Perkembangan Kesenian Besutan dari Jombang Jawa Timur

Ternak Website

Kali ini kami akan ulas seputar Perkembangan Kesenian Besutan dari Jombang Jawa Timur. Besutan merupakan kesenian tradisional asli Kabupaten Jombang yang ada dari pengembangan kesenian Lerok dan merupakan cikal bakal kesenian Ludruk. Lakon yang dibawakan dalam kesenian ini merupakan cerminan dari kehidupan sehari-hari. Dari bermacam-macam lakon yang disuguhkan, Besut paling digemari penonton. Dalam perkembangannya, besutan menjadi pengganti nama dari kesenian Lerok yang menjadi asal usulnya.

Perkembangan Kesenian Besutan dari Jombang

Perkembangan Kesenian Besutan Jombang dari Kegemaran Warga

Memperagakan sebuah lakon dengan riasan wajah bedak putin yang menutup seluruh muka tanpa meninggalkan warna asli kulit. Kupluk merah berbentuk bulat setengah lingkaran dengan hiasan tali kuncir menyembul dari pucuk kupluk bola dengan dikenakan menutup bagian atas rambut, mempertegas nuansa merah putih.

Tidak hanya itu, lilitan kain putih melilit tubuhnya layaknya kemben yang menyisakan bagian atas tubuh sekitar pangkal tangan dan sebagian bagian dada terbuka. Masih terlihat celana hitam komprang yang menyembul dari penghabisan kain putih. Karakter besut tergambar dalam pakaian tersebut menjadi bagian penting dalam kesenian rakyat besutan.

Sejarah Kesenian Besutan

Sejarah panjang kesenian Besutan di Kabupaten Jombang memberi tanda bahwa Besutan mengandung arti mbeto maksut (membawa pesan / maksud) atau juga berartt mbasuh atau menghilangkan noda / kotoran. Makna besut yang mengandung arti dibersihkan, dihaluskan, dan diulas adalah isi pertunjukan. Mulai dari bentuk yang sangat sederhana, ditingkatkan agar lebih baik, sehingga maknanya yang tersirat dapat diulas oleh penonton.

Besutan merupakan simbol dari rakyat Jombang yang memiliki semangat kehidupan yang selalu dinamis, suatu kehidupan yang selalu berusaha mencari sesuatu yang terbaik, kehidupan yang akomodatif terhadap suasana zaman yang sedang dihadapinya. Hasil yang diharapkan dari proses tersebut adalah terhapusnya hal-hal yang tidak baik dan munculnya sebuah karya yang luar biasa.

Besutan menampakkan karakter rakyat Jombang. Tokoh Besut merupakan sosok laki-laki yang cerdas, terbuka, perhatian, kritis, transformatif dan nyeni. Begitu juga  warga Jombang yang tidak henti-hentinya memunculkan sosok orang hebat seperti Besut.

Ngamen Keliling Kampung

Masyarakat Jawa Timur pada umumnya adalah masyarakat agraris, hampir seluruh wilayah pelosok Jawa Timur penduduknya berpenghasilan dengan bercocok tanam atau bertani. Daerah Jombang rata-tata masyarakat yang ada di pelosok desa berpenghasilan dari bertani, hasil bertani tersebut terkadang kurang untuk mencukupi hidup sehari-hari.

Latar belakang inilah, sekitar tahun 1907 seorang penduduk yang setiap harinya bekerja sebagai petani dari desa Ceweng, kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang yang bernama Pak Santik berinisiatif untuk menambah penghasilan dengan mengamen.

Komunitas SB1M

Kegiatan mengamen yang ia lakukan diiringi oleh musik mulut yang kemudian berkembang menggunakan alat kendang setelah bertemu dengan Pak Amir, asal Desa Plandi. Permainan musik ini selanjutnya bertambah variatif dengan diajaknya Pak Pono untuk menarik masyarakat penonton dengan mengenakan pakaian perempuan.

Masa mengamen yang dilakukan oleh ketiga seniman alam itu diperkirakan terjadi tahun 1907 sampai dengan tahun 1915 dengan sebutan di kalangan masyarakat Jombang pada waktu itu ialah lerok. Kata lerok merupakan variasi dari lorek sebab wajah pemainnya dirias model coretan agar tampak lucu dan sulit dikenali wajah sebenarnya.

Para Tokoh Kesenian Besutan

Kesenian lerok ngamen mendapat sambutan yang besar dari masyarakatnya, sehingga rombongan ngamen itu sering diundang ke tempat orang-orang yang mempunyai hajatan (penganten, sunatan, ngruwat dan lain lain) dengan sebutan nanggap lerok. Dari tanggapan ini, terjadi inovasi lanjutan yang memunculkan tokoh Besut. Kegemaran warga akan tokoh besut, menjadikan nama lerok berubah menjadi kesenian besutan.

Dalam lakon Besutan, tokoh yang selalu hadir antara lain: Besut, Rusmini, Man Gondo, Sumo Gambar dan Pembawa Obor, dengan penambahan tokoh lain sesuai kebutuhan cerita. Tema apa pun yang diangkat dalam kesenian besutan, bumbu cinta segitiga antara Rusmini, Besut, dan Sumo Gambar selalu menjadi penyedapnya. Berikut karakter tokohnya :

  • Besut yang gagah dan Rusmini yang cantik selalu menjadi sepasang kekasih atau sepasang suami istri.
  • Sumo Gambar selalu berperan antagonis, yang dirinya sangat mencintai Rusmini, tapi cintanya tidak pernah terbalas.
  • Man Gondo yang merupakan paman Rusmini, selalu berpihak pada Sumo Gambar, karena kekayaannya.

Kesederhanan pakaian yang dikenakan besut memiliki makna meliputi, kain putih yang melambangkan bersih jiwa dan raganya. Tali lawe melilit di perutnya melambangkan kesatuan yang kuat. Tutup kepalanya merah melambangkan keberanian yang tinggi. Busana Rusmini merupakan busana tradisional Jombang, menggunakan kain jarik kebaya, dan kerudung lepas. Man Gondo berbusana Jawa Timuran, sedang Sumo Gambar berbusana ala pria Madura.

Prosesi Teater Rakyat Besutan

Teater Rakyat Besutan selalu diawali dengan semacam ritual yang berfungsi sebagai intro. Dalam ritual tersebut, dimulai oleh pembawa obor yang berjalan dengan penuh waspada, hati-hati, dan terus mengendalikan Besut di belakangnya. Besut yang matanya terpejam, mulutnya tersumbat susur, berjalan merayap mengikuti arah obor bergerak.

Walaupun dengan sikap yang penurut, Besut selalu sigap menanti setiap peluang. Pada satu kesempatan, Besut meloncat berdiri, tangannya merebut pegangan obor, dan dengan sekuat tenaga, susur yang berada di mulutnya disemprotkan ke nyala obor hingga padam. Mendadak matanya terbuka, mulutnya bebas, dan ketika itu dirinya akan menari dengan heroik.

Perkembangan Kesenian Besutan

Perkembangan Besutan semakin maju dengan pesat, dengan penambahan cerita yang tidak lagi mengisahkan Besut, Rusmini, dan Ganda, tetapi menampilkan tokoh lain. Tokoh lain semakin menarik dan disukai masyarakat, menimbulkan cerita Besutan hilang sama sekali.

Gerakan Besut yang kepalanya “gela-gelo”dan kaki kanan dihentakkan (gedruk-gedruk dalam bahasa Jawa) maka muncul istilah Ludruk. Ludruk saat ini berkembang pesat dengan dikenal di berbagai daerah. Istilah ludruk tidak lagi digunakan dalam penamaan tokoh, tetapi merupakan bentuk teater rakyat yang berkembang di Jombang, Mojokerto, Surabaya, Malang dan daerah Jawa Timur lainya.

Referensi: Wisata Kesenian di Jombang Jawa Timur

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...
web hosting berkualitas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kecantikan Kelas SB1M Kesehatan SB1M Synergy Worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide

Digital Marketing

Domain Hosting Jasa Online Website Workshop / Seminar

Penghasilan Online

Investasi Online Jualan Online Rekening Online Situs Klik Survey Online

Promosi Online

e-Mail Marketing Marketing Online Mobile Marketing Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
Investasi Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Bisnis Bebek Kremes
Bisnis Bebek Kremes Usaha Masa Depan yang Menguntungkan
Harumnya Rezeki Kerajinan Akar Wangi
Harumnya Rezeki Kerajinan Akar Wangi
Marketing Plan Bisnis MSI
Marketing Plan Bisnis MSI yang Perlu Diketahui
Saudagar Properti
Saudagar Properti Punya Solusi Hunian dan Investasi Menguntungkan
Produk MSI
Produk MSI yang Sudah Terbukti Khasiatnya
theme wordpress responsive
Theme WordPress Responsive Pilihan Terbaik Anda
privat fb ads
Privat FB Ads untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Lain

Dunia Fauna Iptek Tokoh Dunia Islam Tokoh Hebat Tokoh Lainnya

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
Tips Merawat Perhiasan Perak
Tips Merawat Perhiasan Perak agar Kualitas Terjaga
Tips Ampuh Memelihara Tanaman Bonsai
Tips Ampuh Memelihara Tanaman Bonsai
Tips Ampuh untuk Kolektor Uang Kuno
Tips Ampuh untuk Kolektor Uang Kuno
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Pesona dan Fenomena Kawah Gunung Ijen
Pesona dan Fenomena Kawah Gunung Ijen Jawa Timur
Perkembangan Kesenian Besutan dari Jombang
Perkembangan Kesenian Besutan dari Jombang Jawa Timur
Kesederhanaan Pecel Rengkek Primadona Kuliner Jombang
Kesederhanaan Pecel Rengkek Primadona Kuliner Jombang