Soleh Agus

Tiga Prioritas Pengeluaran Keuangan Pribadi dan Keluarga

Pembahasan kita kali ini ialah Tiga Prioritas Pengeluaran Keuangan Pribadi dan Keluarga. Masih ingatkah Anda dengan berapa pos pengeluaran yang biasa Anda lakukan setiap bulan? Bisa mencapai 20 – 25 pos, bukan? Apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Tiga Prioritas Pengeluaran Keuangan Pribadi dan Keluarga

Masalah tersebut dapat di atasi dengan membagi pos-pos pengeluaran keuangan Anda. Pos pengeluaran ini dapat dibagi menjadi tiga kelompok (sesuai dengan prioritas yang diutamakan) yaitu :

a. Cicilan Hutang

Prioritas pengeluaran keuangan yang pertama adalah cicilan hutang. Cicilan hutang adalah semua pos pembayaran hutang yang biasa Anda lakukan setiap bulan, seperti pembayaran cicilan rumah, cicilan kendaraan, cicilan kartu kredit, dan seterusnya.

Kenapa cicilan hutang menjadi prioritas utama:

b. Premi Asuransi

Prioritas pengeluaran keuangan yang kedua adalah premi asuransi. Premi asuransi adalah semua pengeluaran yang Anda lakukan untuk membayar pengeluaran-pengeluaran asuransi Anda, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, atau asuransi kerugian, misalnya asuransi rumah dan asuransi kendaraan.

Kenapa premi asuransi menjadi prioritas kedua karena kalau Anda telat membayar Premi Asuransi, proteksi yang Anda miliki dari program asuransi bisa hilang. Banyak nasabah yang tidak dibayarkan klaim asuransinya gara-gara preminya terlambat dibayar.

Padahal, hanya terlambat beberapa hari. Jadi, setelah menggunakan gaji untuk membayar cicilan hutang, gunakanlah untuk membayar Premi Asuransi.

c. Biaya Hidup

Prioritas pengeluaran keuangan yang ketiga adalah biaya hidup. Biaya hidup adalah semua pos pengeluaran yang biasa Anda lakukan agar keluarga Anda bisa tetap hidup. Contohnya :

Dijadikan prioritas ketiga bukan berarti biaya hidup tidak penting, tapi karena Anda ingin mendahulukan kelompok-kelompok pengeluaran lain yang memang “berbahaya” kalau telat bayar. Biaya hidup memang penting, tapi ingat bahwa pos biaya hidup itu banyak sekali.

Kebanyakan pos dalam kelompok biaya hidup tidak akan bermasalah kalau pembayarannya Anda geser selama 3 – 4 hari lebih lambat dari biasanya. Belanja bulanan, misalnya. Tidak apa-apa kan kalau Anda menggeser pembayarannya lebih lambat tiga, empat, lima hari? Makanya jangan melakukan Belanja Bulanan saat semua kebutuhan kita habis.

Baca juga : Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Sekian info mengenai Tiga Prioritas Pengeluaran Keuangan Pribadi dan Keluarga, kami harap artikel kali ini bermanfaat buat Anda. Kami berharap artikel ini dibagikan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi : Siapa Bilang Jadi Karyawan Nggak Bisa Kaya

Exit mobile version