Optimasi Search Engine atau SEO itu Apa?

Tahukah Anda apa itu optimasi Search Engine atau SEO? Mungkin bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia pemasaran digital (digital marketing) pasti sudah tahu. Namun bagi Anda yang belum tahu, simak artikel ini hingga selesai agar tahu apa itu SEO.

Optimasi Search Engine

SEO

Bila Anda pernah melakukan pencarian website di mesin pencari, Anda akan melihat daftar website yang relevan dengan pencarian Anda. Mesin pencari (search engine) mengurutkan hasil pencarian tersebut bukan secara acak. Namun search engine mengurutkan halis pencarian berdasarkan tingkat relevansi dan kualitas website.

Ada banyak faktor yang digunakan oleh search engine untuk menentukan kedua faktor tersebut. Inilah yang melatarbelakangi SEO atau Search Engine Optimization.

Definisi SEO

Lalu apa itu optimasi Search Engine (SEO)? SEO merupakan serangkaian upaya dalam mengoptimasi website supaya mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian search engine. Upaya ini kita lakukan secara sistematis dengan tujuan ntuk meningkatkan volume dan kualitas trafik website.

Search engine memakai suatu mekanisme kerja algoritma tertentu untuk mengurutkan website berdasarkan peringkat (ranking). Dengan menerapkan SEO, artinya kita menyesuaikan website supaya lebih bersahabat dengan algoritma search engine tersebut.

Ada 3 faktor penting dalam SEO yang perlu Anda ketahui :

Dari penjelasan di atas, nampak ada 3 faktor penting dalam SEO:

a) Sistematis

Artinya SEO bukanlah dilakukan dengan 1, 2, atau 3 proses saja; SEO haruslah dilakukan dengan serangkaian proses tertentu. Selain itu, SEO juga bukan dilakukan dengan keberuntungan saja, karena SEO harus dilakukan secara sistematis.

Perhatikan bahwa SEO bukanlah cara cepat memasarkan website Anda. Sebaliknya, Anda harus bekerja cerdas dan keras untuk mencapainya.

b) Tujuan

Tujuan SEO adalah untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari Search Engine. Artinya SEO memfokuskan diri pada peningkatan trafik dari Search Engine, bukan dengan iklan PPC (Pay Per Click), bukan pula dengan cara yang lainnya.

Caranya?

Dengan menempati posisi yang bagus di Search Engine. Posisi bagus yang dimaksudkan ini adalah posisi di halaman-halaman awal, bahkan halaman pertama, dan kalau bisa, malah menduduki peringkat teratas untuk kata kunci yang kita tuju.

c) Memanfaatkan Mekanisme Kerja Algoritma Search Engine

Artinya dalam melakukan SEO, kita harus memahami cara kerja Search Engine. Untuk itu, kita harus mengerti :

  1. Bagaimana Search Engine :
  • mengurutkan ranking website?
  • memperbaharui algoritma ranking?
  • membaca dan mengindeks website?
  1. Kapan Search Engine memperbaharui algoritma ranking?
  2. Mengapa Search Engine mengganti algoritma ranking mereka?

Oh iya bagi yang belum tahu, mesin pencari itu seperti :

  • Google
  • Yahoo!
  • Bing
  • Baidu
  • dll
Pentingnya SEO

Mengapa Kita Butuh SEO?

Untuk melakukan optimasi Search Engine (SEO) butuh kerja cerdas dan kerja keras. Lalu kenapa kita susah-susah melakukan SEO?

Ingat, tujuan SEO adalah untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari Search Engine ke website kita. Dengan cara menempatkan suatu alamat website pada posisi teratas pada hasil pencarian Search Engine berdasarkan kata kunci tertentu. Atau minimal berada di halaman pertama Search Engine.

Secara logika, website berpeluang lebih besar dapat pengunjung (visitor) bila website tersebut menempati posisi teratas hasil pencarian.

Dengan peningkatan trafik website ini, tentu saja kita mengharapkan peningkatan transaksi dari website kita. Misalnya :

  • transaksi penjualan produk/jasa ataupun afiliasi, maupun
  • penghasilan kita (Contextual Advertising).

Mengapa SEO Penting untuk Website?

Saat ini, hampir semua orang mencari informasi secara online lewat search engine seperti Google. Dari data yang dipublikasikan oleh Google, website yang menempati peringkat pertama hingga ketiga memperoleh total klik kumulatif sebesar lebih dari 50%. Bahkan peringkat pertama sendiri memperoleh lebih dari 20%.

Hal ini menunjukkan akan pentingnya SEO untuk website Anda. Dengan bantuan optimasi SEO website Anda dapat memperoleh ribuan sampai puluhan ribu pengunjung per hari.

Dan baiknya lagi, pengunjung dari search engine adalah orang-orang yang haus akan informasi dan mau membeli produk. Jika Anda punya suatu bisnis online, pengunjung dari search engine akan punya tingkat konversi (conversion rate) terbesar.

SEO adalah bagian dari  inbound marketing. Di mana inbound marketing merupakan teknik marketing modern di era digital. Selain itu, inbound marketing merupakan metode marketing yang memakan biaya terkecil dibandingkan teknik pemasaran tradisional.

Konsep Dasar SEO

Search engine seperti Google adalah sebuah produk. Mereka mau agar orang lain puas memakai layanan mereka.

Pengguna mau agar website terbaik yang relevan dengan pencarian muncul di halaman pertama. Karena itulah search engine selalu mau menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna.

Jadi inti dari optimasi Search Engine (SEO) yaitu jadikan website Anda yang terbaik untuk kata kunci yang Anda mau. Lalu jadi yang terbaik itu dari dalam segi apa saja?

  1. Popularitas,
  2. Konten yang disajikan,
  3. Struktur dan navigasi, dan
  4. Kepuasan pengguna (User Experience / UX).

Bisakah website saya sukses tanpa SEO?

Jawabannya : bisa! Dengan memperhatikan konsep dasar SEO di atas, Anda sebetulnya tak perlu pusing memikirkan SEO. Tak jarang orang yang punya website populer tanpa mengerti SEO.

Hal tersebut karena search engine saat ini sudah pintar dalam mengasumsikan struktur halaman dan kualitas website. SEO sekarang dalam prakteknya lebih dominan sebagai upaya marketing daripada teknikal.

Tapi, ada kemungkinan website masih memerlukan sedikit upaya lagi dari Anda agar bisa berhasil. Selain itu dengan mengetahui teknik SEO Anda jadi mengerti bagaimana membuat website yang sukses.

Optimasi Search Engine Sendiri

Apakah SEO bisa saya lakukan sendiri? Ada banyak orang atau perusahaan yang menawarkan jasa SEO (khususnya backlink) salah satunya kami. Namun sesungguhnya SEO juga dapat Anda lakukan sendiri tanpa memakai jasa.

Dengan banyaknya panduan teknik optimasi SEO yang tersedia secara gratis di internet, Anda bisa belajar otodidak dan mengaplikasikannya sendiri. Jadi Anda bisa menghemat uang jutaan rupiah dengan melakukan optimasi SEO sendiri.

Untuk website yang strukturnya sederhana, Anda kemungkinan besar tak perlu memakai jasa SEO. Anda cukup mengandalkan panduan teknik optimasi SEO yang ada dan tersebar di internet.

Namun bila website Anda punya struktur yang rumit, ada kemungkinan Anda membutuhkan jasa SEO. Jasa SEO tersebut untuk menyederhanakan struktur yang rumit supaya ramah terhadap search engine. Website yang strukturnya rumit seperti toko online, web-app, dll.

Belajar SEO

Apa saja yang harus saya pelajari? Ada beberapa komponen utama dalam optimasi Search Engine (SEO). Berbagai komponen inilah yang akan menentukan seberapa baik website Anda secara SEO. Komponen ini jugalah yang menentukan urutan rangking di hasil pencarian search engine.

Secara singkat, berikut beberapa hal yang perlu Anda pelajari untuk menguasai teknik SEO :

a. Jenis SEO

Ada 2 jenis SEO, yaitu :

1. On-page Optimization

SEO On-page (On-page Optimization) merupakan optimasi yang dilakukan pada halaman website itu sendiri. Ada beberapa faktor yang bisa kita lakukan dalam optimasi ini, seperti :

  • Meta Description Tag,
  • Meta Keyword Tag,
  • Page Content,
  • Header Tags,
  • Title Tag,
  • Alt Tag,
  • dll.

2. Off-page Optimization

SEO Off-page (Off-page Optimization) adalah optimasi yang dilakukan pada sisi eksternal dari website, misalnya backlinks.

b. Keyword Research

Hal yang paling penting sebelum melakukan SEO untuk website Anda, lakukan riset kata kunci (keyword research) terlebih dahulu. Upaya SEO Anda bisa jadi akan terbuang sia-sia bila Anda melakukan SEO untuk keyword yang salah atau tidak tepat sasaran.

Contoh, Anda memiliki usaha bernama CV Jaya Bahari dengan jenis usaha berjualan makanan khas Brebes yaitu telor asin. Lalu Anda membuat website dengan nama jayabahari.com.

Anda melakukan SEO berhari-hari bahkan berminggu- minggu. Siang dan malam Anda duduk di depan komputer seraya melakukan SEO untuk website Anda.

Namun apa yang terjadi? Jumlah pengunjung website pun tetap segitu-gitu saja. Omset penjualan pun tidak kunjung naik. Ternyata, selama ini Anda berkonsentrasi melakukan optimasi untuk keyword “Jaya Bahari” dan berhasil menduduki peringkat pertama di Google untuk kata kunci tersebut.

Sebaliknya untuk keyword seperti :

  • telor asin,
  • oleh-oleh Brebes,
  • makanan khas Brebes,
  • dan lain sebagainya.

Website jayabahari.com malah hanya menempati posisi di halaman puluhan.

Bayangkan bila Anda adalah seorang pengguna Internet yang sedang mencari informasi tentang makanan khas Brebes. Sebagai orang yang awam, apakah Anda akan mencari “Jaya Bahari” di Google? Tentu tidak, bukan?

Belajar dari contoh ini, tentulah Anda sekarang sadar tentang betapa pentingnya melakukan keyword research dengan baik. Pastikan Anda melakukan keyword research dengan menggunakan berbagai sudut pandang. Termasuk sudut pandang dari seorang pengguna Internet yang sama sekali tidak mengetahui produk Anda.

Baca mengenai riset kata kunci selengkapnya di TernakWebsite.Com.

c. Ilmu SEO Lainnya
  • Mengoptimasi halaman website
  • Menganalisa kompetisi
  • Membuat konten yang teroptimasi
  • Membangun popularitas, link, dan reputasi
  • Melakukan audit terhadap performa SEO

Demikian informasi mengenai Optimasi Search Engine atau SEO, kami harap post ini membantu Anda. Mohon postingan ilmu internet marketing ini kalian bagikan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan