Membersihkan Aneka Macam Noda secara Praktis

Sekarang kami akan bahas tentang membersihkan aneka macam noda secara praktis. Sering kali, tanpa sengaja, baju yang kita kenakan terkena noda-noda tertentu yang tidak kita inginkan. Dalam pesta, baju kita bisa saja tertumpah minuman kopi.

Membersihkan Aneka Macam Noda

Tips Praktis Membersihkan Aneka Macam Noda

Saat bekerja di kantor, bisa saja pakaian kerja kita terkena noda tinta. Atau, pada saat duduk di tempat tertentu, bisa saja tanpa sengaja kita menduduki permen karet bekas yang kemudian menempel di baju kita dan meninggalkan noda di sana.

Untuk mengatasi berbagai macam noda yang bisa saja menghinggapi pakaian kita, berikut ini adalah tips-tips untuk menghilangkan atau membersihkan aneka macam noda.

a. Membersihkan noda tinta

Untuk menghapus noda tinta, hapuslah dengan alhohol, hair spray atau aseton (penghilang cat kuku) sampai basah. Setelah itu bilas dengan air, kemudian gosokkan detergen pada bagian noda tersebut. Setelah itu, cuci seperti biasa.

Selain cara membersihkan aneka macam noda di atas, Anda juga bisa menghilangkan noda tinta dengan gliserin. Caranya, gosokkan gliserin pada noda tinta, kemudian cuci.

b. Membersihkan noda kunyit

Untuk menghapus noda kunyit, bisa dengan cara menggosok-gosokkan kapur sirih pada pakaian yang terkena noda tersebut. Setelah dicuci dengan air bersih, letakkan di bawah sinar matahari. Tunggu beberapa jam, maka noda kunyit itu pun akan hilang dari pakaian.

c. Membersihkan noda karat besi

Untuk menghilangkan noda karat besi dapat menggunakan jeruk nipis dan garam. Caranya, peraslah jeruk nipis dan ambillah airnya. Campurkan garam ke air perasan jeruk nipis tadi hingga menjadi campuran yang kental.

Lalu, semirkan campuran itu pada titik-titik karat di baju. Gosok perlahan-lahan, kemudian jemurlah di bawah panas matahari. Apabila noda karat besi di baju itu belum hilang, ulangi cara di atas hingga beberapa kali.

d. Membersihkan noda bekas permen karet

Untuk menghapus noda bekas permen karet, gunakan spiritus. Gosokkan pada bagian baju yang terkena noda permen karet. Jika terlihat masih kotor, dan noda itu belum terangkat, bersihkan lagi dengan air hangat yang dicampur dengan sabun. Selanjutnya, bilas sampai bersih.

e. Membersihkan noda cat kuku

Untuk menghapus noda cat kuku pada baju yang berwarna putih, gunakan aseton (penghapus cat kuku). Sedang, untuk baju yang berwarna selain putih, gunakan amil asetat (minyak pisang). Kemudian, cuci sampai bersih. Apabila noda cat kuku tersebut belum hilang sampai bersih, ulangi langkah tadi.

f. Membersihkan noda hitam pakaian

Ada harus menghapus atau membersihkan aneka macam noda hitam pakaian yang biasanya timbul. Noda ini timbul karena terkena keringat atau kurang kering saat dijemur, bisa dihilangkan dengan salmoniak.

Caranya, buatlah campuran salmoniak 1 sendok makan dicampur dengan 3 sendok makan air. Kemudian, basahilah pakaian yang bernoda hitam itu dengan campuran tersebut. Setelah itu jemur dan biarkan sampai kering. Setelah kering, cucilah sampai bersih.

g. Membersihkan noda setrika

Untuk menghapus noda setrika yang hangus, Anda bisa menggunakan larutan boraks 2 persen dan waterstof peroksida yang hangat 3 persen. Selain itu, dapat juga digunakan larutan kalium permanganat 2 persen kemudian waterstof peroksida 3 persen. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih.

h. Membersihkan noda kopi atau teh

Untuk mengatasi atau membersihkan aneka macam noda kopi atau teh cuci saja noda teh atau kopi tersebut seperti biasa. Namun, bila teh atau kopi yang tumpah pada baju Anda itu tercampur dengan krim atau susu, maka noda di baju tersebut harus dihilangkan dengan cara mencucinya di air panas yang dicampur dengan pemutih chlorine.

i. Membersihkan noda lemak atau minyak

Untuk menghapus noda lemak atau minyak yang masih baru, Anda bisa membersihkannya dengan cara menggosoknya memakai bedak atau kapur. Setelah itu, sikat hingga noda minyak di pakaian menjadi hilang atau bersih.

Sedangkan, untuk noda yang sudah lama dan mengendap di serat bahan pakaian Anda, gosoklah bagian yang terkena noda tersebut dengan detergen, lalu cuci dengan air panas yang telah dicampur dengan pemutih.

Baca juga : Alasan Tidak Mempersiapkan Dana Masa Depan

Sekian informasi berkaitan dengan membersihkan aneka macam noda secara praktis, semoga post ini membantu Anda. Mohon artikel ini diviralkan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Seabrek Tips dan Kiat Praktis Sehari-hari, Inayati

Leave a Reply

Marketplace Penghasilan Online Rekening Online SEO Traffic Generation Website
Membuat Rencana Bisnis Internet Terbaik
Membuat Rencana Bisnis Internet Terbaik Anda
Memilih Niche untuk Bisnis Internet
Memilih Niche untuk Bisnis Internet Terbaik
Jenis Bisnis Internet
Jenis Bisnis Internet dan Cara Menjalankannya

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Jenis Bahan Kain Tekstil dalam Industri Fashion
Program Kejar Paket A Setara SD
Jenjang Pendidikan Dasar di Indonesia Saat Ini

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan