Tips Tetap Sehat Hadapi Musim Pancaroba

Pembahasan kita kali ini ialah tips tetap sehat hadapi musim pancaroba. Pergantian musim dari penghujan ke kemarau atau sebaliknya yang biasa disebut pancaroba, kerap membuat tubuh terasa tidak fit bahkan terserang penyakit. Suhu udara yang kadang panas, kadang dingin membuat suhu tubuh kerap berubah drastis sehingga rentan dengan berbagai gangguan dari luar, misalnya bakteri dan virus.

Tips Tetap Sehat Hadapi Musim Pancaroba

Kendati demikian, ada cara-cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tubuhmu tetap sehat di tengah pergantian cuaca (pancaroba). Berikut beberapa tips tetap sehat yang bisa kamu coba.

1. Jaga Kebersihan Tempat Tinggal

Ada pepatah mengatakan, kebersihan pangkal kesehatan. Jika ingin sehat, maka hal pertama yang mesti kamu lakukan adalah menjaga kebersihan. Selain kebersihan diri, kebersihan tempat tinggal juga penting.

Jika hujan masih kerap turun, pastikan tidak ada genangan air tempat tinggalmu, baik di luar apalagi di dalam rumah. Pasalnya, genangan air merupakan sumber penyakit. Genangan air bisa menjadi sarang bakteri dan nyamuk penyebab malaria dan demam berdarah. Selain itu, kamu juga perlu membersihkan rumah secara berkala untuk menghilangkan debu dan sumber-sumber penyakit yang mungkin bersarang.

2. Segera Mandi Jika Kehujanan

Kehujanan merupakan hal yang kadang tidak bisa dihindari, apalagi di peralihan musim yang tidak menentu. Kehujanan tidak hanya membuat pakaian menjadi basah, tetapi juga membuat kedinginan, yang akhirnya bisa membuat masuk angin bahkan terserang flu. Pasalnya, badan tubuh akan mudah terserang penyakit jika mengalami perubahan temperatur mendadak.

Supaya kamu tidak masuk angin atau terserang flu setelah kehujanan, ada hal mudah yang bisa kamu lakukan, yaitu mandi. Dalam hal ini kamu disarankan mandi menggunakan air hangat untuk membuat suhu tubuhmu stabil. Jika kamu masih kedinginan, pakailah baju hangat atau jaket.

3. Jangan Malas Berolahraga

Meski cuaca tidak menentu, kamu mesti tetap rutin berolahraga. Pasalnya, olahraga terbukti bisa meningkatkan sistem pertahanan tubuh atau imun. Jika sistem pertahananmu baik, maka kamu akan tetap sehat dalam kondisi cuaca seperti apapun. Dalam hal ini, gerakan olahraga yang dinamis seperti senam aerobik atau olahraga yang bermanfaat menjaga kebugaran seperti berlari atau berjalan sangat disarankan.

Jenis olahraga yang seperti itu akan membuat jantungmu bekerja lebih cepat memompa darah ke seluruh tubuh. Sehingga metabolisme tubuh lebih baik dan lebih banyak memproduksi sel-sel tubuh baru. Ini dilakukan untuk mengganti sel-sel tubuh lama yang rusak, sehingga tubuhmu pun lebih bugar dan lebih tahan terhadap penyakit.

Namun demikian, jika kamu sudah terlanjur terserang penyakit, misalnya flu, jangan paksakan untuk berolahraga. Istirahatlah untuk mempercepat penyembuhanmu.

4. Konsumsi Sup Hangat

Flu merupakan penyakit yang rentan menyerang dalam peralihan musim dari hujan ke kemarau atau sebaliknya. Saat kamu terkena flu, selain minum obat dan istirahat yang cukup, kamu juga bisa mengonsumsi sup hangat untuk melegakan rongga pernapasanmu.

Suhu hangat dari sup bisa meningkatkan temperatur aliran udara di dalam tubuh yang membuat rongga pernapasan lebih besar. Selain itu, suhu hangat juga bisa membuat hidungmu mengeluarkan lebih banyak cairan yang membawa bakteri dan virus sehingga mempercepat proses penyembuhan. Akan lebih baik jika sup yang kamu konsumsi berisi sayuran yang mengandung banyak vitamin sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuhmu.

5. Konsumsi Cukup Air

Air adalah kebutuhan mendasar bagi manusia. Dalam menghadapi musim yang tidak menentu, kamu mesti banyak mengonsumsi air sehingga tidak mengalami dehidrasi.

Selain untuk menghindari dehidrasi, banyak minum air juga bisa membuat tubuh lebih bugar dan meningkatkan kekebalan tubuh. Namun ingat, konsumsi air yang benar-benar bersih. Masaklah air hingga benar-benar matang sehingga terbebas dari berbagai bakteri yang justru bisa membuat kamu sakit.

6. Istirahat Cukup

Satu hal yang penting tetapi kerap dilupakan dalam hal menjaga kesehatan adalah istirahat cukup. Pasalnya, istirahat bisa membantu tubuh untuk kembali memperbaiki diri, meregenerasi sel-sel yang rusak, termasuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Pastikan kamu beristirahat dengan cukup, apalagi di tengah musim yang tidak menentu. Kamu setidaknya mesti tidur selama 8 jam sehari. Jangan lupa juga, untuk tidak tidur terlalu larut, sehingga kamu bisa bangun pagi dengan kondisi prima.

Sekian informasi tentang tips tetap sehat hadapi musim pancaroba, semoga artikel ini mencerahkan kawan-kawan semua. Kami berharap post ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan