Cara Membersihkan Freezer yang Mudah dan Efektif

Anda tak tahu cara membersihkan atau menghilangkan bau tak sedap pada freezer? Atau bahkan tak menyadari bahwa Anda perlu membersihkan alat pembeku / freezer! Baca terus artikel cara membersihkan freezer yang mudah dan efektif ini yang bisa Anda coba!

Membersihkan Freezer

Freezer Kulkas

Freezer merupakan alat yang berfungsi untuk menyimpan makanan dalam jangka waktu lama. Tidak heran bila kita terkadang lupa untuk memeriksa freezer.

Seperti peralatan elektronik pada umumnya, freezer pun perlu perawatan untuk menjaga kualitas mesin tetap awet. Salah satu contoh perawatan yang tak boleh Anda abaikan dan bisa Anda lakukan sendiri yaitu pembersihan bagian dalam freezer.

Dengan melakukan perawatan freezer maka bisa :

  • menjaga suhu di dalam alat pembeku / freezer tetap stabil,
  • freezer berfungsi dengan baik meskipun sudah Anda pakai bertahun-tahun.

Membersihkan freezer biasanya kita anggap hanya menghabiskan banyak waktu. Apalagi bila punya jenis freezer yang menghasilkan bunga es. Namun sebenarnya ada cara cepat dan efektif untuk membersihkan alat pembeku / freezer.

Bila Anda punya freezer yang belum pernah dibersihkan, maka wajib tahu informasi ini. Yuk, simak beberapa tips membersihkan alat pembeku / freezer yang cepat dan efektif ini!

Membersihkan Freezer

Freezer yang kotor membuat barang yang Anda simpan di dalamnya jadi ikut kotor dan bisa menimbulkan penyakit. Bila punya freezer yang belum pernah Anda bersihkan, maka wajib tahu informasi cara membersihkannya.

Untuk membersihkan alat pembeku / freezer, ikuti cara sederhana berikut :

a. Keluarkan Isi Freezer

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengeluarkan isi freezer ke dalam rak / keranjang penyimpanan. Ini bisa jadi kesempatan untuk memilah makanan. Jadi, bisa tahu makanan mana yang masih layak Anda konsumsi atau tidak.

Isi freezer yang masih layak konsumsi, bisa Anda letakkan ke dalam kulkas / cooler supaya makanan tetap dingin dan tak mencair. Angkat rak penyimpanan yang ada dalam freezer untuk pembersihan secara lebih maksimal.

Sebagai info, berikut cara mengenali makanan beku (frozen food) yang sudah tak layak konsumsi :

  • ada perubahan warna tak normal atau aneh,
  • bau menyengat dan busuk,
  • telah Anda simpan lebih dari jangka waktu yang disarankan.

Berikut jangka waktu maksimal penyimpanan makanan diĀ freezer :

Bahan Makanan Penyimpanan
Sosis beku 2 bulan
Kaldu 2 bulan
Daging giling mentah 4 bulan
Daging sapi matang 4 bulan
Daging ayam matang 4 bulan
Ayam mentah 9 bulan
Daging sapi utuh mentah 12 bulan
Buah dan sayuran beku 12 bulan
b. Matikan Arus Listrik

Selanjutnya, matikan arus listrik dengan mencabut sakelar / kontak untuk memulai proses thawing atau pencairan. Hal ini Anda lakukan supaya proses membersihkan freezer jadi lebih aman.

Adanya aliran listrik yang masih berjalan kemungkinan akan mengakibatkan arus pendek sampai korslet. Jadi, sebaiknya Anda memutus seluruh aliran listrik ke kulkas untuk menjaga keselamatan kerja di dapur.

Bila ada makanan yang menempel pada bunga es, sebaiknya diamkan saja lebih dahulu. Jangan mencongkel apapun di dalam freezer dengan benda tajam, sebab bisa merusak dinding freezer.

c. Cairkan dan Bersihkan Bunga Es

Setelah itu, cairkan dan bersihkan bunga es. Pencairan bisa Anda lakukan dengan membiarkan isi freezer mencair dengan sendirinya dengan cara membuka pintu freezer. Tapi proses ini bisa memakan waktu yang lama tergantung tebal atau tidaknya bunga es.

Untuk mempercepat proses pencairan, ada beberapa cara :

1. Fitur Pencairan

Beberapa freezer sudah punya fitur pencairan bunga es. Jadi, Anda cukup menekan tombol pencairan yang ada di penutup freezer dan proses akan berjalan secara otomatis.

2. Hair Dryer

Anda juga bisa memakai hair dryer atau mesin pengering rambut. Suhu panas dari hair dryer dapat membantu proses pencairan bunga es. Atur pengaturan hair dryer pada suhu panas rendah. Arahkan hair dryer pada dinding bagian dalam freezer. Jangan biarkan air yang meleleh menyentuh pengering sebab akan menyebabkan korsleting listrik.

3. Wadah Berisi Air Panas

Pakai ember atau wadah berisikan air panas. Letakkan wadah tersebut di dalam freezer lalu tutup pintnya. Biarkan uap panas mencairkan bunga es yang ada di dalam freezer. Gantilah wadah beberapa kali tergantung pada jumlah es yang ada di dalam dan ukuran dari freezer.

Setelah bunga es mencair bersihkan sisa-sisa bunga es. Pakai scrapper untuk mengikis bunga es yang masih menempel. Kemudian letakkan pada Loyang atau ember. Bunga es yang sudah terkumpul bisa langsung Anda buang di wastafel.

d. Bersihkan Bagian dalam Freezer

Setelah es mencair, buka saluran pembuangan freezer yang letaknya di bagian bawah. Biarkan air mengalir sampai tak ada sisa. Bila masih ada sisa air, pakai lap bersih untuk mengangkat air.

Lalu, bersihkan bagian dalam freezer dengan larutan yang aman. Anda bisa memakai sabun cuci piring dan air. Setelah selesai, keringkan freezer dengan lap bersih.

Cara lainnya yaitu ambillah pasta gigi (merek apa saja). Lalu gosokkan pasta gigi tersebut pada freezer menggunakan lap bersih. Ulangi hingga dua kali dan hasilnya pun pasti menakjubkan.

e. Beri Aroma Penyegar

Kadang ada bau tak sedap yang menempel pada freezer. Hal ini karena ada beberapa makanan yang mengeluarkan bau tak tersimpan di freezer dengan benar dan rapat.

Bila ada bau tidak sedap tersebut, pakailah soda kue. Masukkan soda kue / baking soda dengan campuran air ke dalam freezer, kemudian tutup dan diamkan selama beberapa jam. Cara ini dinilai ampuh menghilangkan bau.

f. Nyalakan Freezer dan Masukkan Makanan Kembali

Setelah semua bagian sudah bersih, Anda dapat menyalakan freezer kembali. Anda pun dapat memasukkan kembali bahan makanan ke dalam freezer. Dan atur sesuai dengan tata letak yang Anda inginkan.

Mungkin proses pembersihan freezer bagian dalam akan memakan waktu yang cukup lama. Tapi hal tersebut bisa menjaga mesin freezer supaya bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Kami menyarankan untuk melakukan pembersihan bagian dalam freezer secara rutin setiap 3 bulan sekali. Tapi hal tersebut tergantung dengan pemakaian freezer masing-masing.

Baca juga : Cara Merawat Perhiasan Perak

Sekian info seputar tips membersihkan freezer yang cepat dan efektif, kami harap post kali ini bermanfaat untuk Anda. Tolong post tips dan trik ini kalian bagikan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi :

  • Tips dan Kiat Praktis Sehari-hari, Inayati
  • Sumber lain

Leave a Reply

Alam Bumi dan Ruang Angkasa Ilmu Pengetahuan Kehidupan Prasejarah Sejarah Tubuh Manusia
Evolusi Makhluk Hidup
Evolusi Makhluk Hidup yang ada di Bumi
Kerajaan Pra Islam di Tatar Sunda
Kerajaan Pra Islam di Tatar Sunda
Enslikopedia Sistem Tata Surya
Enslikopedia Sistem Tata Surya Kita

Gaya Hidup

Belanja Fashion Herbal Sehat Cantik

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Menarik

Motivasi dan Inspirasi Parenting Teknologi Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Furniture Ide Kreatif Kebun dan Tanaman Peralatan Tips Rumahan
Plugin Penting di WordPress
Plugin Penting di WordPress yang Layak Digunakan pada Website Bisnis
Cara Menggunakan PLN Mobile
Cara Menggunakan PLN Mobile untuk Beli Token dan Lainnya
Teknik SEO
Teknik SEO yang Terbukti Ampuh untuk Website
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?
Jenis Bahan Kain Tekstil
Jenis Bahan Kain Tekstil dalam Industri Fashion
Situs Penyedia Template PowerPoint
Situs Penyedia Template PowerPoint Gratis dan Menarik
Program Kejar Paket A
Program Kejar Paket A Setara SD
Jenjang Pendidikan Dasar
Jenjang Pendidikan Dasar di Indonesia Saat Ini

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat Tokoh

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Religi Seni Budaya Wisata Alam Wisata Sejarah
Kota Berdinding Menakjubkan
Kota Berdinding Menakjubkan di Dunia
Tembok paling Bersejarah
Tembok paling Bersejarah di Dunia yang Patut Anda Ketahui
Destinasi Wisata Alam Jakarta
Destinasi Wisata Alam Jakarta Cocok untuk Bersantai