Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap

Gunung Dempo merupakan gunung berapi yang mempunyai dua puncak. Yaitu puncak satu dengan ketinggian 3.159 mdpl dan puncak dua (puncak tertinggi) dengan tinggi 3.259 mdpl. Di antara kedua puncak gunung ini dipisahkan oleh tanah lapang luas.

Gunung Dempo

Wisata Alam Gunung Dempo

Tanah ini biasa disebut dengan “pelataran”. Di kawasan gunung ini menawarkan panorama pemandangan yang sangat indah. Dengan pemandangan hamparan ladang petani dan hijaunya kebun teh.

Dalam melakukan pendakian, ada sensasi yang bikin ketagihan untuk mereka yang sangat menyenangi perjalanan panjang menuju puncak demi puncak gunung. Bertemunya diri dengan harmoni alam bisa menghilangkan lelah yang sudah lama bersemayam. Karena perjalanan menuju puncak gunung Dempo.

Perjalanan untuk menuju gunung tertinggi di Sumatera Selatan ini dimulai dengan melakukan perjalanan sekitar 30 menit. Yaitu dari titik pendakian untuk sampai Pintu Rimba.

Perjalanan makin menanjak hingga shelter 1. Yang membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Pintu Rimba. Dari shelter 1 ke shelter 2, trek yang dilalui diwarnai medan berakar, sangat licin terutama sesudah hujan dengan sebagian berlumpur.

Sesudah shelter 2, perjalanan makin menanjak dari yang sebelumnya hingga di puncak 1. Perlu sekitar 3 jam dari shelter 2 hingga di puncak 1. Perjalanan kemudian dilanjutkan dari Puncak 1 turun menuju pelataran, dengan waktu kurang lebih 10 menit.

Pagi harinya, para pendaki bisa menikmati puncak utama Dempo yang bisa ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan santai. Pemandangan sekitar gunung Dempo luar biasa indah, yaitu meliputi :

  • Bukit Barisan,
  • kota Pagar Alam,
  • Tanjung Sakti,
  • Jarai,
  • Curup,
  • dan sebagainya.

Setelah itu, bisa berziarah ke makan Pu-Yang yang konon adalah pembuka jalur pendakian yang meninggal sekitar tahun 1963-an. Untuk turun kembali, banyak sekali jalur naik turun puncak – pelataran. Jalur ini berpusat di tujuan yang sama yaitu puncak dan pelataran.

Banyaknya pilihan jalur ini, menjadikan pendaki susah untuk turun dengan jalan sama ketika mendaki. Bahkan untuk mereka yang sudah berkali-kali mendaki, tak bisa turun dengan jalan yang sama dengan ketika naik. Selalu lewat jalan yang berlainan, meskipun berakhir di tujuan yang sama.

Letak G. Dempo

Gunung ini letaknya tepat di perbatasan antara provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu di pantai barat Sumatera. Gunung Dempo terletak di distrik Pagar Alam yang dikelilingi oleh bukit-bukit dan lereng gunung.

Dibutuhkan waktu sekitar 7 jam mengemudi untuk bisa mencapai Pagar Alam dari Palembang. Dan untuk menuju ke  G. Dempo, dari tempat ini memerlukan waktu 15 menit. Pengunjung akan disajikan dengan pemandangan yang memesona mulai dari tebing dan lembah. Selain itu udara di sekitar juga terasa segar.

Pemandangan yang indah dan menyenangkan dari perkebunan teh, jadi bagian menarik bagi pengunjung. Kebun Teh Pagar Alam terletak pada ketinggian sekitar 1520 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kebun teh Pagar Alam ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara VII.

Tidak hanya perkebunan teh, di sini juga terdapat banyak perkebunan kopi. Kopi Pagar Alam terkenal di kalangan penggemar kopi, khususnya Kopi Luwak yang rasanya tak terbantahkan.

Kopi unik tersebut diproses oleh musang liar yang menciptakan satu jenis rasa, yang terkenal dengan kualitasnya yang telah diakui oleh banyak orang. Di kawasan perkebunan ini, para pengunjung akan menemui berbagai penjual oleh-oleh khas Pagaralam, seperti kopi, teh, sampai figura senjata kudok.

Situs Prasejarah Tangga Batu

Di salah satu wilayah Pagar Alam, ada situs prasejarah bernama Tangga Batu. Di situs prasejarah ini, para pengunjung akan menemukan berbagai batu pahatan. Dalam berbagai bentuk yang sederhana mulai dari kepala manusia, hewan dan sejenisnya. Sisa-sisa peninggalan kuno tanggal kembali ke era Megalitik dan masih tersebar di seluruh daerah.

Selain itu, ada juga air terjun Lematang Indah yang letaknya tak terlalu jauh dari Gunung Dempo. Wisata air ini bisa jadi tempat alternatif sebagai pelengkap perjalanan alam para pelancong.

Di air terjun Lematang Indah, pengunjung akan dimanjakan oleh keindahan dari gemericik air terjun dengan sungai yang mengalir di bawah. Sungai tersebut menyediakan arus yang sangat menantang dan cocok untuk arung jeram. Tambahan yang sangat sempurna setelah. menaklukkan puncak G. Dempo.

Baca juga : Ziarah Ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng

Sekian info tentang wisata alam Gunung Dempo yang lengkap, kami harap artikel kali ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Kami berharap artikel wisata alam Sumatra Selatan ini dibagikan biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

  • Nur Hidayah
  • Wisata Alam di Sumatra Selatan

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Smart Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Membuka Usaha Les Privat
Membuka Usaha Les Privat dengan Modal Minim
Usaha Studio Foto Khusus
Usaha Studio Foto Khusus untuk Anak
Menjaga Loyalitas Pelanggan
Punya Usaha Bengkel Motor? Coba Cara ini Untuk Menjaga Loyalitas Pelanggan

Digital Asset

Akun Medsos Konten

Financial Asset

Obligasi Reksadana Saham

Investasi Lain

Valuta Asing

Real Asset

Barang Antik Emas Properti
Teknik SEO
Teknik SEO yang Terbukti Ampuh untuk Website
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Membuat Website Khusus Masjid
Membuat Website Khusus Masjid Gratis
Mengaci Dinding Rumah Sendiri
Mudah! 5 Langkah Mengaci Dinding Rumah Sendiri dengan Semen Mortar
Cara Memplester Dinding Rumah
Cara Memplester Dinding Rumah dengan Mudah
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat Tokoh

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Religi Seni Budaya Wisata Alam Wisata Sejarah
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda