Soleh Agus

Pluto Planet Tak Berkawah Tapi Bergunung Api

Kali ini kami akan bahas tentang pluto planet tak berkawah tapi bergunung api. Pada 18 Februari 1930 astronom Clyde W Tombaugh menemukan benda langit yang kemudian disebut Pluto. Tapi baru 9 November 2015 para pakar tahu bahwa Pluto yang semula kondang disebut planet itu menyuguhkan banyak pengetahuan.

Pluto Planet Tak Berkawah Tapi Bergunung Api

Pada 14 Juli 2015 Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) meluncurkan pesawat ruang angkasa berbahan bakar nuklir, New Horizon. Pesawat dengan kecepatan melebihi semua pesawat tuang angkasa yang ada karena mampu meluncur lebih dari 49,5 ribu km per jam.

Kini para ilmuwan telah menemukan sesuatu yang diduga sebagai pegunungan berapi yang memuntahkan es ke permukaan Pluto, sehingga menimbulkan pertanyaan tentang geologi Pluto yang begitu aktif.

Penemuan ini dipublikasikan dalam pertemuan American Astronomical Society di National Harbor Maryland AS. Penemuan ini menggambarkan bahwa Pluto dan bulan-bulannya sebagai benda langit yang lebih kompleks dari yang diperkirakan.

Dari foto yang dirilis NASA, menunjukkan pegunungan ber-es pada permukaan Pluto. Gambar-gambar dua bulan Pluto yaitu Hydra dan Charon tampak jelas.

New Horizon memotret Pluto dari jarak 12,5 km dan memperoleh sangat banyak data antara lain gambar yang mengungkapkan pegunungan sampai setinggi 3,5 ribu meter di atas permukaan Pluto.

Para ilmuwan memperkirakan pegunungan tersebut terbentuk tidak lebih dari 100 juta tahun yang lalu, waktu yang relatif singkat dalam sejarah 4,56 miliar tahun tata surya kita.

Tidak Ada Kawah

Yang paling mengherankan para ilmuwan adalah tidak adanya kawah. Geologi Pluto yang aktif dibentuk bukan oleh kekuatan dari luar tetapi oleh panas di dalam planet itu. Para ilmuwan menduga peluruhan alami elemen radioaktif di inti Pluto sumber panas yang membentuk gunung tersebut.

New Horizon akan kembali melewati dunia beku mini di kawasan ‘Sabuk Kuiper’ pada sistem tata surya Januari 2019 yaitu kawasan yang menjadi rumah Pluto, bulan-bulan Pluto dan jutaan benda-benda es lainnya.

Misi New Horizon merampungkan penjelajahan tata surya dan ini membuat AS Negara pertama pengirim pesawat penyelidik ke setiap planet dari Merkurius hingga Pluto.

Baca juga : Bunglon Mengubah Warna Untuk Berbaur dengan Lingkungan

Sekian informasi perihal pluto planet tak berkawah tapi bergunung api, semoga artikel kali ini mencerahkan Anda. Mohon postingan ini diviralkan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi : Kedaulatan Rakyat

Exit mobile version