tersambung dengan internet. Cara penggunaan sistem dilakukan melalui langkah-langkah berikut, yakni

  • pasien membuka aplikasi melalui web browser,
  • melakukan login,
  • memasukkan berat badan dan tinggi badan terakhir untuk dianalisis oleh sistem,
  • lalu sistem menghitung asupan kalori harian dan jumlah kalori per waktu makan berdasarkan berat badan dan tinggi badan pasien,
  • kemudian pasien memberikan perintah kepada sistem untuk menampilkan rekomendasi menu makanan per waktu makan. Rekomendasi ini dengan menggunakan fitur Diary dan sistem menampilkan rekomendasi menu makanan sesuai dengan asupan kalori pasien.

Aplikasi ini dibuat untuk membantu penderita diabetes yang jumlahnya semakin meningkat. Bahkan diabetes mellitus masih berada dalam peringkat sepuluh besar penyakit yang banyak terjadi di Indonesia.

Data International Diabetes Federation (lDF) mencatat bahwa pada tahun 2017, penderita diabetes di Indonesia berjumlah lebih dari 10 juta orang. Dan diprediksi akan terus meningkat dan mencapai angka 16 juta juta orang pada tahun 2045. Angka ini membuat Indonesia masuk dalam salah satu negara dengan jumlah penderita diabetes yang tergolong tinggi.

Sekian informasi seputar Aplikasi Bantu Pasien Diabetes Mengatur Menu Makanan, semoga post ini mencerahkan kalian. Tolong artikel ini diviralkan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

*Latri Wulansuci seorang Mahasiswa Magister Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia (UII)

** Izzati Muhimmah Ph.D Dosen Magister Teknik Informatika yang menjadi pendamping dan pembimbing Latri

Referensi:

Leave a Reply

Marketplace Penghasilan Online Rekening Online SEO Traffic Generation Website
Membuat Rencana Bisnis Internet Terbaik
Membuat Rencana Bisnis Internet Terbaik Anda
Memilih Niche untuk Bisnis Internet
Memilih Niche untuk Bisnis Internet Terbaik
Jenis Bisnis Internet
Jenis Bisnis Internet dan Cara Menjalankannya

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Jenis Bahan Kain Tekstil dalam Industri Fashion
Program Kejar Paket A Setara SD
Jenjang Pendidikan Dasar di Indonesia Saat Ini

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan