Sate Blengong Ikon Kuliner di Brebes

Di postingan ini kami akan jelaskan tentang Sate Blengong Ikon Kuliner di Brebes. Daging blengong memiliki tekstur mirip dengan bebek yang berserat, tapi lebih lunak dan lembut saat dikunyah. Memakan daging blengong memberi sensasi baru dari segi tekstur rasa. Cita rasa yang khas pada sate blengong tercipta dari langkah olahan yang cukup istimewa.

Sate Blengong Ikon Kuliner di Brebes

Sate Blengong Ikon Kuliner di Brebes

Sebelum dibakar, daging blengong direbus terlebih dahulu agar lebih empuk dan bumbunya meresap. Daging blengong dimasak di dalam kuah bersantan dengan berbagai macam bumbu rempah, hampir serupa dengan kuah rica atau gulai pedas yang bisa dijumpai dalam lontong sayur padang. Setelah melalui proses perebusan, daging blengong yang telah dipotong-potong lantas ditusuk dengan lidi berukuran panjang.

Penyajian Sate Blengong cukup berbeda dengan sate-sate pada kebanyakan. Tusuk Sate Blengong berasal dari batang bambu yang ukurannya lebih besar dan panjang atau batang lidi yang panjang serta dengan potongan daging cukup besar dan banyak dalam satu tusuk.

Perpaduan sate blengong dan kupat glabet dengan kuah yang tidak begitu kental, memberikan sensasi unik kala mencobanya. Kuah sate Blengong berasal dari santan dan beberapa bumbu dapur mirip seperti kuah opor. Ketika mencicipi daging blengong, rasanya lebih enak daripada daging ayam maupun daging bebek. Potongan serat daging yang cukup tebal serta bau amis tidak tampak sebab proses memasaknya dengan sempurna.

Nikmatnya sate blengong kuliner khas Brebes, Jawa Tengah, tidak pernah usang oleh waktu. Bagi warga Brebes yang hidup merantau, kerinduan akan olahan khas kota kelahiran akan menyeruk tatkala pulang ke kampung halaman. Sate blengong selalu menjadi buruan kala pulang kampung, sehingga ketika daerah lain memiliki tradisi ketupat opor, di Brebes memberikan sajian berbeda. Ketupat plus sate ini memang pantas dirindukan sebagai pelengkap ketika bercengkerama.

Saat ini jumlah pedagang kupat blengong sudah mulai marak berdiri di setiap sudut kota Brebes. Salah satu yang cukup strategis dan mudah ditemukan adalah yang berlokasi di alun-alun, dekat dengan masjid Jami’ Kauman. Sejumlah penjual sate blengong membuka lapaknya setelah pukul 15.00 WIB hingga tengah malam. Tidak sulit mencari kuliner sate ini di Brebes, baik saat musim lebaran maupun di hari-hari biasa.

Unggas Blengong

Brebes merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Sebagian besar kegiatan perekonomian di Brebes didominasi oleh perdagangan dan pertanian, selain nelayan dan petani tambak (ikan bandeng, udang dan budidaya rumput laut) dan peternak bebek.

Blengong atau dikenal masyarakat sekitar dengan sebuah tiktok, adalah ternak unggas hasil persilangan antara bebek jantan dengan menthok (enthog) betina. Enthog memiliki sifat mengeram dengan ukuran lebih besar daripada bebek. Blengong merupakan salah satu unggas endemik yang hanya bisa ditemui di Brebes dan juga Tegal. Sejak puluhan tahun silam, daging Blengong telah diolah menjadi berbagai ragam kuliner.

Bentuk atau postur tubuh tiktok lebih besar, sehingga menghasilkan daging yang lebih besar dan memiliki nilai lebih dengan waktu pertumbuhan tubuh yang lebih cepat, sehingga akan sangat efektif untuk dijadikan suatu bisnis yang menggiurkan.

Sekian informasi perihal Sate blengong Ikon Kuliner di Brebes, semoga post ini bermanfaat untuk kalian. Tolong postingan wisata kuliner Brebes Jawa Tengah ini diviralkan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Kecantikan Kelas SB1M Kesehatan SB1M Synergy Worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide

Dunia Digital

Domain Hosting Jasa Online Website Workshop / Seminar

Penghasilan Online

Investasi Online Jualan Online Rekening Online Situs Klik Survey Online

Promosi Online

Marketing Online Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Agrobisnis
Mengenal Agrobisnis dan Jenis Peluang Usahanya
Bisnis Katering Makanan
Bisnis Katering Makanan untuk Mahasiswa dan Karyawan
Punya Bisnis Laundry
Punya Bisnis Laundry Sendiri dengan Prospek Cerah
Saudagar Properti
Saudagar Properti Punya Solusi Hunian dan Investasi Menguntungkan
Produk MSI
Produk MSI yang Sudah Terbukti Khasiatnya
Theme WordPress Responsive
Theme WordPress Responsive Pilihan Terbaik Anda
privat fb ads
Privat FB Ads untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Lain

Dunia Fauna IPTEK Tokoh Dunia Islam Tokoh Hebat Tokoh Lainnya

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
Tips Membeli Pakaian Bayi dan Anak
Tips Membeli Pakaian Bayi dan Anak sesuai Kebutuhan
Cara Mengusir Tikus dan Celurut dari Rumah
Tips untuk Kolektor Sepak Bola
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Ide Liburan Staycation
Ide Liburan Staycation yang Unik dan Menarik
Kawah Gunung Ijen
Pesona dan Fenomena Kawah Gunung Ijen Jawa Timur
Perkembangan Kesenian Besutan
Perkembangan Kesenian Besutan dari Jombang Jawa Timur