Pengertian, Fungsi dan Kapan Harus Menggunakan VPS

Apakah Anda tahu bagaimana menggunakan VPS untuk website? Ketika hendak membuat website, Anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan paket hosting yang berbeda. Sebagaimana diketahui, dalam pembuatan website, hosting memiliki peran yang sangat penting sebagai tempat untuk menyimpan beragam file data yang diperlukan.

Menggunakan VPS

VPS

Adanya beragam hosting tersebut memang akan memberikan keleluasaan dalam memilih, tetapi juga bisa membuat Anda bingung. Pasalnya, masing-masing hosting memiliki fitur serta keunggulan yang berbeda-beda.

Nah, salah satu jenis hosting yang disarankan untuk Anda gunakan guna membuat website yang mantap adalah VPS. Ya, bisa dikatakan bahwa VPS adalah salah satu hosting yang sangat populer dan saat ini banyak digunakan oleh developer.

Pengertian VPS

Apa yang sebenarnya disebut dengan VPS tersebut?

Pertanyaan ini kerap kali muncul, terutama dari seseorang yang baru mendengar jenis hosting ini pertama kali. Secara singkat, VPS adalah sebuah server virtual yang memiliki fungsi guna menyimpan data serta file pada sebuah website tertentu.

Umumnya, VPS digunakan pada website yang memerlukan sumber daya yang cenderung besar. Hal ini dikarenakan VPS dijalankan dengan sumber daya sendiri dan tidak perlu berbagai sources dengan website lainnya.

Penggunaan sumber sendiri tersebut dikarenakan VPS menggunakan konsep teknologi virtualization di mana akan membagi server fisik menjadi beberapa sumber daya yang berbeda. Tentu, berbekal sumber daya yang berbeda tersebut nantinya kinerja server tidak akan terpengaruh dengan pengguna lainnya.

Fungsi VPS

Setelah mengetahui sekilas tentang VPS, Anda tentu perlu mengetahui fungsi dari VPS itu sendiri. Ada beberapa fungsi VPS yang penting untuk diketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Web hosting

Salah satu fungsi paling penting dari VPS adalah web hosting atau sebagai tempat untuk menyimpan data dan file dari website. Terkait poin ini, VPS akan menyediakan sumber daya yang pas bagi situs website dengan traffic yang cenderung tinggi.

Perlu diketahui bahwa sumber daya yang disediakan VPS bisa dikatakan pertengahan. Maksudnya adalah sumber daya tersebut tidak terlalu besar hingga Anda harus menggunakan dedicated server, ataupun tidak terlalu kecil sebagaimana shared hosting.

2. Game server

Fungsi lain dari VPS murah adalah sebagai game server. Maksud dari fungsi ini adalah Anda nantinya bisa melakukan beragam hal yang berkaitan degan game online. Beberapa hal yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menginstal game dan mengadakan sesi bermain game online dengan menggunakan aturan Anda sendiri
  • Membuat koneksi khusus untuk bermain game agar terhindar dari lag
  • Menghindari keterlibatan pihak ketiga agar privasi bermain game lebih terjamin
  • Mendapatkan akses root untuk mengelola game server dengan lebih bebas sesuai dengan kebutuhan

Beberapa hal di atas adalah detail game server yang bisa dipenuhi dengan VPS. Hanya saja, Anda juga perlu memperhatikan beberapa aspek teknis terkait hal tersebut, seperti layanan VPS harus memiliki prosesor yang cepat dan juga penyimpanan yang luas.

3. Sebagai VPN

VPN adalah jaringan pribadi yang terhubung dengan internet. Dengan menggunakan jaringan ini, Anda bisa menyembunyikan identitas diri ketika mengakses internet tersebut. Tidak hanya itu, VPN pun juga bisa digunakan untuk membatasi akses orang-orang dari jaringan tertentu.

Nah, fungsi lain dari VPS adalah membuat jaringan VPN. Hal ini sangat dimungkinkan karena dengan VPS, maka Anda akan mengelola serta menyimpan data secara mandiri.

Ketiga hal di atas adalah fungsi VPS secara umum. Tentu. VPS masih memiliki ragam fungsi lain yang tidak kalah penting dan bisa dijadikan alasan kenapa Anda perlu menggunakan hosting yang satu ini.

Kapan Harus Menggunakan VPS?

Pertanyaan lain yang juga kerap muncul adalah kapan seseorang harus menggunakan VPS?

Terkait pertanyaan di atas, ada beberapa detail kondisi di mana sebaiknya Anda mulai melirik dan menggunakan VPS. Beberapa kondisi yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Traffic website yang terlalu tinggi

Salah satu alasan kapan Anda harus mulai menggunakan VPS adalah ketika traffic website yang dimiliki sudah terlalu tinggi. Ya, jika traffic website yang Anda kelola sudah mencapai jutaan pengunjung per bulan, beralih ke VPS adalah pilihan yang tepat.

Pasalnya, dengan menggunakan VPS, maka Anda akan mendapatkan resource dan juga bandwidth yang jauh lebih besar. Tentu saja, performa website nantinya tidak akan terganggu.

b. Ingin mendapatkan kontrol penuh

Jika Anda ingin mendapatkan kontrol penuh pada website yang Anda kelola, maka menggunakan VPS adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, dengan memakai VPS, Anda akan mendapatkan akses untuk memilih sistem operasi, menentukan panel kontrol dan lainnya.

Hal lain yang menjadi petunjuk Anda harus segera menggunakan VPS adalah ketika Anda memerlukan penyimpanan file yang lebih besar. Hal ini dikarenakan VPS banyak menawarkan ruang penyimpanan yang cukup lega.

Baca juga : Hal-Hal Terkait Domain dan Hosting Yang Perlu Anda Ketahui

Nah, demikian beberapa ulasan tentang pengertian, fungsi dan kapan menggunakan VPS serta apa yang perlu Anda ketahui. Dengan beragam fitur yang ditawarkan, VPS adalah pilihan hosting yang bisa diandalkan!

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan