Langkah Memulai Bisnis Sesuai dengan Passion Anda

Anda baru mau menjadi seorang pengusaha? Bila iya, Anda bisa ikuti beberapa langkah memulai bisnis sesuai dengan passion anda yang ada di artikel ini. Simak smart bisnis hingga selesai agar dapat manfaatnya.

Memulai Bisnis Sesuai dengan Passion

Langkah Memulai Bisnis Sesuai dengan Passion Anda

Pebisnis atau entrepreneur yang menjalankan bisnis sesuai passion biasa diistilahkan dengan nama passionpreneur. Istilah Passionpreneur berarti menjadi entrepreneur di bidang yang Anda cintai (passion).

Memiliki bisnis sendiri bisa jadi rasanya seperti sedang naik rollercoaster. Suatu waktu omset bisa sangat tinggi, tetapi beberapa waktu kemudian bisa menurun tajam hingga rugi bahkan bisnisnya bangkrut.

Dunia bisnis penuh dengan ketidakpastian. Dan inilah mengapa passion itu penting. Sesuatu yang benar-benar Anda sukai, gairah yang Anda rasakan saat sedang mengerjakan atau memikirkan sesuatu akan membuat pekerjaan tersebut terasa ringan.

Ketika bisnis Anda menghadapi berbagai tantangan dan hambatan, passion dan komitmenlah yang membuat Anda dapat melaluinya. Semangat yang Anda miliki akan tertular pada partner, karyawan, investor, hingga customer sehingga mereka akan merasa senang berbisnis dengan Anda.

Tentunya, ini akan menguntungkan Anda. Itulah mengapa sangat penting memiliki passion dalam berbisnis dan fokus pada misi Anda. Passion akan menjadi bahan bakar yang akan membuat Anda tetap maju meski situasi tampak buruk.

Berikut langkah-langkah untuk membantu mengubah passion Anda menjadi bisnis yang sukses:

1. Perluas Wawasan Mengenai Industri Bisnis Anda

Bila sudah yakin passion Anda adalah berbisnis, maka Anda harus mengenal industri bisnis yang akan Anda masuki. Dengan memahami latar belakang industri dan bagaimana proses kerjanya, Anda akan selangkah lebih siap saat harus :

  • melakukan riset pasar,
  • berinovasi sesuai kebutuhan konsumen,
  • membangun basis customer,
  • menghadapi kompetitor,
  • melakukan ekspansi,
  • dan sebagainya.

Bila Anda sudah memiliki ide, namun belum terlalu familiar dengan bidang yang ingin Anda geluti, gunakan jaringan atau network Anda, berdiskusilah dengan orang-orang yang sudah lebih dulu berbisnis di bidang yang sama dengan yang akan Anda geluti.

Dengan berdiskusi bersama senior, Anda terhindar dari trial and error dan dapat lebih cepat sampai tujuan. Jadikan senior-senior Anda di bisnis tersebut sebagai mentor yang akan membantu Anda tidak hanya saat Anda memulai bisnis, tapi juga selama Anda menjalankan bisnis.

2. Take Action!

Bisnis yang baik adalah bisnis yang dibuka, bukan ditanyakan terus-menerus (Bob Sadino). Setelah Anda memiliki pengetahuan yang cukup, mulailah berbisnis. Pada awalnya, mungkin business plan Anda masih memiliki banyak kekurangan dan hal ini mungkin juga akan mengubah drastis model bisnis Anda nanti.

Namun keuntungan berbisnis dengan passion adalah Anda memahami benar tujuan Anda berbisnis dan dapat lebih mudah menghadapi berbagai hambatan yang muncul.

Adanya berbagai kekurangan dalam bisnis tidak akan membuat Anda berhenti. Dorongan hati dan antusiasme akan membuat Anda tetap termotivasi dan yakin dengan produk atau jasa yang Anda jual.

3. Kelilingi Diri Anda dengan Orang-Orang yang Bervisi Sama

Apabila Anda memiliki passion, Anda akan rela bekerja berjam-jam tanpa mengeluh. Bukan karena workaholic, melainkan karena Anda enjoy. Anda perlu bekerjasama dengan orang-orang yang visinya sama dengan Anda dan juga memiliki passion di bidangnya.

Passion mereka akan menghasilkan ketekunan dan antusiasme yang akan membuat seluruh tim bersemangat, membuat investor lebih yakin. Bahkan dengan adanya energi untuk melayani customer dengan gembira, akan menjadi pengalaman positif bagi customer.

Berbisnis sesuai passion tidak hanya akan memberikan keuntungan dengan melakukan hal yang Anda cintai, tapi juga membantu meraih kesuksesan dalam bisnis dan mempertahankannya dalam waktu yang lama.

Jadi segera temukan passion Anda, gali pengetahuan bisnis di bidang yang Anda minati, mulai bisnis Anda, dan bekerjasamalah dengan orang-orang yang sevisi dan passionate juga.

Baca juga : Tips Memulai Usaha Konveksi Door to Door

Demikian informasi terkait dengan langkah memulai bisnis sesuai dengan passion Anda, semoga post kali ini bermanfaat buat Anda. Kami berharap artikel tips bisnis ini kalian share supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan