Perpaduan Resep dalam Kuliner Rujak Soto Banyuwangi

Banyuwangi memberikan sensasi kuliner baru dari salah satu olahan makannya yang dikenal dengan rujak soto. Sajian kuliner rujak soto Banyuwangi yang biasanya erat dengan sambal dan buah-buahan atau sayuran, berbeda dengan makanan satu ini.

Perpaduan Resep dalam Kuliner Rujak Soto

Perpaduan Dua Resep dalam Kuliner Rujak Soto

Konon sejarahnya, rujak soto merupakan hasil dari uji coba rujak di Banyuwangi yang memadukan beberapa menu makanan hingga menemukan rujak soto yang kemudian menjadi populer.

Salah satu ciri rujak Jawa Timur adalah penggunaan petis serta pisang klutuk atau pisang batu pada bumbu rujaknya. Petis merupakan produk olahan dari hasil laut seperti ikan dan udang dengan berbentuk seperti saus yang cukup padat dan kental, cenderung berwarna coklat dan coklat gelap. Di Banyuwangi memiliki kuliner khas yang cukup unik bernama rujak soto.

Kuliner Rujak Soto merupakan makanan tradisional dari perpaduan antara makanan rujak khas Jawa Timur dengan soto. Soto yang kita kenal merupakan makanan yang berkuah dan menyegarkan, dicampur dengan rujak tanpa kuah tentu menghasilkan rasa yang sangat khas.

Soto yang digunakan pada Rujak Soto biasanya merupakan soto babat, tapi ada juga yang menggunakan soto sapi maupun soto ayam sebagai variasinya.

Bahan dan Cara Membuat Rujak Soto

Rujak Soto ini terbuat dari bahan rujak seperti sayuran-sayuran matang seperti bayam dan kangkung, selain itu juga terdapat irisan mentimun, lontong, tahu dan tempe. Untuk saus rujaknya terbuat dari bahan seperti pisang klutuk, kacang goreng, cabai, petis, air asam dan gula jawa.

Untuk membuat kuliner rujak soto ini tidak rumit. Pertama siapkan bumbu-bumbu rujak soto; seperti kacang, petis, udang, garam, gula merah, hingga pisang klutuk. Begitu juga dengan bahan pelengkapnya, semisal sayur kangkung, tauge, kerupuk udang, emping melinjo, tahu, tempe, serta kuah soto dan isinya.

Pertama-tama, ulek bumbu rujak, campur sayurannya lalu sajikan dalam mangkuk. Dalam penyajiannya bahan rujak disusun di atas piring dan dicampur dengan saus rujak yang sudah dihaluskan. Kemudian disiram dengan kuah soto dan daging babatnya.

Terakhir, di atasnya ditaburi bawang goreng, irisan seledri dan kerupuk udang sebagai pelengkap. Pisang klutuk merupakan bahan yang wajib dalam Rujak Soto sebab memberikan rasa khas.

Kuliner Rujak Soto ini memiliki rasa yang sangat khas. Selain itu aroma ditambah dengan aroma petis, tentu memberikan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya. Siraman rasa gurih dan sedap dari kuah kental bersaput lapisan tipis lemak yang bercampur tetelan atau potongan daging sapi di bagian akhir sajian ini.

Kuah tidak hanya menambah rasa, tapi juga menyelimuti bumbu-bumbu dan melumerkan semua unsur-unsurnya. Sementara itu, rujak memberi rasa buah yang segar dengan bumbu kacang yang lekat dan tegas bercampur petis.

Harga dan Lokasi Rujak Soto

Rasa rujak yang memberikan sensasi pedas serta segar berpadu dengan rasa gurih soto kental ditambah penguat taburan bawang goreng dan daun seledri sebagai pelengkap kenikmatan, akan memberikan rasa rindu saat tidak lama menyantapnya. Di Banyuwangi sendiri, kuliner ini sangat populer, banyak warung makan yang menjualnya.

Untuk harga satu porsi Kuliner Rujak Soto ini relatif murah, sehingga kita tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Jika sedang berkunjung ke Banyuwangi, sambangi warung rujak soto Mbok Ijah yang sudah berdiri sejak 1995.

Lokasinya yang persis di sebelah kantor Kabupaten Banyuwangi di Jalan Borobudur menjadikan warung ini terkenal dengan sebutan Rujak Soto Pemda.

Rujak soto bukan sekadar kuliner khas Kabupaten Banyuwangi, makanan ini tercipta dari kultur budaya Banyuwangi yang kaya akan kekhasannya. Keunikan akan kuliner ini, menjadikan sebuah festival rujak soto pun lahir. Festival Rujak Soto menjadi satu dari puluhan agenda wisata di Banyuwangi di tahun 2014.

Festival ini dimulai dengan peserta yang sigap secara bersamaan mengulek sambal sebagai pelengkap makanan itu. Taman Blambangan Banyuwangi yang menjadi tempat festival tersebut digelar, dipadati oleh peserta pembuat rujak soto.

Baca juga : Kerajinan Manik Kaca Jombang Produk Khas yang Mulai Terlupakan

Sekian informasi perihalĀ Perpaduan Resep dalam Kuliner Rujak Soto Banyuwangi, kami harap postingan ini mencerahkan Anda. Tolong artikel wisata kuliner Banyuwangi ini diviralkan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi : Wisata Kuliner dari Banyuwangi

Leave a Reply

Marketplace Penghasilan Online Rekening Online SEO Traffic Generation Website
Program PTC
Program PTC aka Paid To Click yang Terbukti Membayar
Memilih Nama Domain
Cara Memilih Nama Domain Website yang Tepat
Jualan Produk Fisik
Jualan Produk Fisik di Internet yang Profitable

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman

Menarik

Motivasi dan Inspirasi Parenting Sehat Cantik Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Nabi yang Diutus di Palestina
Nabi yang Diutus di Palestina Negeri Para Anbiya
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Jenis Bahan Kain Tekstil
Jenis Bahan Kain Tekstil dalam Industri Fashion
Program Kejar Paket A
Program Kejar Paket A Setara SD
Jenjang Pendidikan Dasar
Jenjang Pendidikan Dasar di Indonesia Saat Ini
Harga Cash dan Kredit
Harga Cash dan Kredit Berbeda, Bolehkah?

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Tata Surya

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Fakta Tokoh Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Tempat yang Mungkin Lenyap Lebih Dulu
Tempat yang Mungkin Lenyap Lebih Dulu
Reruntuhan Kuno Bawah Laut
Reruntuhan Kuno Bawah Laut yang Menarik di Dunia
Akuarium Terindah
Akuarium Terindah di Dunia yang Bisa Memanjakan Mata