Tradisi Motong Kebo Andilan Orang Betawi saat Lebaran

Ternak Website

Di postingan ini kami akan ulas perihal tradisi motong kebo andilan orang betawi saat lebaran. Memotong kebo andilan merupakan tradisi lama bagi masyarakat Betawi saat menyambut Lebaran. Kebo andilan merupakan kerbau hasil andil bersama dengan patungan untuk membelinya, kemudian dipotong lalu dibagikan. Zaman dahulu, akan dirasa kurang lengkap apabila belum melaksanakan motong kebo andilan dalam menyambut hari raya Idut Fitri.

Tradisi Motong Kebo Andilan

Tradisi Motong Kebo Andilan

Tradisi Lebaran di setiap daerah di Indonesia memiliki karakter dan keunikan sendiri, salah satunya yaitu Motong Kebo atau Kerbau Andilan yang merupakan tradisi menyambut Lebaran bagi warga Betawi. Andilan, yang berarti menabung, merupakan simbol kerukunan masyarakat Betawi. Tradisi ini juga menunjukkan masyarakat Betawi yang awalnya masyarakat agraris dan berkomunitas erat.

Dalam tradisi ini, sekelompok warga Betawi, biasanya terdiri dari 40 keluarga, mengumpulkan iuran untuk membeli, penggembala, dan penyembelih kerbau. Uang andilan didapat dari iuran bulanan atau mingguan yang dilakukan saat pengajian atau pertemuan. Kerbau andilan biasanya dibeli setidaknya 3-6 bulan sebelum Lebaran.

Sebelum disembelih, kerbau ini dipelihara oleh tukang piara agar sehat dan gemuk. Kerbau akan dirawat, seperti digembalakan dan dimandikan. Dua hari menjelang Lebaran, kerbau biasanya disembelih. Tukang piara dan tukang potong memperoleh bagian yang ditentukan, misalnya mendapatkan kulit dan kepala kerbau.

Makna Tradisi Potong Kebo Andilan

Bagi masyarakat Betawi, ada dua makna yang dapat disampaikan melalui tradisi motong kebo andilan. Pertama, bersyukur kepada Allah. Kedua, menumbuhkan rasa gotong royong dan rasa kebersamaan di antara manusia. Tradisi ini telah diwariskan oleh nenek moyang warga Betawi selama ratusan tahun.

Komunitas SB1M

Kerbau yang sudah gemuk setelah disembelih, akan dimasak untuk keperluan perayaan Lebaran, antara lain diolah menjadi semur dan pindang kerbau. Cara memasaknya pun berbeda dengan warga saat ini. Tua muda turut membantu, mulai dari proses pemotongan hingga memasak. Untuk bapak-bapak tugasnya membersihkan daging, sedangkan ibu-ibu memasak daging kerbau. Sementara itu, yang muda menyiapkan kayu bakar.

Semur daging kerbau khas Betawi selalu menjadi hidangan istimewa dengan bahan utama pada bagian daging kerbau. Untuk bagian lain seperti tulang, jeroan dan lain-lain diolah menjadi berbagai macam variasi masakan seperti sop, gulai dan sebagainya.

Daging kerbau mempunyai tekstur yang agak kasar dibanding daging sapi, tapi rasanya sangat khas dan lezat. Daging kerbau bila dilihat dari tekstur dan warnanya, sepintas sangat mirip dengan daging sapi, perbedaannya terdapat pada pada warna daging kerbau yang terlihat lebih merah dari daging sapi serta memiliki serat yang lebih tebal.

Gambaran dari Tradisi Potong Kebo Andilan

Proses dalam tradisi Andilan ini menggambarkan akan masyarakat Betawi yang komunal dengan keluargaan yang sangat kuat. Keharmonisan tersebut terlihat mulai dari patungan untuk membeli kerbau, merawat bersama kurang lebih selama tiga bulan, kemudian dipotong ramai-ramai dan dimakan. Menelisik lebih dalam dari pemotongan hingga menjadi menu masakan, setiap manusia memiliki peran dan saling membutuhkan.

Tradisi Andilan sudah berangsur surut sejak terjadi penggusuran sehingga sudah tidak ada tempat lagi untuk menggembala kerbau. Penggusuran besar-besaran di tahun 70 sampai 80-an, menjadikan kebun dan sawah semakin menghilang, kehidupan masyarakat Betawi bergeser menjadi pedagang, buruh, dan sedikit di antaranya menjadi pegawai. Pesatnya urbanisasi dan pembangunan Jakarta membuat masyarakat Betawi menjual tanah dan sawah.

Kondisi ini menjadi menurunnya nilai tradisi warisan nenek moyang pada masyarakat Betawi saat ini. Hanya masyarakat Betawi pinggiran yang masih memegang teguh tradisi ini, seperti di daerah Tangerang, Bekasi, Depok, dan beberapa daerah lain yang mayoritas penduduknya orang Betawi. Meski saat ini hewan kerbau mulai sulit ditemui di Jakarta, mereka mengganti kerbau dengan seekor sapi dengan makna dan tujuannya sama.

Sekian informasi perihal tradisi motong kebo andilan orang betawi saat lebaran, kami harap post kali ini membantu Anda. Tolong post ini disebarluaskan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Refeensi: Wisata Kebudayaan di Jakarta

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...
web hosting berkualitas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kecantikan Kesehatan Kota SB1M SB1M Synergy Worldwide Training SB1M
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide

Digital Marketing

Domain Hosting Jasa Online Workshop / Seminar

Penghasilan Online

Investasi Online Jualan Online Rekening Online Situs Klik Survey Online

Promosi Online

e-Mail Marketing Mobile Marketing Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
Investasi Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Kerajinan Bunga Rotan
Kerajinan Bunga Rotan asli Cirebon
Bisnis Boneka dari Pelepah Pisang
Bisnis Boneka dari Pelepah Pisang
Pola Membangun Tim Reseller yang Gila Closing
Pola Membangun Tim Reseller yang Gila Closing
theme wordpress responsive
Theme WordPress Responsive Pilihan Terbaik Anda
privat fb ads
Privat FB Ads untuk Meningkatkan Omset Bisnis
Workshop dan Privat Beternak Website
Workshop dan Privat Beternak Website
Jasa Pembuatan Artikel LBO
Jasa Pembuatan Artikel LBO SEO Friendly

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Lain

Iptek Planet Fauna Tokoh Dunia Islam Tokoh Hebat Tokoh Lainnya

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
Cara Memproteksi Keuangan Akibat Resiko
Cara Memproteksi Keuangan Akibat Risiko yang Tidak bisa Dihindarkan
Membersihkan Aneka Macam Noda
Membersihkan Aneka Macam Noda secara Praktis
alasan tidak mempersiapkan dana masa depan
Alasan Tidak Mempersiapkan Dana Masa Depan
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Monumen Gubernur Suryo
Monumen Gubernur Suryo Mengabadikan Ketegasan Sang Pemimpin
Menikmati Zaman Prasejarah di Kampung Primitif
Menikmati Zaman Prasejarah di Kampung Primitif Banyuwangi
Wisata Menawan di Banyuwangi
Wisata Menawan di Banyuwangi untuk Para Pelancong