Tips Sukses untuk Anda yang Ingin Memulai Bisnis Franchise

Mencari ide bisnis dengan keuntungan yang menjanjikan? Coba bisnis franchise. Simak tips sukses berbisnis waralaba untuk Anda yang baru saja ingin memulainya.

Bisnis Franchise

Tips Sukses untuk Anda yang Ingin Memulai Bisnis Franchise

Bisnis franchise atau yang juga dikenal dengan waralaba belakangan sedang naik daun, terutama yang bergerak di bidang kuliner. Namun, Anda perlu tahu bahwa dibutuhkan banyak hal untuk bisa berhasil sebagai pengusaha bisnis waralaba.

Pasalnya, Anda harus cermat dan teliti ketika memutuskan untuk menggeluti bisnis ini. Salah dalam perhitungan dan langkah akan membuat Anda masuk ke dalam kerugian dengan jumlah yang tidak sedikit.

Jadi, jangan pernah terlena dengan hasil akhirnya. Memang, keuntungan dari berbisnis waralaba terbilang cukup menjanjikan.

Meski begitu, proses yang harus Anda lalui juga panjang, dan dibutuhkan keuletan juga pantang menyerah untuk bisa mencapai kesuksesan kala menjalani prosesnya.

Mereka yang telah sukses pun pasti pernah mengalami pasang surut, kerugian, dan berbagai masalah lainnya. Nah, berikut tips sukses untuk Anda yang ingin memulai bisnis franchise / waralaba.

1. Pilih Jenis Waralaba yang Tepat

Pertama, Anda harus menentukan jenis waralaba yang akan dipilih. Pasalnya, beda jenisnya, beda pula modal yang harus Anda siapkan. Seperti misalnya, Anda memilih untuk menggeluti waralaba minimarket.

Setidaknya, Anda membutuhkan modal hingga ratusan juta rupiah untuk bisa membelinya. Tidak hanya lahan, Anda juga perlu membeli etalase, segala peralatan kasir, juga produk yang akan dijual.

Berbeda jika Anda memilih atau memilih bisnis franchise kuliner kecil, seperti ayam goreng tepung krispi. Untuk mebuka bisnis ini, Anda membutuhkan modal antara Rp30 hingga Rp50 juta.

Ingat, pastikan Anda menyukai waralaba ini, karena jika tidak, sudah bisa dibayangkan berapa kerugian yang akan Anda tanggung. Jadi, pikirkan dengan cermat sebelum memutuskan pilihan.

2. Ikuti Sistem yang Sudah Ditentukan

Bisnis waralaba sering kali mengubah sistem yang sudah ada jika terlihat progres yang menjanjikan, seperti menambah atau memodifikasi produk yang sudah ada, meningkatkan kualitas pelayanan, hingga jam operasional.

Tentu saja, ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan minat konsumen, sehingga akan lebih banyak pelanggan yang pastinya berujung pada angka keuntungan yang menjanjikan.

Selalu usahakan Anda mengikuti dan tidak melanggar sistem yang sudah ditentukan oleh pemilik utama bisnis waralaba ini. Hindari membuat perubahan sendiri, terutama di hari-hari awal Anda berbisnis, karena bisa mengancam kepemilikan waralaba yang telah dibeli.

Mengikuti sistem yang telah disepakati artinya Anda turut melestarikan brand sekaligus melindungi investasi milik Anda sendiri pada bisnis ini.

3. Manajemen dan Strategi yang Baik

Bagian menarik dari bisnis franchise adalah dukungan dari pemilik waralaba. Meski begitu, keberhasilan atau kegagalan dalam proses operasionalnya adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda sebagai pembeli waralaba.

Pemilik akan memberikan latihan terkait sistem yang berlaku, sekaligus membekali Anda dengan berbagai sarana untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Namun, selalu ingat bahwa Andalah yang akan mengoperasikan bisnis ini nantinya. Anda bisa menghubungi pemilik waralaba dan bertanya apabila menemui kendala atau masalah dalam keseharian.

Tetapi keputusan akhir tetap berada di tangan Anda sebagai pelaku bisnis. Jadi, pastikan Anda memiliki manajemen dan strategi bisnis yang baik.

4. Buat Rencana Bisnis

Apapun bisnis yang Anda lakukan, pastikan buat rencana bisnisnya sebagai tolok ukur target yang akan dicapai, tak terkecuali bisnis waralaba. Bagi pemula, membuat rencana bisnis mungkin menjadi suatu kendala, karena kerumitan poin yang harus dicantumkan.

Meski begitu, sebenarnya tidak perlu dibuat demikian. Cukup tetapkan beberapa target sederhana dan lakukan proyeksi keuangan untuk tahun berikutnya. Jika ragu, tanyakan pada pemilik waralaba atau rekan sesama pembeli bisnis ini untuk mendapatkan solusi terbaik.

5. Rekrut Karyawan

Jika Anda tidak bisa menjual atau tidak ahli dalam melakukannya, tidak ada salahnya untuk mempekerjakan seseorang yang bisa melakukannya. Beberapa pebisnis mungkin tidak suka aktivitas jual beli, tetapi proses ini tidak akan pernah bisa dihindari.

Jadi, jika Anda tidak nyaman melakukannya, carilah seseorang yang bisa menggantikan tugas itu untuk Anda. Mintalah saran pada rekan yang memiliki staf penjualan. Pastikan Anda mencari seseorang yang ahli, bukan yang Anda senangi.

Semua bisnis akan berujung pada kesuksesan jika dilakukan dengan cara yang benar, gigih, dan konsisten, termasuk pula bisnis franchise.

Selalu ingat bahwa tidak ada bisnis yang bisa menuai keuntungan dalam waktu singkat, karena setiap hal selalu ada prosesnya. Pun, tidak ada bisnis yang mudah, karena semua selalu diikuti dengan risikonya. Selamat mencoba!

Baca juga : Customer Experience Management Salah Satu Cara Bangun Relasi

Sekian informasi terkait dengan Tips Sukses untuk Anda yang Ingin Memulai Bisnis Franchise, kami harap artikel kali ini bermanfaat untuk Anda. Mohon postingan ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Leave a Reply

Marketplace Penghasilan Online Rekening Online SEO Traffic Generation Website
Tips Memilih Hosting Berkualitas
Tips Memilih Hosting Berkualitas dan Terbaik untuk Website
Domain dan Hosting
Seluk Beluk Domain dan Hosting yang Perlu Anda Ketahui
Peta Internet Marketing
Peta Internet Marketing secara Garis Besar

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Jenis Bahan Kain Tekstil dalam Industri Fashion
Program Kejar Paket A Setara SD
Jenjang Pendidikan Dasar di Indonesia Saat Ini
Harga Cash dan Kredit Berbeda, Bolehkah?

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan