Tokoh Ilmuwan Hebat India Zaman Dahulu

India tidak hanya terkenal dengan perfilman dan tariannya serta Taj Mahalnya. Ada yang menarik dari India yaitu tokoh-tokoh ilmuannya yang hebat pada masanya. Memang tokoh ilmuwan hebat India ini jarang kita dengar. Tapi dari karya-karyanya yang luar biasa kami beri apresiasi dengan menginformasikan di artikel ini.

Tokoh Ilmuwan Hebat India

Tokoh Ilmuwan Hebat India

Berikut beberapa tokoh ilmuwan hebat dari India yaitu

a. Susruta (Tabib)

Tokoh ilmuwan hebat India yang pertama adalah Susruta. Lahir di India sekitar 380 dan Meninggal sekitar 450. Susruta adalah tabib bedah di India kuno. Dia tinggal di istana penguasa Gupta di ibu kotanya, Pataliputra (Patna pada zaman modern).

Menurut legenda, Susruta menambal hidung seorang laki-laki dengan menyusupkan dua buah pipa ke dalamnya. Dan juga menutupinya dengan daging dari pipi laki-laki itu!

Dia juga mengoperasi telinga, bibir, dan mata serta melahirkan bayi lewat operasi (bedah Caesar). Diyakini bahwa dia memberikan arak kepada pasiennya untuk membuat dia mati rasa terhadap rasa sakit. Susruta mencatat metode pembedahannya dalam buku berjudul Susrutasamhita. Dalam karya ini, dia juga mencatat berbagai jenis peralatan untuk membedah.

b. Brahmagupta (Matematika)

Tokoh ilmuwan hebat India yang kedua adalah Brahmagupta. Lahir di Madhya Pradesh, India sekitar 325 SM dan Meninggal di (mungkin) Bhillamala (Bhinmal pada zaman modem), Rajasthan, India.

Setelah menulis karya keduanya, Khandakhadyaka (“A Piece Eatable”) sekitar 265 SM. Pada tahun 628 SM dia mendefinisikan nol dalm Brahma-sphuta-siddhanta (“The Opening of the Universe”).

Dia adalah ahli matematika India yang hebat yang diyakini menemukan angka nol dan fungsinya. Dia menjelaskan bahwa penambahan atau pengurangan nol dengan bilangan berapa pun memberikan bilangan yang sama (misalnya, 1 + 0 = 1; 1 – 0 = 1). Dia juga menyatakan bahwa mengalikan suatu bilangan dengan nol akan menghasilkan nol (1 x 0 = 0).

Namun, dia salah dalam mengatakan bahwa membagi nol dengan nol adalah nol. Brahmagupta juga membuat banyak penemuan matematika yang lain dan mengusulkan hukum gravitasi bahkan sebelum Newton membuktikannya.

c. Chandrasekhara Venkata Raman (Fisika)

Tokoh ilmuwan hebat India yang ketiga adalah Chandrasekhara Venkata Raman. Lahir di Tiruchinapalli, Tamil Nadu, India pada tanggal 7 November 1888 dan Meninggal di Bangalore pada tanggal 21 November 1970. Pada tahun 1924, dia diangkat menjadi anggota Royal Society dan pada tahun 1929 dianugerahi gelar bangsawan.

Dia terkenal karena karyanya mengenai penyebaran cahaya. Karya ini dimulai ketika dia pertama kali belajar mengenai pengaruh Compton dari sinar-X (menghasilkan peningkatan panjang gelombang). Raman menjadi yakin bahwa pengaruh ini dapat juga terjadi pada cahaya yang kasat mata.

Setelah beberapa percobaan, dia menemukan bahwa kalau melewati medium transparan, beberapa cahaya yang tersebar mempunyai panjang gelombang berbeda. Secara populer disebut pengaruh Raman, penemuan ini membuat dia dianugerahi Hadiah Nobel dalam bidang Fisika pada tahun 1930.

d. Srinivasa Ramanujan (Matematika)

Tokoh ilmuwan hebat India yang keempat adalah Srinivasa Ramanujan. Lahir di Erode, Tamil Nadu, India pada tanggal 22 Desember 1887 dan Meninggal di Kumbakonam, Tamil Nandu pada tanggal 26 April 1920 karena tuberkolosis.

Pada tahun 1914 dia pergi ke London. Kemudian tahun 1918 dia diangkat menjadi anggota Royal Society of London. Dan kembali lagi ke India pada tahun 1919 karena masalah kesehatan.

Seorang genius matematika, Ramanujan membuat sumbangan ilmiah penting pada teori dan pembagian bilangan. Pada umumnya belajar sendiri; Ramanujan tidak pernah kuliah. Dikatakan bahwa dia menguasai trigonometri pada usia 12 tahun dan bahkan menemukan dalilnya sendiri yang rumit!

Dia mengirimkan daftar dalilnya ke ahli matematika terkenal Godfrey Hardy, yang mengundangnya ke Inggris. Ramanujan adalah orang India pertama, dan juga orang Asia pertama, yang diangkat menjadi Anggota Royal Society.

e. Jagdish Chandra Bose (Fisika dan Fisiologi)

Tokoh ilmuwan hebat India yang kelima adalah Jagdish Chandra Bose. Lahir di Mymensingh (sekarang di Bangladesh), Bengal, India pada tanggal 30 November 1858 dan Meninggal di Giridih, Bihar pada tanggal 23 November 1937. Kemudian pada tahun 1920, dia menjadi anggota Royal Society London.

Dia adalah ahli fisika dan fisiologi tanaman dari India yang membuktikan bahwa tanaman mempunyai kehidupan. Mencelupkan tanaman sampai batangnya dalam racun, dia mengamati bercak di layar yang menunjukkan getaran dari tanaman.

Berangsur-angsur, gerakan bolak-balik dari bercak itu menjadi getaran dan tiba-tiba berhenti. Ini menunjukkan bahwa tanaman itu telah mati.

Bose lebih lanjut menjelaskan bahwa tanaman, seperti binatang, bereaksi terhadap rangsangan, tetapi memerlukan waktu lebih lama untuk melakukannya. Dia juga menemukan instrumen yang disebut crescograph untuk mengukur pertumbuhan tanaman.

Baca juga : Atlit Hebat Bisbol di Dunia

Sekian informasi terkait dengan tokoh ilmuwan hebat India zaman dahulu, semoga post ini bermanfaat buat teman-teman semua. Mohon post tokoh ilmuwan hebat ini dishare biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Tokoh Ilmuwan Hebat

Leave a Reply

Marketplace Penghasilan Online Rekening Online SEO Traffic Generation Website
Tips Memilih Hosting Berkualitas
Tips Memilih Hosting Berkualitas dan Terbaik untuk Website
Domain dan Hosting
Seluk Beluk Domain dan Hosting yang Perlu Anda Ketahui
Peta Internet Marketing
Peta Internet Marketing secara Garis Besar

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Nabi yang Diutus di Palestina
Nabi yang Diutus di Palestina Negeri Para Anbiya
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Jenis Bahan Kain Tekstil dalam Industri Fashion
Program Kejar Paket A Setara SD
Jenjang Pendidikan Dasar di Indonesia Saat Ini
Harga Cash dan Kredit Berbeda, Bolehkah?

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan