Tips Memilih Hosting Berkualitas dan Terbaik untuk Website

Anda masih bingung memilih hosting berkualitas untuk website? Tenang Anda tidak perlu bingung lagi, karena ada artikel ini. Di artikel ini kami akan membahas tips bagaimana memilih hosting seperti apa yang tepat untuk website. Jadi simak hingga akhir artikel ini.

Tips Memilih Hosting Berkualitas

Server Hosting

Setelah Anda sukses menyewa nama domain untuk website Anda, maka hal kedua yang mutlak harus dimiliki adalah web hosting. Hal ini agar website Anda dapat diakses secara online.

Hosting adalah tempat Anda menaruh situs atau website Anda baik website pribadi, bisnis maupun toko online. Wujud sesungguhnya website Anda adalah kumpulan dari file. Jadi Anda sewa tempat untuk menaruh berbagai file website di server tersebut.

Memliki web hosting yang baik sangat penting untuk bisnsi Anda. Hosting itu ibarat sewa ruko di dalam bisnis online. Hosting yang Anda sewa juga harus yang berkualitas. Bayangkan apabila hosting yang Anda gunakan sering down, dan calon customer tidak dapat mengunjungi website Anda, berapa kerugian yang akan Anda terima?

Web server ini terkoneksi dengan jaringan internet. Sehingga semua orang di seluruh penjuru dunia bisa mengakses dan melihat-lihat website Anda. Dan web server ini mirip dengan komputer hanya saja lebih bertenaga.

Jenis hosting

Ada beberapa jenis hosting yaitu :

  1. Shared hosting : satu web hosting dipakai ramai-ramai, sumber daya seperti kapasitas memori dan cpu saling berbagi, seperti rumah susun atau naik bus kota.
  2. VPS (Virtual Private Server) : web hosting ini masih berbagi, tetapi jumlah usernya jauh lebih sedikit, seperti kondominium atau naik taksi.
  3. Dedicated hosting : Satu web hosting dipakai sendiri, seperti rumah atau sewa mobil sendiri.
  4. Cloud Hosting : jenis web hosting dimana pengguna hanya membayar jumlah sumber daya yang terpakai.
  5. Reseller Hosting : jenis web hosting yang ditujukan untuk seseorang yang ingin berjualan hosting.

Setiap jenis dari hosting tersebut biasanya memiliki beberapa plan produk. Jumlah plan dari tiap-tiap tipe server tergantung dari masing-masing perusahaan. Panel kontrol (Control Panel) yaitu pengelolaan hosting dilakukan melalui panel kontrol.

cPanel dan sPanel adalah nama panel kontrol paling umum yang digunakan. Tetapi disarankan pilihlah cPanel, karena secara pengalaman pengguna lebih nyaman.

Tips dalam Memilih Hosting Berkualitas

Ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan saat ingin menyewa hosting yang berkualitas. Berikut 8 tips di antaranya yaitu :

1. Lokasi server web hosting

Bilamana situs Anda memiliki target market yang spesifik ke Indonesia, disarankan memilih web hosting di Indonesia atau Singapura. Bila target market Anda adalah luar negeri, maka Anda bisa memilih web hosting di luar negeri juga, misalnya USA.

2. Pelayanan dan Technikal Support

Cari pelayanan yang standby 24/7, waktu respon 2 – 10 menit. Ada masalah siang, malam, atau pagi, pihak penyedia hosting selalu ada yang siap membantu. Sebagian besar orang dari sales hingga CS-nya ramah dan berpengetahuan.

Berbagai kejadian dapat terjadi kapan saja. Mulai dari masalah yang sepele hingga masalah yang besar. Akan lebih nyaman bila Anda dapat memperoleh pelayanan yang cepat kapan saja. Perlu Anda catat, ada hosting yang hanya sekedar mencantumkan layanan 24/7 namun tak memenuhi janjinya.

3. Kualitas Server Hosting

Apakah servernya memiliki berbagai caching teknologi dan mendukung berbagai fitur untuk optimasi kecepatan? Carilah  server yang kuat dan cepat. Selain kuat dan cepat server juga harus mendukung browser caching dan keep alive. Server juga menggunakan cloudlinux dan Google Page Speed Module.

4. Kapasitas Hosting

Cari kapasitas ruang (space capacity) yang disesuaikan dengan website yang ingin Anda bangun. Kapasitas ruang misalnya, 200MB, 500MB, bahkan hingga hitungan GB atau yang unlimited seperti penyedia hosting Dewa Hoster.

Selain space capacity perhatikan juga kapasitas data transfer (bandwith). Besarnya data yang ditransfer oleh web hosting untuk setiap bulannya, misalnya 1GB, 5GB, 10GB, dll.

5. Harga yang terjangkau

Cari web hosting atau web developer yang menawarkan harga relatif terjangkau dengan dana yang tersedia. Karena ini menyangkut kelangsungan hidup website kita ke depannya.

6. Fasilitas Hosting

Fasilitas lain dari hosting yang penting seperti

  • Mail, FTP, PHP, MySQL, CPanel dan Softaculous.
  • Domain gratis seumur hidup.
  • SSL Gratis. Untuk paket E-commerce / toko online) di shared hosting Anda akan dapat SSL. Dengan demikian transaksi yang menyangkut berbagai data sensitif tak orang curi.
  • dll.
7. Garansi

Garansi uang kembali (money back guarante) merupakan fasilitas terbaik yang bisa perusahaan penyedia layanan hosting berikan. Artinya, penyedia layanan hosting sini menjamin kepuasan Anda sebagai pelanggan mereka.

Hampir setiap penyedia layanan hosting memiliki kebijakan ini. Hanya saja, syarat dan ketentuan yang pihak penyedia hosting tetapkan bisa berbeda-beda. Hendaknya memilih layanan hosting dengan syarat dan ketentuan yang tak menyesatkan Anda.

Jika keterangan yang penyedia layanan hosting berikan masih kurang jelas, Anda perlu menanyakannya melalui tim support-nya. Bila Anda tak juga dapat kejelasan, mungkin akan lebih baik apabila Anda beralih ke layanan hosting lain. Apalagi bila adanya fasilitas ini malah cenderung mengarah ke penipuan.

8. Baca rekomendasi dari blogger besar

Anda bisa baca rekomendasi dari blogger besar terkait hosting. Walaupun biasanya mereka berafiliasi dengan hosting yang mereka rekomendasikan. Dengan kata lain mereka akan dapat komisi bila Anda memakai hosting yang mereka rekomendasi.

Namun itu bukan masalah selama mereka sendiri memakainya dan blogger itu termasuk kredibel dalam ucapannya. Karena bila mereka merekomendasikan produk jelek, maka kepercayaan pembaca kepadanya juga akan turun.

Sudah Tahu Tips Memilih Hosting Berkualitas?

Anda bisa menerapkan cara di atas saat akan memilih layanan hosting. Tapi selain tips di atas, kami juga merekomendasi penyedia layanan hosting agar Anda tidak bingung lagi saat akan membuat.

Berikut beberapa web hosting / web developer yang menyediakan penyewaan hosting yaitu :

  • Dewa Web
  • Niaga Hoster
  • Nusantara Host
  • Jet Orbit
  • ZieHost

Bila belum bisa membuat web sendiri, Anda bisa menyerahkan ke kami. Layanan jasa pembuatan website murah kami siap menghandlenya.

Sekian info tentang tips memilih hosting berkualitas dan terbaik untuk website, kami harap postingan kali ini bermanfaat untuk Anda. Kami berharap post ini disebarluaskan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan