Tips Menjadi Guru Les Private yang Baik

Apakah Anda mau menjadi guru les private yang baik dan murid senangi? Bila iya, Anda bisa simak artikel tips bermanfaat ini hingga akhir agar lebih memahami isinya. Lets go simak.

Menjadi Guru Les Private

Tips menjadi guru les private yang baik

Menjadi seorang guru memang pekerjaan yang sangat mulia. Tetapi menjadi seorang guru juga gampang-gampang susah. Apalagi yang mendapat murid anak hyperaktif khususnya bagi yang menjadi guru les privat.

Tetapi intinya menjadi seorang guru itu jangan dibikin gampang juga jangan dibikin susah. Hadapi aja dengan senyuman. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk menjadi guru les private yang baik.

1. Kenali latar belakang murid les Anda

Sebelum menerima job mengajar, tentu kita harus tahu lebih dahulu latar belakang dari calon murid seperti apa, bersekolah dimana, kelas berapa, tinggal dimana, bagaimana kondisi lingkungan masyarakat, sekolah dan yang tepenting keluarganya.

Pertimbangkan lagi untuk mengambil keputusan menerima job menjadi guru les private. Apalagi jika ada salah satu dari hal tersebut yang kurang cocok dengan Anda.

2. Mintalah kompensasi yang pas

Tarif guru les zaman sekarang sepertinya telah naik seiring naiknya harga BBM. Dengan demikian, patoklah tarif yang sesuai untuk lebih memotivasi teman-teman dalam mengajar. Jangan sampai teman-teman menjadi malas untuk mengajar karena tidak senang dengan kompensasi yang diberikan tiap bulan atau tiap pembayarannya.

3. Berbincang

Apa jadinya kalau saat kita mengajar hanya mengerjakan soal saja? Saat sebelum atau setelah mengajar, ada baiknya kita berbincang-bincang dahulu pada si anak apa yang dia lakukan hari ini, apakah ada hal yang special atau hal yang menarik yang telah si anak lakukan? Bahas hal tersebut dan berikan komentar Anda.

4. Sabar tetapi tegas

Seringkali si anak mencari hal-hal lain yang dapat mengganggu konsentrasi Anda dalam mengajar, contohnya membalas SMS, memegang HP, jalan-jalan tidak jelas, sering ke WC dll. Untuk itu, sabarlah terhadap si anak. Sebagai manusia apalagi anak-anak, pastinya akan ada rasa bosan ketika melakukan suatu rutinitas.

Bolehlah si anak melakukan hal tersebut, tetapi dengan batasan-batasan dari Anda. Misalnya jika anak tersebut ingin pergi ke kamar mandi, bilang padanya: cepat! 1 menit saja.

5. Buat sedikit humor

Terus menerus menjelaskan pelajaran akan membuat panas otak si anak, buatlah sedikit humor yang dapat membuat si anak tertawa untuk melepaskan kerutan di dahinya. Humor juga berfungsi agar suasana belajar mengajar tidak kaku. Dalam hal ini, humor juga dapat meningkatkan rasa akrab antara Anda dengan si anak.

6. Akrab dengan keluarga si anak

Selain akrab dengan si anak, lebih baiknya Anda juga harus akrab dengan keluarganya. Ajaklah orang tuanya atau saudaranya ngobrol sesekali jika Anda punya waktu luang, atau komunikasikan tentang perkembangan si anak dalam belajar.

Berikan respon yang positif apabila berbicara kepada mereka. Misalnya, jika Anda melihat ibu si anak sedang ingin pergi ke pesta, maka pujilah penampilan dia atau apalah yang penting Anda mendapatkan respon yang positif dari ibu si anak atau keluarganya.

Anda sedang mencari guru les privat mata pelajaran? Saya siap menjadi guru / tutor les privat. Karena saat ini, saya buka jasa les privat mata pelajaran. Silakan hubungi kami untuk lebih lanjutnya atau klik link.

Demikian informasi mengenai tips menjadi guru les private yang baik, semoga artikel kali ini membantu Anda. Mohon postingan kiat dan tips ini kalian sebarluaskan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

sumber : Tribun

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan