Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?

Tahukah Anda apa itu Search Engine Optimization atau SEO? Mungkin bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia pemasaran digital (digital marketing) pasti sudah tahu. Namun bagi Anda yang belum tahu, simak artikel ini hingga selesai agar tahu apa itu SEO.

Search Engine Optimization

SEO

Bila Anda pernah melakukan pencarian website di mesin pencari, Anda akan melihat daftar website yang relevan dengan pencarian Anda. Mesin pencari (search engine) mengurutkan hasil pencarian tersebut bukan secara acak. Namun search engine mengurutkan halis pencarian berdasarkan tingkat relevansi dan kualitas website.

Ada banyak faktor yang digunakan oleh search engine untuk menentukan kedua faktor tersebut. Inilah yang melatarbelakangi SEO atau Search Engine Optimization. Oh iya bagi yang belum tahu, mesin pencari itu seperti :

  • Google
  • Yahoo!
  • Bing
  • Baidu
  • dll

SEO merupakan upaya-upaya dalam mengoptimasi website supaya mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian search engine. Search engine memakai algoritma tertentu untuk mengurutkan website berdasarkan peringkat (ranking).

Dengan menerapkan SEO, artinya kita menyesuaikan website supaya lebih bersahabat dengan algoritma search engine tersebut. Lalu mengapa SEO penting untuk website?

Saat ini, hampir semua orang mencari informasi secara online lewat search engine seperti Google. Dari data yang dipublikasikan oleh Google, website yang menempati peringkat pertama hingga ketiga memperoleh total klik kumulatif sebesar lebih dari 50%. Bahkan peringkat pertama sendiri memperoleh lebih dari 20%.

Hal ini menunjukkan akan pentingnya SEO untuk website Anda. Dengan bantuan optimasi SEO website Anda dapat memperoleh ribuan sampai puluhan ribu pengunjung per hari.

Dan baiknya lagi, pengunjung dari search engine adalah orang-orang yang haus akan informasi dan mau membeli produk. Jika Anda punya suatu bisnis online, pengunjung dari search engine akan punya tingkat konversi (conversion rate) terbesar.

SEO adalah bagian dariĀ  inbound marketing. Di mana inbound marketing merupakan teknik marketing modern di era digital. Selain itu, inbound marketing merupakan metode marketing yang memakan biaya terkecil dibandingkan teknik pemasaran tradisional.

Konsep dasar SEO

Search engine seperti Google adalah sebuah produk. Mereka mau agar orang lain puas memakai layanan mereka.

Pengguna mau agar website terbaik yang relevan dengan pencarian muncul di halaman pertama. Karena itulah search engine selalu mau menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna.

Jadi inti dari SEO yaitu jadikan website Anda yang terbaik untuk kata kunci yang Anda mau. Lalu jadi yang terbaik itu dari dalam segi apa saja?

  1. Konten yang disajikan,
  2. Struktur dan navigasi,
  3. Kepuasan pengguna (User Experience / UX), dan
  4. Popularitas.

Bisakah website saya sukses tanpa SEO?

Jawabannya : bisa! Dengan memperhatikan konsep dasar SEO di atas, Anda sebetulnya tak perlu pusing memikirkan SEO. Tak jarang orang yang punya website populer tanpa mengerti SEO.

Hal tersebut karena search engine saat ini sudah pintar dalam mengasumsikan struktur halaman dan kualitas website. SEO sekarang dalam prakteknya lebih dominan sebagai upaya marketing daripada teknikal.

Tapi, ada kemungkinan website masih memerlukan sedikit upaya lagi dari Anda agar bisa berhasil. Selain itu dengan mengetahui teknik SEO Anda jadi mengerti bagaimana membuat website yang sukses.

Optimasi Search Engine Optimization Sendiri

Apakah SEO bisa saya lakukan sendiri? Ada banyak orang atau perusahaan yang menawarkan jasa SEO salah satunya kami. Namun sesungguhnya SEO juga dapat Anda lakukan sendiri tanpa memakai jasa.

Dengan banyaknya panduan teknik optimasi SEO yang tersedia secara gratis di internet, Anda bisa belajar otodidak dan mengaplikasikannya sendiri. Jadi Anda bisa menghemat uang jutaan rupiah dengan melakukan optimasi SEO sendiri.

Untuk website yang strukturnya sederhana, Anda kemungkinan besar tak perlu memakai jasa SEO. Anda cukup mengandalkan panduan teknik optimasi SEO yang ada dan tersebar di internet.

Namun bila website Anda punya struktur yang rumit, ada kemungkinan Anda membutuhkan jasa SEO. Jasa SEO tersebut untuk menyederhanakan struktur yang rumit supaya ramah terhadap search engine. Website yang strukturnya rumit seperti toko online, web-app, dll.

Apa saja yang harus saya pelajari?

Ada beberapa komponen utama dalam SEO. Berbagai komponen inilah yang akan menentukan seberapa baik website Anda secara SEO. Komponen ini jugalah yang menentukan urutan rangking di hasil pencarian search engine.

Secara singkat, berikut beberapa hal yang perlu Anda pelajari untuk menguasai SEO.

  • Mengoptimasi halaman website
  • Riset kata kunci (Keyword research)
  • Menganalisa kompetisi
  • Membuat konten yang teroptimasi
  • Membangun popularitas, link, dan reputasi
  • Melakukan audit terhadap performa SEO

Demikian informasi mengenaiĀ Search Engine Optimization atau SEO itu apa, kami harap post ini membantu Anda. Mohon postingan ilmu internet marketing ini dibagikan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Smart Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Membuka Usaha Les Privat
Membuka Usaha Les Privat dengan Modal Minim
Usaha Studio Foto Khusus
Usaha Studio Foto Khusus untuk Anak
Menjaga Loyalitas Pelanggan
Punya Usaha Bengkel Motor? Coba Cara ini Untuk Menjaga Loyalitas Pelanggan

Digital Asset

Akun Medsos Konten Website

Financial Asset

Obligasi Reksadana Saham

Investasi Lain

Investasi Online Kecantikan Kesehatan Pendidikan Valuta Asing

Real Asset

Barang Antik Emas Properti
Teknik SEO
Teknik SEO yang Terbukti Ampuh untuk Website
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Membuat Website Khusus Masjid
Membuat Website Khusus Masjid Gratis
Mengaci Dinding Rumah Sendiri
Mudah! 5 Langkah Mengaci Dinding Rumah Sendiri dengan Semen Mortar
Cara Memplester Dinding Rumah
Cara Memplester Dinding Rumah dengan Mudah
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat Tokoh

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Religi Seni Budaya Wisata Alam Wisata Sejarah
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda