Tembok paling Bersejarah di Dunia yang Patut Anda Ketahui

Tahukah Anda bila ada beberapa tembok paling bersejarah di dunia! Mau tahu apartemen apa saja itu? Simak artikel tentang wisata bangunan unik dan sejarah di dunia ini hingga selesai.

Tembok paling Bersejarah

Tembok Paling Bersejarah di Dunia

Pengertian tembok adalah suatu struktur padat yang membatasi serta melindungi suatu area tertentu. Di dunia selain bangunan, ada juga beberapa tembok yang memiliki sejarah tersendiri. Bahkan ada beberapa tembok yang paling bersejarah sampai mendunia.

Tembok-tembok peninggalan sejarah tersebut banyak kita temukan di berbagai negara. Bahkan di antara tembok-tembok itu dibuat lebih dari ribuan tahun yang mengungkap potongan sejarah umat manusia.

Berikut beberapa tembok atau dinding paling bersejarah yang ada di dunia yaitu :

1. Medinet Habu (Mesir)

Tembok yang kita kenal sebagai Medinet Habu ini adalah tembok terakhir dari Kuil Persemayaman Ramsses III yang masih berdiri. Pembangunan tembok paling bersejarah ini pada abad ke-12 SM. Tinggi tembok ini mencapai 18 m serta penuh dengan hiasan dan relief sejarah seluas 6.968 m2.

2. Tembok Memorial Veteran Vietnam (Washington, Amerika)

Tembok paling bersejarah ini memang bukan tembok tertua, tetapi setidaknya tembok ini selalu banyak orang kunjungi. Pembangunan tembok ini selesai pada tahun 1982. Dan tertoreh lebih dari 58 ribu tentara Amerika yang gugur atau hilang selama perang Vietnam (1959 – 1975).

3. Tembok Hadrian (Inggris)

Pembangunan tembok paling bersejarah ini terjadi di abad ke-2. Karena kaisar Romawi pada saat itu, Hadrian, sudah bosan berperang. Tembok yang membentang dari Laut Utara sampai ke Laut Irlandia sebagai batas kekaisaran Romawi.

4. Tembok Besar (Cina)

Pembangunan tembok ini mulai tahun 221 SM dan terus berkembang sampai 17 abad. Tembok yang baru orang temukan patahannya ini sepanjang 6.437 km. Sebagian besar tembok paling bersejarah ini pernah atlet balap sepeda gunakan selama Olimpiade Musim Panas (2008).

5. Tembok Barat (Yerusalem)

Tembok yang orang kenal juga dengan nama Tembok Ratapan ini memiliki berbagai sejarah unik. Di mana tembok yang kita kenal sebagai al-Buraq ini adalah tempat Nabi Muhammad saw. memelihara kuda-kudanya. Sementara umat Yahudi menganggap tembok ini adalah tembok untuk meratapi kehancuran sinagoge Yahudi.

6. Tembok Berlin (Jerman)

Tembok ini berdiri kokoh di kota Berlin selama 68 tahun (1921 – 1989) sebagai kenangan akan kejadian mengerikan selama Perang Dingin. Dan tembok ini seakan bentuk nyata dari Tirai Besi. Lalu, tembok ini dihancurkan sebagai tindakan nyata dari berakhirnya Perang Dingin.

7. Monster Hijau (Boston)

Para pecinta olahraga tidak akan melupakan tembok setinggi 11 m yang disebut Green Monster di Fenway Park, Boston. Tembok yang pernah hancur pada tahun 1934 M karena terbakar ini kembali dibangun dan terus diperbarui. Tembok ini sekarang dibangun dengan lapisan plastik keras dan dihias papan angka model kuno sebagai kenangan atas masa lalu.

8. Tembok Santa Maria delle Grazie (Itali)

Mungkin kita tidak pernah mendengar namanya. Akan tetapi, kita pasti tahu lukisan “Perjamuan Terakhir” karya Leonardo Da Vinci. Lukisan dinding (mural) karya Leonardo itu dibuat di tembok ini.

Penyelesaian lukisan “Perjamuan Terakhir” itu pada 1498 M. Walaupun sebagian besar tembok biara ini hancur pada 1943 M, tembok berlukiskan “Perjamuan Terakhir” sama sekali tidak tersentuh!

9. Tembok Kremlin (Moskwa)

Tembok dari bata merah ini sudah berdiri selama 700 tahun. Panjang tembok yang mengelilingi Lapangan Merah ini 2,25 km. Ada empat gerbang dari zaman abad pertengahan yang masih berdiri kokoh dengan 20 menara, di sepanjang tembok ini.

Di dalam tembok ini terdapat mausoleum tempat bersemayam jenazah para pemimpin tertinggi Rusia seperti Stalin dan Brezhnev.

10. Tembok Tzompantli (Meksiko)

Di reruntuhan Chichen Itza kita akan menemukan tembok Tzompantli atau Tembok Tengkorak. Sejarah tembok ini memang menyeramkan. Di zaman suku Maya berkuasa, tengkorak korban ritual mereka letakkan di dalam tembok ini. Tembok ini sendiri berhiaskan dengan relief-relief tengkorak dan berbagai gambar mengenai ritual pada masa itu.

Baca juga : Kuil Yunani Paling Terkenal di Dunia

Demikian informasi perihal tembok paling bersejarah di dunia yang patut Anda ketahui, kami harap artikel ini bermanfaat buat Anda. Tolong artikel fakta bangunan paling dan objek wisata sejarah ini kalian share agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi : Super Wisata

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan