Trik Merawat Mebel Antik yang Benar

Anda termasuk penggemar mebel antik / kuno? Bila iya, Anda harus tahu trik merawat mebel Antik Anda dengan benar agar tetap awet. Mau tahu caranya? Simak artikel cara perawatan mebel kuno / antik ini hingga tuntas.

Trik Merawat Mebel Antik

Mebel Kuno

Mebel antik adalah jenis mebel yang punya nilai historis tinggi. Biasanya jenis mebel ini sudah ada atau dibuat pada masa dahulu. Orang mengenal mebel antik sebagai mebel kuno atau barang tua.

Berburu mebel antik bukanlah pekerjaan yang mudah. Sebab keberadaannya di pasaran untuk saat ini sangatlah langkah. Jikapun menemukan mebel yang sesuai dengan yang Anda cari, biasanya harganya, jauh lebih mahal daripada mebel baru. Karena faktor :

  • kelangkaan mebel antik, dan
  • tingginya harga sebuah mebel antik.

Bagi kolektor barang antik, berburu mebel antik adalah sebuah kepuasan. Apalagi bisa memiliki mebel tersebut merupakan sebuah kebanggaan tersendiri pastinya.

Sedangkan dalam urusan memilih mebel antik juga bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Anda butuh pemahaman yang cukup tentang mebel antik supaya tak tertipu oleh rayuan pedagang yang tak jujur.

Karena banyak juga barang baru yang dipermak sedemikian rupa sampai menyerupai mebel antik asli. Tentu saja hasil permakan tersebut bisa menipu penglihatan orang awam yang tak paham tentang barang antik khususnya mebel.

Jenis Mebel Kuno

Secara umum, mebel antik terbagi jadi 2 macam yaitu :

  • mebel antik kuno (mebel peninggalan masa lampau),
  • mebel antik hasil reproduksi.

Dua jenis mebel antik ini punya beberapa perbedaan yang sangat mendasar, seperti :

1. Komponen

Bila kita amati, komponen pada mebel antik kuno umumnya ada bekas paku yang berkarat. Sedangkan pada mebel antik hasil reproduksi, bekas paku tak berkarat.

2. Bentuk dan Desain

Mebel antik / kuno punya bentuk dan desain tersendiri, tergantung pada asal dan tahun pembuatan. Khusus mebel antik di Indonesia, sebagian besar bentuk atau modelnya dipengaruh oleh seni dan budaya dari :

  • Belanda,
  • Cina, dan
  • Arab.

3. Harga

Dalam hal harga, tiap mebel antik biasanya berharga sangat fantastis, jauh di atas harga pasaran mebel yang ada. Misalnya, harga untuk :

  • mebel antik hasil reproduksi berkisar antara 8 jt sampai 9,6 jt,
  • mebel antik kuno berkisar lebih dari 180 jt.

4. Tampilan

Tampilan mebel antik kuno lebih terlihat kuat dan bagus daripada mebel antik hasil reproduksi. Hal ini karena mebel antik kuno dibuat memakai kayu yang berkualitas tinggi dan istimewa. Meskipun komponen kayunya tipis (8 mm), tak akan pecah maupun melengkung.

Trik Merawat Mebel Antik

Furnitur atau mebel antik umumnya didapatkan dalam bentuk second atau pernah digunakan oleh orang lain. Mebel antik ini tak dapat Anda perlakukan sama dengan mebel baru.

Pada dasarnya, merawat mebel antik tidak membutuhkan banyak waktu. Kita hanya perlu mengelapnya menggunakan kain apabila tampak kotor, dan membersihkannya secara teratur dengan kemoceng.

Namun selain itu, masih banyak cara untuk merawat mebel antik. Berikut beberapa trik merawat mebel antik supaya senantiasa cantik dan nyaman yang bisa Anda terapkan :

a. Jagalah Permukaan Mebel dengan Baik

Hindari adanya goresan, noda maupun warna agar tak semakin kusam. Misalnya :

1) Gunakan Taplak Meja

Selalu menggunakan taplak di atas permukaan meja. Taplak tersebut dapat meminimalkan kemungkinan-kemungkinan yang dapat merusak mebel antik Anda secara perlahan.

2) Pakai Tatakan

Selain itu jangan meletakkan piring, gelas, atau benda lain yang basah baik untuk menyajikan makanan / minuman atau tidak. Karena hal tersebut bisa meninggalkan bekas noda membandel yang menempel pada permukaan mebel yang kemungkinan sulit Anda hilangkan.

Anda harus selalu gunakan tatakan gelas atau lapisan piring lain sebelum menyajikan makanan di atas meja.

b. Bersihkan secara Rutin

Pastikan permukaan mebel senantiasa bersih dan higienis dengan selalu membersihkan dari noda, debu atau kotoran. Karena bila membiarkan mebel berdebu bisa menyebabkan cepat keropos.

Dan sebelum mulai membersihkan mebel / furnitur antik yang ada dalam rumah, bersihkan lebih dahulu area sekitarnya. Kosongkan juga benda-benda yang ada di atasnya, misalnya :

  • vas bunga,
  • hiasan meja, dan
  • tumpukan barang bacaan.

Cara membersihkannya cukup lap secara saksama dengan menggunakan kain bersih secara berkala. Atau menggunakan kain bertekstur lembut untuk menjaga warna perabot.

Sebaiknya jangan menggunakan pembersih yang mengandung bahan kimia untuk membersihkannya. Karena bisa saja bereaksi dengan finishing mebel tersebut dan malah semakin meninggalkan noda.

Hindari juga penggunaan lap berbahan silikon. Karena akan mengakibatkan lecet dan merusak area permukaan furnitur.

Baca juga : Tips Membersihkan Noda pada Mebel Antik

c. Posisikan dengan Tepat

Trik merawat mebel antik yang ketiga yaitu tempatkan mebel di tempat yang tepat. Seperti :

1) Perhatikan Suhu Ruangan

Agar furnitur-furnitur antik tersebut semakin cantik dan terawat, tempatkanlah di tempat yang bersih kering dan juga perhatikan suhu ruangannya. Kelembaban udara yang tinggi dapat mempercepat proses oksidasi kayu, menyebabkan jamur, serangan rayap atau serangga kayu lainnya.

2) Hindari Sinar Matahari secara Langsung

Pastikan mebel antik (khususnya yang terbuat dari kayu) tersebut tidak terkena sinar matahari langsung. Karena dapat menyebabkan warna cepat pudar dan membuat kayu menjadi retak dan melengkung.

Hal ini karena furnitur kayu memiliki tingkat kelembaban cukup tinggi. Apabila diletakkan pada area yang rawan terkena cahaya matahari langsung, maka bisa membuat kelembaban tersebut menguap.

Saat Anda ingin memperbarui pelitur mebel antik, usahakan juga jangan sampai terkena sinar matahari selama pelitur barunya belum kering betul. Karena itu akan dapat membuat inti kayu melepuh, membasuh dan bahkan merusak struktur kayu.

3) Hindari Area yang Rawan Terkena Air

Anda mungkin lupa dan meletakkan mebel di area yang rawan terkena cipratan air hujan, seperti :

  1. di :
  • samping jendela,
  • ruangan yang atapnya bocor,
  • kamar mandi,
  • dapur,
  • area mencuci;
  1. menempelkannya di dinding yang sering rembes;
  2. dan sebagainya.

Harus Anda ketahui bahwa hal tersebut bisa mempercepat kerusakan mebel. Seperti :

  • memicu pertumbuhan lumut dan jamur sehingga menyebabkan mebel mengalami kebusukan,
  • warna cat bisa pudar apabila terus menerus terkena air.

4) Mengaplikasikan Alas

Sebagian furnitur kayu memiliki beban cukup berat, sebab materialnya adalah kayu keras. Agar tidak merusak lantai dan kaki furnitur, gunakan kain kesat pada setiap sisi kaki perabotan. Selain berguna melindungi lantai, hal ini juga bisa membuat furnitur lebih awet.

d. Peremajaan

Anda bisa menjadwalkan untuk melakukan peremajaan terhadap mebel tersebut secara berkala. Misalnya, dengan mengecat atau memoles ulang mebel antik. Setidaknya 2 – 3 tahun sekali untuk membuatnya tetap menawan.

Trik merawat mebel antik untuk melakukan aktivitas peremajaan antara lain :

1) Gunakan Minyak Lemon

Untuk memoles Anda tidak perlu menggunakan bahan yang mahal dan susah Anda cari. Cukup gunakan minyak lemon saja. Dengan minyak ini maka mebel antik akan semakin memukau.

2) Menggunakan Pelapis Kayu

Ini merupakan salah satu trik paling ampuh dalam merawat mebel kayu, khususnya di musim panas. Pelapis kayu (Coating) berkualitas bisa mencegah kerusakan pada mebel.

Anda tidak membutuhkan bantuan ahli untuk melakukan hal ini. Sebab coating dapat Anda lakukan sendiri saat punya waktu luang. Caranya pun mudah, yaitu :

  • oleskan cat coating secara tipis di atas mebel;
  • lalu diamkan selama 30 – 60 menit;
  • gosok menggunakan sikat lembut;
  • dan setelah 1 jam, ulangi cara coating seperti sebelumnya agar permukaan furnitur tampak lebih berkilau.

Anda juga bisa menggunakan wax atau cairan pelapis furniture untuk melapisi mebel. Wax berfungsi melindungi sisi terluar mebel dari kotoran maupun goresan. Untuk caranya :

  • tuangkan beberapa tetes wax ke kain fiber / kanebo;
  • selanjutnya usapkan ke seluruh ruangan;
  • ulangi langkahnya hingga seluruh permukaan mebel terlapisi secara merata.
e. Penanganan Hati-Hati

Trik merawat mebel antik yang kelima yaitu penanganan hati-hati. Setiap penanganan terkait mebel harus Anda lakukan dengan hati-hati. Misalnya, kalau mau memindahkan sebuah kursi antik.

Cara memindahkan kursi antik harus diangkat dari bagian dudukannya, bukan digeser atau hanya dipegang bagian lengan atau sandarannya saja. Karena kita tak akan pernah tahu. Bisa saja sambungan kursi tersebut tidak sekuat sebelumnya.

Sedangkan untuk mebel berukuran besar, mintalah bantuan orang lain untuk mengangkatnya. Sehingga, furnitur bisa terbebas dari kerusakan dan lantai rumah terbebas dari goresan.

Sekian informasi seputar trik merawat mebel antik yang benar, semoga artikel ini mencerahkan Anda. Kami berharap artikel tips dan trik rumah tangga ini kami viralkan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi :

  • Tips dan Kiat Praktis Sehari-hari, Inayati
  • Sumber Lain

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan