Transaksi dalam Saham yang Investor Perlu Tahu

Pada kesempatan ini kami akan jelaskan berkaitan dengan Transaksi dalam Saham yang Investor Perlu Tahu. Saat kita berinvestasi saham maka akan menemui istilah yang namanya transaksi saham. Transaksi ini ada bermacam-macam jenisnya dan ini harus kita ketahui. Hal ini agar kita bisa survive dan sukses dalam investasi saham.

Transaksi dalam Saham

Transaksi dalam Saham yang Perlu Diketahui

Beberapa transaksi yang terjadi saat berinvestasi saham di antaranya :

Pembelian saham

Saham dapat diperoleh dengan dibeli tuani atau ditukar dengan aktiva. Apabila saham dibeli secara tunai, maka harga pokoknya adalah jumlah seluruh uang yang dibayarkan untuk memperoleh saham tersebut termasuk biaya komisi dan materai.

Jumlah harga pokok tersebut dengan mendebit rekening investasi dalam saham. Apabila saham diperoleh dengan penukaran aktiva maka harga pokok akan dicatat sebesar harga pasar aktiva atau sebesar harga pasar saham tersebut.

Penyesuian akhir tahun

Setiap periode, apabila nilai wajar saham yang dimiliki oleh investor berbeda dengan harga perolehannya, maka perbedaannya akan dicatat dalam rekening laba atau rugi belum direalisasi.

Laba atau Rugi yang dilaporkan oleh perusahaan investee

Laba yang dilaporkan perusahaan investee akan menambah saldo rekening investasi saham yang besarnya sebanding (proporsional) dengan presentase pemilikan saham. Sebaliknya jika investee menderita kerugian, maka investor akan mencatatnya dengan mengkredit rekening investasi saham yang besarnya juga sebanding dengan presentase pemilikan saham.

Pemecahan saham (stock split-up)

Perusahaan dapat memperbanyak sahamnya yang beredar dengan cara mengurangi nilai nominal sahamnya. Hal ini dilakukan dengan memecahkan setiap satu lembar saham menjadi dua lembar dengan menurunkan harga pokok saham tersebut setengah dari harga saham sebelumnya.

Pemecahan nilai nominal per lembar yang dilakukan oleh emiten. Tujuannya adalah Harga lebih terjangkau dan jumlah lembar saham lebih banyak. Total harga perolehan tidak berubah tetapi HPo per lembar menjadi lebih kecil dan saham lama ditarik untuk diganti dgn nilai nominal baru.

Hak beli saham

Hak beli saham ialah hak yang diberikan kepada para pemegang saham untuk membeli saham baru dari perusahaan dengan tertentu dalam batas waktu tertentu. Setiap lembar saham yang beredar akan menerima satu lembar hak beli saham, apabila seseorang memiliki 100 lembar saham, maka ia akan menerima 100 lembar hak beli saham.

Hak istimewa diterima investor dalam membeli saham baru dengan harga di bawah harga pasar. Satu lembar saham = satu lembar HBS. HBS yang diterima mempunyai harga pasar / nilai ekonomis.

Jumlah saham yang dapat dibeli dengan menggunakan hak beli saham tidak selalu sama dengan jumlah hak beli saham, tetapi tergantung pada ketentuan-ketentuan yang ada. Misalnya dikeluarkan hak beli saham yang setiap lembarnya dapat digunakan untuk membeli ¼ lembar saham baru, ini berarti bahwa satu lembar saham baru dapat dibeli dengan menggunakan empat lembar hak beli saham.

Penjualan atau pelunasan kembali saham

Pada waktu penjualan saham atau pelunasan kembali, investor mencatat transaksi tersebut dengan mendebit kas dan mengkredit penanaman modal dalam saham. Sedangkan selisih uang yang diterima, kalau rugi dicatat dengan mendebit rekening rugi penjualan atau pelunasan kembali saham dan kalau selisihnya laba akan mengkredit rekening rekening laba penjualan atau pelunasan saham.

Return Saham

Penentuan besarnya rate of return (return saham) dan nilai saham biasa (common stock) lebih sulit dibandingkan dengan obligasi karena (Bambang Riyanto, 2008):

  1. Forecasting pendapatan, devidend dan harga saham di waktu yang akan datang adalah sukar
  2. Tidak seperti halnya dengan bunga obligasi, pendapatan dan deviden saham biasa diharapkan meningkat setiap tahunnya dan tidak tetap konstan.

Rate of return dari suatu saham merupakan penghasilan yang berasal dari devidend ditambah capital gain. Return yang diharapkan : (deviden + harga t – harga t-1)/harga t-1

Demikian info seputar Transaksi dalam Saham yang Investor Perlu Tahu, kami harap postingan ini bermanfaat buat kalian. Kami berharap post ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Dunia Investasi Saham

Leave a Reply

Marketplace Penghasilan Online Rekening Online SEO Traffic Generation Website
Tips Memilih Hosting Berkualitas
Tips Memilih Hosting Berkualitas dan Terbaik untuk Website
Domain dan Hosting
Seluk Beluk Domain dan Hosting yang Perlu Anda Ketahui
Peta Internet Marketing
Peta Internet Marketing secara Garis Besar

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Jenis Bahan Kain Tekstil dalam Industri Fashion
Program Kejar Paket A Setara SD
Jenjang Pendidikan Dasar di Indonesia Saat Ini
Harga Cash dan Kredit Berbeda, Bolehkah?

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan