Strategi Mendatangkan Traffic ke Website yang Efektif

Bagaimana cara mendatangkan visitor atau traffic ke website? Dapatkan strategi mendatangkan traffic ke website Anda hanya di artikel ini. Sebagai informasi traffic website yang tinggi bisa mendatangkan banyak income.

Strategi Mendatangkan Traffic

Targetted Traffic Website

Trafik (traffic) website adalah segala informasi tentang setiap pengunjung (visitor) suatu website, mulai dari :

  • jumlah pengunjung,
  • durasi kunjungan, dan
  • segala aktivitas di dalam situs.

Jadi dalam hal ini kami sering menyebut traffic juga dengan sebutan visitor.

Lalu apa itu targetted traffic? Secara sederhana targetted traffic yaitu traffic yang sesuai dengan target suatu website. Jika mempunyai website, Anda tidak cuma ingin ada visitor atau traffic ke website Anda, tetapi visitor yang sesuai dengan target Anda.

Sebagai contoh Anda punya website di bidang kesehatan. Dan Anda menjual vitamin untuk orang-orang yang lansia atau lanjut usia agar tetap fit dan sehat. Apakah ada gunanya bagi Anda jika visitor yang datang adalah orang yang :

  • sedang mempersiapkan pesta pernikahan?
  • tertarik di bidang kesehatan, tetapi merupakan orang muda yang ingin menguruskan berat badan?
Relevansi

Apakah visitor di atas sudah sesuai dengan target market Anda yang jualan vitamin lansia? Tentu saja tidak. Mereka datang ke website Anda dan langsung meninggalkannya. Karena mereka menganggap website Anda tidak relevan dengan apa yang mereka cari.

Tidak relevan di sini yaitu dari segi aspek profile visitor atau demografis yang datang ke website Anda. Kata kunci (keyword) yang paling penting dalam strategi mendatangkan traffic yaitu relevan. Ingat baik-baik keyword ini. Karena Anda akan sering mendengar kata ini ketika belajar dan menerapkan strategi mendatangkan visitor / traffic.

Hal yang bisa menjadikan pengunjung tak relevan salah satunya adalah dari segi aspek geografis atau lokasi. Bila menjual produk untuk market Indonesia, maka upaya mendatangkan visitor yang berasal dari luar Indonesia akan jadi sia-sia (tak bermanfaat). Artinya tidak relevan secara geografis.

Dan perlu Anda tahu bila strategi mendatangkan visitor / trafik untuk market luar negeri dan Indonesia relatif berbeda. Jadi tidak semua strategi yang Anda pelajari dari ebook atau course luar negeri cocok untuk Anda terapkan di Indonesia. Tetapi prinsipnya tetap sama.

Selain itu, Anda juga harus tahu bila website bukan membutuhkan traffic atau visitor saja. Tetapi membutuhkan targetted traffic / visitor.

Jadi jangan senang dulu bila website Anda dikunjungi 1.000 visitor setiap hari. Karena bukan hanya jumlah visitor yang penting. Tapi yang paling penting adalah berapa banyak yang merupakan targetted visitor Anda.

Menghabiskan sumber daya (energi, uang dan waktu) untuk datangkan traffic yang tak relevan ke website Anda adalah hal yang sia-sia. Anda tidak saja rugi waktu, tenaga dan uang tetapi juga akan kecewa dengan hasilnya.

Google jadi sebesar seperti sekarang karena mesin pencari ini mengerti mengenai pentingnya relevansi. Mereka berjuang untuk menjadikan search engine mereka menghasilkan result yang paling relevan dengan yang kita ketikkan di kotak search.

Jadi fokuskan upaya untuk datangkan targetted traffic di semua strategi mendatangkan pengunjung (visitor) yang nantinya Anda pakai. Ingat : targetted traffic yang lebih sedikit jauh lebih berharga daripada traffic tidak targetted yang banyak.

Cara Mendatangkan Visitor ke Website

Mendatangkan visitor / traffic ke website ada banyak sekali metode dan caranya. Namun secara umum dari semua strategi mendatangkan traffic ke website bisa dikategorikan menjadi tiga kelompok, yaitu :

a. Search Engine

Salah satu sumber traffic utama yang paling orang cari adalah traffic dari mesin pencari (search engine). Riset menunjukkan hampir 90% lebih dari pengguna internet, menggunakan search engine dalam mencari sesuatu informasi atau produk. Setiap hari rata-rata seseorang menggunakan mesin pencari lebih dari 30 query.

Jadi tidaklah heran jika website Anda muncul di halaman pertama dari search engine untuk kata kunci (keyword) yang relevan. Dengan demikian website Anda pasti banyak orang kunjungi.

Search engine sendiri sebenarnya ada banyak sekali di seluruh dunia. Tetapi yang terbesar dan paling banyak orang gunakan adalah :

  • Bing,
  • Google,
  • Yandex, dan
  • Yahoo.

Traffic dari 3 search engine besar ini bisa berasal dari dua bagian, yaitu :

1. Organic Result

Bagian sebelah bawah sering disebut organic result. Di mana Anda tidak perlu membayar untuk bisa tampil di sana. Tetapi search engine yang menentukan website apa yang akan tampil di sana berdasarkan banyak faktor. Strategi untuk mendapatkan traffic dari organic result sering disebut Search Engine Optimization (SEO).

2. Paid Result

Bagian sebelah atas atau samping (bertanda “sponsor”) dari search engine disebut iklan PPC (Pay Per Click advertising). Di mana pemasang iklan (advertiser) akan membayar untuk setiap kali iklannya di klik.

b. Other High Traffic Website

Kelompok strategi mendatangkan traffic yang kedua adalah traffic melalui website lain yang memiliki high traffic. Ini ibarat di bisnis konvensional. Bila merasa sulit mendatangkan pengunjung ke toko, maka bawa saja barang dagangan Anda ke tempat yang high traffic, seperti :

  • mall,
  • pasar, atau
  • tempat lain yang ramai.

Anda taruh barang dagangan di tempat yang sudah high traffic. Dengan demikian dagangan Anda bisa laku. Asal dagangan Anda cocok dengan pengunjung di tempat ramai tersebut. Cocok di sini dalam artian relevan dengan pengunjung.

Ada banyak strategi yang bisa Anda pakai untuk mendapatkan traffic dari website trafik tinggi lainnya (other hight traffic website), seperti :

  1. eBay;
  2. YouTube;
  3. Social Media, seperti :
  • Facebook,
  • Instagram,
  • dan lainnya;
  1. high traffic blog and forum;
  2. artikel Ezine (EzineArticles);
  3. dan masih banyak yang lainnya.

Untuk market lokal di Indo, ada banyak website iklan baris atau classified ads yang populer dan high traffic.

c. Direct Traffic

Ini adalah kelompok strategi mendatangkan traffic ke website di mana visitor langsung datang ke website Anda tanpa melalui website lain. Beberapa strategi yang termasuk kategori strategi direct traffic yaitu, seperti :

  1. offline media, seperti :
  • brosur,
  • iklan di majalah,
  • dan media sejenisnya;
  1. email marketing atau list building;
  2. mencantumkan alamat website di kartu nama Anda; dan
  3. mendistribusikan free PDF ebook dengan link ke website Anda.

Free Traffic vs Paid Traffic

Saat mempelajari berbagai strategi mendatangkan traffic ke website, Anda akan menemui ada strategi yang :

  • gratis (free), dan
  • berbayar / ada biayanya.

Banyak orang berpendapat bahwa jika bisa mendapat traffic secara gratis mengapa harus bayar? Mungkin kami dan Anda termasuk di antaranya. Gratis memang selalu menarik bagi banyak orang.

Tapi, strategi traffic baik yang berbayar ataupun gratis, masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Yang pasti Anda perlu memilih dan fokus belajar salah satu terlebih dahulu.

Mana yang lebih baik buat Anda? Itu tergantung dari situasi Anda masing-masing. Misalnya :

Strategi Traffic Gratis

Jika masih baru belajar dan hanya punya waktu (alias tidak punya / minim dana) maka strategi yang gratis akan lebih cocok. Karena umumnya hanya perlu investasi waktu dan jika melakukan kesalahan, yang terbuang hanyalah waktu, bukan uang / dana.

Kekurangan dari strategi traffic gratisan biasanya, yaitu :

  • investasi waktu yang relatif lebih banyak; dan
  • traffic ke website Anda bisa didapatkan setelah beberapa hari atau bahkan setelah beberapa minggu.

Strategi Traffic Berbayar

Tetapi jika memiliki uang dan waktu adalah sesuatu yang tidak Anda punyai, maka strategi berbayar akan lebih cocok. Strategi yang bayar ini misalnya PPC Marketing.

Anda bisa mendatangkan traffic untuk keyword tujuan dan dari negara yang menjadi target dalam waktu kurang dari 30 menit. Sesuatu yang mustahil Anda dapat dengan memakai strategi gratisan. Dari sana Anda bisa melakukan peningkatan di :

  • iklan,
  • website,
  • dan aspek lainnya.

Dari sini sebenarnya baik strategi yang bayar ataupun yang gratis, sebenarnya tidak ada yang sungguh-sungguh gratis. Keduanya membuat Anda harus mengeluarkan sumber daya (resources). Di mana strategi traffic yang :

  • gratis membuat Anda mengeluarkan resources berupa waktu; dan
  • bayar membuat Anda mengeluarkan resources berupa uang.
Fokus 1 Strategi Lebih Dulu

Untuk awal belajar dan/atau penerapannya, kami sarankan menggunakan salah satu strategi traffic lebih dulu. Baik itu strategi mendatangkan visitor yang gratis ataupun yang bayar seperti PPC. Setelah menguasainya, Anda dapat dengan mudah mempelajari yang lain.

Pada bisnis konvensional, Anda butuh diversifikasi. Jadi tidak tergantung pada satu produk atau satu pelanggan atau satu supplier saja.

Di bisnis internet pun seperti itu. Jangan tergantung pada satu sumber traffic saja. Karena bila ada masalah di salah satu sumber traffic, Anda masih punya yang lainnya. Sehingga bisnis internet Anda tetap berjalan dengan baik.

Tracking Sumber Traffic

Mengapa perlu melakukan tracking / penelusuran sumber traffic? Karena ini merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan ketika mulai membangun traffic ke website.

Di mana suatu saat website Anda akan dapat traffic dari berbagai sumber. Misalnya seperti :

Ada hal penting yang harus Anda tahu selain darimana sumber traffic yang datang ke website. Hal tersebut yaitu sumber traffic mana yang mendatangkan keuntungan bagi Anda.

Di sini Anda perlu memutuskan mana strategi traffic yang efektif dan mana yang tidak. Bila sudah tahu sumber mana yang kurang efektif Anda bisa membuangnya. Sehingga Anda dapat menghemat uang dan/atau waktu.

Jadi di satu level tertentu, kesibukan Anda sudah bukan lagi membuat dan/atau mendatangkan traffic website. Tetapi Anda sudah harus melakukan testing dan tracking sumber traffic secara rutin.

Mengetahui Sumber Traffic Website Anda

Sebelum melakukan tracking, yang pertama perlu Anda ketahui adalah mengetahui sumber traffic website Anda. Ada banyak statistik visitor yang bisa Anda gunakan.

Tetapi umumnya internet marketer hanya menggunakan informasi yang diberikan oleh :

  • Google Analytics (lihat panduan menggunakan Google Analytics lengkap di sini).
  • AWStats yang bisa Anda akses melalui cpanel account web hosting Anda.
  • WordPress Stats jika Anda menggunakan WordPress.

Saatnya Manfaatkan Strategi Mendatangkan Traffic ke Website!

Artikel ini memberikan Anda gambaran besar mengenai :

  • traffic,
  • kategori strategi traffic,
  • perbedaan antara traffic yang gratis dan berbayar, dan
  • mentracking traffic.

Semoga gambaran besar dan informasi mendasar tentang traffic ini memberikan pondasi yang cukup saat mulai mempelajari detil-detil dari strategi traffic. Dan perlu Anda tahu strategi di atas bukan hanya untuk mendatangkan trafik tapi juga bisa mendatangkan penjualan secara langsung.

Demikian info terkait dengan strategi mendatangkan traffic ke website yang efektif, semoga postingan ini berguna buat Anda. Kami berharap post internet marketing ini kalian sebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan