Tips Mengelola Waktu dalam Bekerja

Pembahasan kita sekarang adalah tips mengelola waktu dalam bekerja. Apakah Anda termasuk orang yang jenuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari? Anda merasa diburu oleh waktu, sehingga Anda merasa hidup Anda tidak lain hanya bekerja dan bekerja?

Tips Mengelola Waktu dalam Bekerja

Tips Mengelola Waktu dalam Bekerja

Itu adalah perasaan yang umumnya menempel pada diri orang bekerja. Sebenarnya bukan waktu yang memburu Anda. Melainkan diri Anda yang tidak bisa kelola waktu itu sendiri dengan baik. Bagaimana agar kita dapat bekerja dengan nyaman dan selalu semangat?

Berikut tujuh tips mengelola dan memanaj waktu dalam bekerja.

1. Rencanakan apa yang akan Anda lakukan hari ini

Tips mengelola waktu dalam bekerja yang pertama yaitu perencanaan. Sebelum Anda berangkat bekerja, sebaiknya rencanakan dulu apa yang akan dilakukan setelah sampai kantor. Anda dapat menuliskannya pada buku agenda untuk mempermudah Anda mengingatnya.

Siapkan semua keperluan yang berhubungan dengan pekerjaan Anda. Buat schedule dan target yang jelas dari pekerjaan Anda. Pastikan apa yang akan Anda lakukan itu dapat selesai pada hari itu juga.

2. Lakukan skala prioritas terhadap apa yang Anda kerjakan

Tips mengelola waktu dalam bekerja yang kedua yaitu skala prioritas. Dari sederetan rencana pekerjaan yang Anda buat, lakukan terlebih dahulu pekerjaan yang menjadi skala prioritas.

Lakukan pekerjaan yang menuntut untuk disegerakan baik dari segi waktu, efisiensi dan efektivitasnya. Hal ini dimaksudkan agar Anda terhindar dari tuntutan deadline suatu pekerjaan dan menghindari tumpang tindih atau menumpuknya pekerjaan.

3. Hindari pembicaraan yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan

Tips mengelola waktu dalam bekerja yang ketiga yaitu hindari obrolan yang tidak terkait pekerjaan. Terkadang obrolan santai di kantor membuat Anda terpancing untuk ikut dalam obrolan tersebut yang berdampak pada tertundanya pekerjaan Anda.

Oleh karena itu, untuk dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai waktu yang Anda rencanakan, maka sebaiknya hindari pembicaraan yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan Anda. Pembicaraan tersebut termasuk obrolan, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui handphone dan gadget seperti WA dan FB.

4. Lakukan refeksi terhadap apa yang sudah kita kerjakan

Tips mengelola waktu dalam bekerja yang keempat yaitu refeksi. Refeksi sangat dibutuhkan dalam bekerja, setidaknya untuk mengukur kemampuan diri dan performance yang Anda miliki, sekaligus mengukur kualitas pekerjaaan Anda.

Refeksi juga bertujuan agar kita mengetahui progress atau kemajuan dari apa yang telah kita lakukan pada hari ini. Buat catatan kecil pada buku agenda tentang kekurangan atas pekerjaan yang kita lakukan hari ini, serta target yang sudah kita capai pada hari ini.

5. Gunakan waktu luang, jangan tunda pekerjaan sampai besok

Tips mengelola waktu dalam bekerja yang kelima yaitu manfaatkan waktu luang. Jika Anda masih mempunyai waktu luang di kantor, tidak ada salahnya untuk mengintip pekerjaan apa yang bisa Anda lakukan.

Terkadang kebanyakan orang agak malas untuk mengerjakan pekerjaan yang memang belum waktunya untuk diselesaikan. Tapi, apakah Anda pernah berpikir kalau Anda sudah terikat kontrak di kantor selama 8 jam? Artinya dalam waktu itu bisa saja atasan atau pimpinan Anda memberikan tugas lain yang sifatnya mendadak.

Kalau itu terjadi pada Anda, sementara tugas Anda untuk besok ada yang belum Anda selesaikan, maka apa yang akan Anda lakukan? Tentu Anda akan berusaha sekuat tenaga dan pikiran untuk dapat menyelesaikannya.

Lalu bagaimana dengan hasil pekerjaan Anda? Sudah dapat dipastikan pekerjaan yang dilakukan dengan terburu-buru akan memberikan hasil yang kurang optimal.

Oleh karena itu, manfaatlan waktu luang Anda dengan mencoba mencicil pekerjaan untuk esok hari. Gunakan waktu luang Anda hari ini, karena Anda tidak akan pernah tahu pekerjaan atau tugas apa yang akan Anda terima esok hari.

6. Lakukan pekerjaan dengan ikhlas

Tips mengelola waktu dalam bekerja yang keenam yaitu iklas dalam bekerja. Ikhlas dalam bekerja adalah salah satu motivasi yang harus dibangun dalam diri seseorang. Jika Anda ingin lebih ringan dalam menjalani pekerjaan, maka lakukan pekerjaan itu untuk diri Anda sendiri dan semata-mata karena Allah ta’ala. Buat komitmen dengan pekerjaan yang Anda lakukan.

Jika pekerjaan dilakukan atas dasar pujian dan sanjungan dari atasan atau pimpinan, maka boleh jadi Anda bekerja jika ada pimpinan dan Anda tidak akan bekerja jika tidak ada pimpinan. Bekerja yang didasari dengan keihklasan tentu akan lebih memberikan manfaat dalam hidup Anda.

7. Kurangi mendengar pendapat teman yang destruktif dalam bekerja

Tips mengelola waktu dalam bekerja yang pertama yaitu kurangi mendengar pendapat destruktif. Dalam bekerja tentu tidak semua pekerjaan dapat Anda selesaikan seorang diri, Anda perlu yang namanya teman.

Namun yang perlu Anda ingat, teman tidak selamanya mendukung apa yang Anda kerjakan. Mereka bisa saja menjadi penghambat kemajuan pekerjaan dan karir Anda. Oleh karena itu, dalam melakukan dan menyelesaikan pekerjaan, Anda harus istikamah dan konsekuen.

Apa pun komentar teman tentang pekerjaan Anda, jangan Anda jadikan sesuatu yang dapat mematikan ide dan kreativitas Anda. Semakin tinggi kompetensi dan semangat kerja yang Anda miliki, tentu semakin banyak orang mulai iri bahkan mencari-mencari kesalahan Anda.

Baca juga : Freelancer Wajib Bayar Pajak Penghasilan

Sekian informasi seputar Tips Mengelola Waktu dalam Bekerja, kami harap artikel ini membantu kalian. Tolong artikel tips dan trik ini dishare biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Smart Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Membuka Bisnis Parsel
Membuka Bisnis Parsel atau Hantaran
Kiat Menjadi Pebisnis
Kiat Menjadi Pebisnis Baru dari Nol
Membuat Analisis Pasar Bisnis
Membuat Analisis Pasar Bisnis dalam Business Plan

Gaya Hidup

Fashion Herbal Kecantikan Kesehatan

Investasi

Investasi Financial Asset Investasi Lain Investasi Real Asset

IPTEK

Enslikopedia Gadget Otofun Teknologi

Keuangan

Asuransi Cerdas Keuangan Dana Masa Depan Smart Finansial
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Wisata Alam Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda
Jasa Percetakan Online
Jasa Percetakan Online Usaha yang Menang Banyak Peluang
Jasa Sadap Sosial Media
Jasa Hack Sadap Whatsapp Facebook Instagram Terpercaya 100%
Info Pajak Kendaraan Bermotor
Info Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Lengkap
Jasa Komentar Sosial Media
Jasa Komentar Media Sosial dari MediaKomen
Dunia Digital Penghasilan Online Promosi Online Rekening Online
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Membuat Website Khusus Masjid
Membuat Website Khusus Masjid Gratis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Lainnya
Cara Memplester Dinding Rumah
Cara Memplester Dinding Rumah dengan Mudah
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan