Tips Persiapan Ramadan Agar Ibadah Lebih Optimal

Mau mengoptimalkan bulan Ramadan? Bila iya, Anda perlu persiapan sebelum datangnya atau saat bulan Ramadan. Simak artikel tips persiapan Ramadan agar ibadah lebih optimal dan mengasyikan ini hingga selesai.

Tips Persiapan Ramadan

Tips Persiapan Ramadan

Tak terasa bulan Ramadan sudah di depan mata. Tentunya kita semua ingin dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya di bulan yang mulia ini. Memperbanyak ibadah dan amal salih baik untuk diri sendiri maupun bersama keluarga.

Bagaimana caranya supaya kita bisa optimal dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan? Tentunya akan lebih baik bila ada persiapan sebelum bulan Ramadan tiba. Lalu, apa saja sih yang sebaiknya kita persiapkan menjelang bulan yang mulia ini? Yuk, simak beberapa tips berikut :

Persiapan Ruhiyah

Ruhiyah juga perlu kita persiapkan dalam menyambut bulan suci ramadan. Berikut beberapa tips persiapan ramadan dari segi ruhiyah :

1. Mengulang Kajian seputar Ramadan

Dengan belajar lagi, kita dapat me-refresh lagi segala hal yang berkaitan dengan bulan mulia ini. Tak hanya itu, kita dapat menguatkan motivasi dan semangat kita untuk beribadah dan mengoptimalkan aktivitas di bulan ini, ketika mengetahui :

  • keutamaan bulan Ramadan, serta
  • bagaimana Rasulullah ﷺ dan para sahabatnya menjalani bulan Ramadhan.

Caranya bisa dengan :

  • mendengarkan kajian,
  • membaca buku,
  • dan sebagainya.
2. Meng-Qadha Puasa yang Kita Tinggalkan

Ada kalanya kita tak dapat berpuasa sebulan penuh pada bulan Ramadan tahun lalu. Bisa jadi tidak full puasa karena berbagai alasan, seperti :

  • sakit,
  • haid / nifas,
  • dan sebagainya.

Jika masih ada hutang puasa yang belum kita ganti, sebaiknya kita segera menuntaskannya sebelum bulan Ramadan seianjutnya tiba.

3. Membuat Target Aktivitas di bulan Ramadan

Ingin bisa khatam Al-qur’an atau rutin bersedekah? Boleh banget. Tapi lebih baik lagi bila kita membuat target yang spesifik beserta perencanaannya. Misal :

Khatam Al-Qur’an

  • Target : khatam Al-qur’an 30 juz di bulan Ramadan.
  • Perencanaan : tilawah satu juz sehari.
  • Kapan : dua halaman sebelum dan dua halaman setelah shalat wajib lima waktu => total 20 halaman sehari.

Bersedekah

  • Target : sedekah Rp 10.000 per hari.
  • Perencanaan : siapkan celengan / kencleng untuk memasukkan sedekah di rumah.
  • Kapan : tiap pagi / subuh (kita buat reminder di HP / tracker sebagai pengingat).

Di hari terakhir bulan Ramadhan, transfer keseluruhan uang dalam celengan ke lembaga infaq.

4. Bergabung dengan Komunitas

Saat melakukan ibadah sendirian, terkadang kita mengalami pasang surutnya semangat dalam menjalankannya. Dengan bergabung di komunitas, kita bisa saling menyemangati dan mengingatkan antar anggota satu dengan yang lain. Sehingga kita akan lebih konsisten dalam beribadah dan mudah mencapai target.

Contoh :

  • Bergabung dengan komunitas yang ber-azzam mengkhatamkan Al-qur’an di bulan Ramadan
  • Membuat support system untuk menghafal Al-qur’an.
5. Melakukan Pemanasan di Bulan Sya’ban

Kita tentunya perlu pemanasan jika mau ikut lomba lari. Hal ini supaya tubuh kita sudah terbiasa. Begitu juga dengan beribadah. Tak ada salahnya kita mulai melakukan pemanasan di bulan Rajab dan Sya’ban dengan menambah porsi ibadah sedikit demi sedikit. Harapannya kita dapat beribadah dengan lancar di bulan Ramadan.

Persiapan Dapur

Memasak dan beragam aktivitas dapur sehari-hari seringkali menyita waktu para ibu. Padahal kita ingin menghabiskan waktu lebih banyak untuk beribadah daripada berlama-lama di dapur.

Supaya lebih hemat waktu, kita bisa mencoba beberapa tips persiapan Ramadan berikut :

1. Merencanakan Menu

Masak apa ya hari ini? Ini salah satu yang ada dipikiran emak setiap hari. Walaupun sebenarnya sederhana, jika tidak segera kita selesaikan, pertanyaan ini bisa menghantui kita sepanjang hari. Aihasil, fokus terganggu dan kita tidak bisa optimal dalam beraktivitas.

Salah satu solusinya adalah dengan merencanakan menu. Dengan adanya menu, kita hanya perlu meluangkan waktu satu kali dalam sepekan atau per 10 hari untuk merancang menu bagi keluarga.

Jika sudah terbiasa dengan menu pekanan atau siklus menu 10 hari, bisa juga kita kembangkan menjadi menu tiga puluh hari. Sehingga selama bulan Ramadan kita tidak pusing lagi memikirkan menu setiap hari.

Tidak hanya itu, dengan menyusun menu maka bikin persiapan memasak lebih cepat. Karena sudah tahu bahan makanan apa saja yang kita perlukan dan apa yang harus kita keluarkan dan freezer sebelumnya.

2. Food Preparation

Food preparation (FP) adalah metode untuk memproses bahan makanan dan bahan mentah menjadi siap masak. Ada berbagai cara melakukan food preparation, misalnya seperti :

  • menyiapkan bumbu dasar, misalnya bumbu dasar putih dan merah;
  • mengungkep bahan lauk, contohnya ayam / daging;
  • memotong sayur-mayur;
  • menyetok kaldu;
  • dan lainnya.

Food preparation bisa membantu kita dalam menghemat waktu di dapur. Karena waktu tiba saat memasak, kita tak perlu lagi mengupas, dan memotong bahan mentah. Bumbu tinggal kita sendok dan bahan makanan bisa langsung kita masak di kompor / oven.

3. Menyetok Frozen Food Kesukaan Anak-Anak

Terkadang anak-anak kurang berselera makan dengan menu orang dewasa. Untuk momen seperti ini, kita bisa memakai frozen food yang sudah kita simpan sebelumnya. Misalnya: nugget, berbagai macam baso, dll.

Persiapan Dekorasi Rumah

Berikut tips persiapan ramadan terkait dekorasi rumah untuk menyambut bulan suci Ramadan :

1. Countdown to Ramadan

Countdown ini bisa jadi dekorasi menarik di rumah kita. Tidak hanya itu, dengan adanya countdown, secara tak langsung kita lebih aware bila Ramadan sudah dekat dan mulai bersiap-siap.

Anak-anak pun bisa kita libatkan dalam pembuatan atau update countdown setiap harinya. Ini juga dapat kita jadikan sebagai momen untuk berdiskusi seputar bulan Ramadan bersama mereka.

2. Dekorasi Ramadan Ceria Bersama Anak-Anak

Kita dapat menghias rumah supaya semakin semarak dalam menyambut bulan suci Ramadan. Contohnya :

  • poster hadits atau do’a yang berhubungan dengan Ramadan;
  • hiasan dinding misalnya bulan, bintang, lentera, dll;
  • memasang banner;
  • dan lainnya.

3. Ramadan Sticker Chart untuk Anak-Anak

Supaya anak-anak lebih bersemangat dalam beribadah, tidak ada salahnya kita membuat (atau menge-print) Ramadan sticker chart untuk mereka. Bagi yang masih belajar berpuasa, tentu mereka akan senang bisa dapat sticker setelah jerih payah menahan lapar dan haus seharian.

Persiapan Kegiatan bersama Keluarga

Sudah tahu mau ngapain aja di bulan Ramadan bersama keluarga? Berikut ini tips persiapan ramadan terkait berbagai kegiatan yang bisa kita lakukan bersama anggora keluarga. Baik untuk yang anaknya masih kecil maupun yang sudah beranjak remaja / dewasa.

1. Bermain Bersama Anak

Tahu nggak, ternyata para sahabat dahulu juga mengajak anak-anak bermain untuk menghibur mereka selama berpuasa. Jadi kita bisa juga memanfaatkan waktu selama berpuasa untuk bermain dengan anak-anak. Contohnya :

  • bermain board games bersama-sama, misalnya permainan monopoli, ular tangga, dll;
  • mengerjakan printable yang berkaitan dengan Ramadan;
  • dan lain-lain.
2. Menyiapkan Takjil Bersama Anak

Untuk mengurangi kerepotan ibu di dapur, kita bisa mengajak anak anak menyiapkan takjil bersama-sama, seperti :

  • memotong buah,
  • menyiapkan kurma,
  • minuman,
  • dan lain-lain.
3. Shalat Tarawih Berjamaah

Salat tarawih sudah tentu menjadi rutinitas keluarga kita di bulan Ramadan. Kita bisa mengajak anak untuk shalat tarawih berjamaah di masjid / musholah.

Namun bila keadaan tidak memungkinkan (misalnya pandemi) kita bisa mengerjakan shalat tarawih berjamaah di rumah. Kita dapat menjadikan momen ini sebagai ikatan (bonding) bersama anggota keluarga. Jika ada anak laki-laki yang sudah besar, maka imamnya pun bisa bergantian antara sang ayah dan anak-anak.

4. Mengajarkan Anak Berbagi di Bulan Ramadan

Salah satu amalan yang banyak Rasulullah ﷺ lakukan di bulan Ramadan adalah bersedekah / berbagi. Jadi kita bisa mengajari anak-anak bersedekah dengan cara :

  • mengajak anak mengantar makanan untuk berbuka ke tetangga;
  • menyiapkan celengan khusus sedekah di rumah;
  • dan lain-lain.
5. Tadarus Al-Qur’an Bersama Keluarga

Bulan Ramadan adalah bulannya Al-qur’an. Selain bertilawah sendiri, kita juga bisa bertadarus Al-qur’an bersama semua anggota keluarga.

Kita bisa meluangkan waktu bersama (waktu bisa kita diskusikan dahulu sesuai kesepakatan) untuk bergiliran membaca Al-qur’an. Jika tidak bisa kita lakukan setiap hari (misal karena kesibukan anak-anak sekolah), maka aktivitas ini bisa kita lakukan di akhir pekan.

6. Mengadakan Halaqah Islamiah di Rumah

Kita bisa mengadakan halaqah secara rutin (misal setiap akhir pekan) dan mengisinya dengan diskusi ayat Al-qur’an atau hadist. Sang ayah bisa jadi pemateri dan anggota keluarga yang lain mendengarkan. Terlebih bila anak-anak sudah beranjak remaja (teenager), hal ini bisa jadi sarana memperdalam pengetahuan Islam keluarga.

7. Membuat Kartu Hari Raya

Salah satu aktivitas bersama keluarga adalah membuat kartu ucapan Selamat Han Raya yang bisa kita kirimkan untuk keluarga atau teman teman, baik itu satu negara atau negara lain.

8. Berdoa Bersama Sebelum Berbuka

Salah satu waktu mustajab untuk berdoa adalah ketika berpuasa. Daripada berdoa sendirian, kita dapat mengajak anak-anak untuk berdoa bersama. Selain mengajarkan keutamaan berdoa sebelum berbuka, momen ini bisa jadi kesempatan untuk mengajarkan berbagai macam variasi do’a.

Baca juga : Fadilah Puasa dari Segi Medis

Demikianlah beberapa tips persiapan Ramadan agar ibadah lebih optimal dan mengasyikan. Semoga kita semua bisa memanfaatkan momen bulan Ramadan ini untuk beramal solih sebaik-baiknya. Aamiin.

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan