Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh yang sangat Ampuh

Apa yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun? Bila daya tahan tubuh menurun apa yang akan terjadi bagi tubuh? Lalu bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh kita bisa tetap stabil? Simak semuanya di artikel ini.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Penyebab Daya Tahan Tubuh Menurun

Daya tahan tubuh punya peranan penting bagi kita baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Dengan daya tahan yang tinggi maka bisa menjaga tubuh tetap sehat dan mencegah terjadinya infeksi.

Lantas apa yang menyebabkan daya tahan tubuh kita bisa menurun? Daya tahan bisa saja menurun bila bakteri, virus, parasit, dan jamur menyerang tubuh. Sehingga bisa menyebabkan kita menjadi sakit.

Selain bakteri, virus, parasit dan jamur, ada beberapa hal yang menjadi penyebab menurunnya daya tahan tubuh yaitu :

  • mengonsumsi makanan yang tidak sehat,
  • kurang tidur,
  • mengalami stress,
  • perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar seperti pergantian musim atau ketika masuk musim hujan,
  • dan masih banyak yang lainnya.

Bila daya tahan tubuh kita menurun maka bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Dan hal ini bisa sangat mengganggu, apalagi bagi yang aktif melakukan segala aktivitas setiap harinya. Oleh karena itu, kita harus menjaga daya tahan tubuh dengan baik.

Cara Menjaga Stamina Tubuh

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Dan beberapa cara di bawah ini juga sudah kami lakukan untuk jaga daya tahan atau stamina tubuh. Berikut beberapa cara tersebut :

a. Konsumsi Makanan yang Sehat

Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh yaitu dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Hal tersebut juga bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan asupan vitamin dan mineral tubuh.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk jaga daya tahan tubuh. Termasuk buah dan sayuran.

b. Rajin Aktivitas Fisik

Untuk menjaga daya tahan tubuh bisa juga dilakukan dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara rutin. Aktivitas fisik akan sangat bermanfaat bagi kesehatan, seperti :

  • merangsang kerja antibodi,
  • mencegah obesitas,
  • melindungi diri dari risiko penyakit kardiovaskular, dan
  • menekan risiko osteoporosis (keropos tulang),
  • dll.

Tidak perlu aktivitas fisik yang terlalu berat. Lakukan saja aktivitas harian sehari-hari yang penting keluar keringat. Misalnya :

  • jogging,
  • nyapu,
  • ngepel,
  • cuci baju / piring,
  • dan aktivitas fisik lainnya.
c. Cukup Beristirahat

Untuk menjaga daya tahan tubuh salah satunya adalah istirahat yang cukup. Dengan cukup istirahat maka tubuh akan lebih bugar.

Lalu bila tubuh bugar maka pada akhirnya akan membuat kekebalan tubuh bertambah atau meningkat. Dengan istirahat yang cukup maka risiko infeksi maupun serangan penyakit akan menjadi lebih kecil.

d. Mengelola Stres

Kita juga bisa menjaga daya tahan tubuh dengan cara mengelola stres. Karena, ternyata ada hubungan antara tingkat stres dengan imunitas tubuh seseorang. Untuk mengelola stres Anda bisa melakukannya dengan melakukan latihan pernapasan atau meditasi.

e. Konsumsi Suplemen Khusus

Selain menerapkan gaya hidup yang sehat, konsumsi suplemen khusus pun dapat meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Tapi Anda harus tahu lebih dulu apa saja nutrisi seperti vitamin yang diperlukan tubuh.

Konsumsi multivitamin dapat memenuhi kebutuhan asupan tubuh yang tak bisa dipenuhi dari pola makan yang sudah diterapkan. Produk suplemen khusus yang kami sarankan adalah produk herbal Synergy WorldWide.

f. Menghindari Rokok dan Alkohol

Kebiasaan merokok dan minum alkohol dapat merugikan kesehatan. Di dalam rokok dan alkohol ada ribuan zat beracun yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh akan menurun tidak hanya terhadap perokok aktif, tapi juga perokok pasif.

Karena asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan orang-orang yang menghirupnya. Maka dari itu, salah satu cara untuk menjaga atau meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan menghindari perokok aktif. Hal ini supaya Anda terhindar dari menghirup asap rokok.

Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Cara-cara di atas tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh anak cara di atas juga bisa dipakai.

1. Konsumsi Makanan yang Sehat

Sediakan selalu makanan-makanan yang sehat untuk dikonsumsi oleh anak Anda. Seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan sehat lainnya. Hindari anak untuk memakan makanan fast food / junk food. Karena akan menurunkan daya tahan tubuh anak.

2. Rajin Aktivitas Fisik

Ajak anak-anak Anda untuk selalu berolahraga dan aktivitas fisik setiap hari. Tak perlu lama, sebentar juga tidak masalah yang penting rutin. Anda bisa ajak jalan kaki, mengepel, dll.

3. Cukup Beristirahat

Istirahat cukup tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak juga perlu istirahat yang cukup. Sebagai orang tua, Anda harus membuat jadwal tidur anak. Lakukan dari sekarang agar kelak dewasa bisa terbiasa.

4. Mengelola Stres

Jangan memaksakan anak untuk terus-terusan belajar. Selingilah dengan mengajak atau menyuruh bermain dengan anak-anak lain. Selain bisa bersosialisasi dengan anak-anak lain, hal ini juga bisa menghilangkan stres.

5. Menghindari Rokok

Sebagai orang tua Anda harus selalu mengawasi dan menjaga pergaulan anak. Jangan sampai terjerumus ke dalam pergaulan yang salah. Salah satunya pergaulan dengan anak-anak yang merokok.

Tanamkan pada diri anak Anda bahwa merokok tidak baik bagi kesehatan baik jasmani maupun keuangan. Selain itu, nasehati juga bahwa merokok bisa merugikan diri sendiri dan orang sekitar.

6. Konsumsi Suplemen Khusus

Anda juga bisa memberikan anak suplemen daya tahan tubuh. Misalnya memberikan herbal Madu Kiddos FH untuk daya tahan tubuh yang merupakan produk dari MSI. Dengan bantuan suplemen ini diharapkan daya tahan tubuh bisa selalu terjaga.

Sekian informasi mengenai cara menjaga daya tahan tubuh untuk orang dewasa dan anak-anak, kami harap postingan kali ini membantu kalian. Mohon artikel solusi sehat ini dibagikan biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Smart Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Membuka Usaha Les Privat
Membuka Usaha Les Privat dengan Modal Minim
Usaha Studio Foto Khusus
Usaha Studio Foto Khusus untuk Anak
Menjaga Loyalitas Pelanggan
Punya Usaha Bengkel Motor? Coba Cara ini Untuk Menjaga Loyalitas Pelanggan

Digital Asset

Akun Medsos Konten

Financial Asset

Obligasi Reksadana Saham

Investasi Lain

Valuta Asing

Real Asset

Barang Antik Emas Properti
Teknik SEO
Teknik SEO yang Terbukti Ampuh untuk Website
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Membuat Website Khusus Masjid
Membuat Website Khusus Masjid Gratis
Mengaci Dinding Rumah Sendiri
Mudah! 5 Langkah Mengaci Dinding Rumah Sendiri dengan Semen Mortar
Cara Memplester Dinding Rumah
Cara Memplester Dinding Rumah dengan Mudah
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat Tokoh

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Religi Seni Budaya Wisata Alam Wisata Sejarah
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda