Perkembangan Tari Topeng Betawi yang Tetap Ada hingga Kini

Di postingan ini kami akan jelaskan berkaitan dengan Perkembangan Tari Topeng Betawi yang Tetap Ada hingga Kini. Tari Topeng Betawi memiliki ciri khas topeng yang merupakan perpaduan dari seni tari, musik, dan nyanyian. Tari asal Betawi ini lebih bersifat teatrikal dan komunikatif lewat gerakan.

Perkembangan Tari Topeng Betawi

Perkembangan Tari Topeng Betawi hingga Kini

Kesenian tari topeng Betawi awalnya dipentaskan oleh para seniman dengan secara berkeliling. Menurut kepercayaan masyarakat Betawi, tarian ini dapat menjauhkan dari malapetaka, sehingga pada zaman dahulu, seniman tari topeng Betawi sering diundang untuk menjadi pengisi hiburan dalam berbagai acara seperti pesta pernikahan, khitanan, dan lainnya.

Dalam pertunjukannya, Tari Topeng Betawi diawali dengan lagu yang diiringi oleh musik pengiring. Setelah itu para penari keluar sambil menari menggunakan topeng. Gerakan yang dilakukan para penari tergantung pada tema yang dibawakan.

Tema yang dibawakan dalam tarian ini tergolong variatif di antarunya adalah kehidupan masyarakat, cerita legenda, kritik sosial, dan cerita klasik lainnya. Tari Topeng Betawi merupakan tarian yang bersifat teatrikal, sehingga terdapat pesan yang disampaikan melalui gerakan dalam menari.

Tarian ini biasanya diiringi dengan alat musik tradisional Betawi seperti rebab, gendang besar, kempul, kromong tiga, kecrek, kulanter dan gong buyung. Kostum yang digunakan berdasarkan tema yang akan ditampilkan, tapi hal terpenting yang harus ada adalah busana khas Betawi.

Untuk penari laki-laki, biasanya menggunakan pakaian seperti pakaian hitam, kaos oblong, celana panjang, kain sarung serta menggunakan peci atau ikat kepala. Sedangkan untuk penari wanita, dapat menggunakan kain panjang dengan pakaian kebaya yang dilengkapi selendang, juga mahkota warna warni yang biasa disebut dengan kembang topeng.

Para penari tersebut dilengkapi dengan topeng berbahan kayu. Topeng ini tidak memakai pengikat pada kepala, tapi penari menempelkan ke wajah mereka dengan cara digigit di bagian dalam topengnya.

Pertunjukan Awal sebelum Tari Topeng

Dalam pertunjukannya, tarian ini diawali dengan lagu yang diiringi oleh musik pengiring. Setelah itu, para penari keluar sambil menari dengan menggunakan topeng. Gerakan yang dilakukan para penari tergantung pada tema yang dibawakan dengan keberagamannya, seperti cerita legenda, kritik sosial, kehidupan masyarakat, dan cerita klasik lainnya.

Tari Topeng Betawi yang bersifat teatrikal, menyampaikan makna tersirat melalui gerakan para penari. Dalam terdapat tiga hal yang wajib dimiliki para penari topeng Betawi, meliputi penari harus gendes yakni luwes atau lemah gemulai, harus ceria dan tidak boleh kelihatan sedih pada saat menari dan juga harus lincah serta bergerak bebas.

Pertunjukan Tari Topeng Betawi pada mulanya digelar semalam suntuk sebagai upaya untuk mengusir pengaruh buruk. Namun, unsur magis dari topeng perlahan bergeser. Awalnya, jika orang yang menyelenggarakan pesta atau hajat kemudian mengundang kelompok Tari Topeng, maka orang tersebut memiliki tujuan agar dia dan keluarganya dijauhkan dari petaka.

Seiring berjalannya waktu, tarian ini menjadi bagian akan kemeriahan sebuah pesta yang akan kurang lengkap bila tidak ada kesenian ini di dalamnya. Tari Topeng Betawi mengalami perkembangan, tarian ini sering dipentaskan pada acara besar adat Betawi di Kota Jakarta.

Sejarah Tari Topeng Betawi

Pada awalnya, seni tari di Jakarta memiliki pengaruh Sunda dan China seperti Jaipong ini, sebelum memulai pertunjukan Topeng, biasanya didahului dengan pembakaran kemenyan dan disediakan sesajen lengkap yang terdiri dari beras, kelapa muda, berbagai minuman, rujak tujuh macam, panggang ayam, telur ayam mentah, nasi dengan lauk-pauk, dan cerutu atau rokok.

Saat pertunjukan, akan didahului dengan lagu-lagu instrumental, kemudian menyusul Tari Kedok, yaitu Tari Ronggeng Topeng yang menggunakan tiga buah kedok secara bergantian. Dahulu tarian ini dilakukan pada penutup acara, tetapi sekarang dijadikan sebagai pembuka acara. Pertunjukan kemudian dilanjutkan dengan Tari Kembang Topeng yang selanjutnya dibersamai oleh bodor dengan iringan lagu Aileu, Lipet Gandes, Enjot-enjotan, dan lain sebagainya.

Kemudian dilanjutkan dengan lakon pendek yang bersifat banyolan, yang di antaranya terdapat cerita Bapak Jantuk. Pemain lakon pendek tersebut antari lain Benguk, Pucung, Lurah Karsih, Mursidin dari Pondok Pinang, Samiun Buang Anak, Murtasik, dan sebagainya.

Demikian informasi seputar Perkembangan Tari Topeng Betawi yang Tetap Ada hingga Kini, semoga artikel kali ini membantu Anda. Tolong postingan Wisata Seni dan Budaya di Jakarta ini disebarluaskan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Kecantikan Kelas SB1M Kesehatan SB1M Synergy Worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide

Dunia Digital

Domain Hosting Jasa Online Website Workshop / Seminar

Penghasilan Online

Investasi Online Jualan Online Rekening Online Situs Klik Survey Online

Promosi Online

Marketing Online Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Agrobisnis
Mengenal Agrobisnis dan Jenis Peluang Usahanya
Bisnis Katering Makanan
Bisnis Katering Makanan untuk Mahasiswa dan Karyawan
Punya Bisnis Laundry
Punya Bisnis Laundry Sendiri dengan Prospek Cerah
Saudagar Properti
Saudagar Properti Punya Solusi Hunian dan Investasi Menguntungkan
Produk MSI
Produk MSI yang Sudah Terbukti Khasiatnya
Theme WordPress Responsive
Theme WordPress Responsive Pilihan Terbaik Anda
privat fb ads
Privat FB Ads untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Lain

Dunia Fauna IPTEK Tokoh Dunia Islam Tokoh Hebat Tokoh Lainnya

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
Tips Membeli Pakaian Bayi dan Anak
Tips Membeli Pakaian Bayi dan Anak sesuai Kebutuhan
Cara Mengusir Tikus dan Celurut dari Rumah
Tips untuk Kolektor Sepak Bola
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Ide Liburan Staycation
Ide Liburan Staycation yang Unik dan Menarik
Kawah Gunung Ijen
Pesona dan Fenomena Kawah Gunung Ijen Jawa Timur
Perkembangan Kesenian Besutan
Perkembangan Kesenian Besutan dari Jombang Jawa Timur