Penemuan Spesies Hewan Baru yang Unik

Apakah ada spesies hewan baru yang para peneliti temukan? Ada beberapa penemuan spesies hewan baru di dunia. Mau tahu hewan apa sajakah itu? Simak artikel fakta fauna ini hingga selesai.

Penemuan Spesies Hewan Baru

Penemuan Spesies Hewan Baru

Beberapa hewan terus punah, dari tahun ke tahun. Tapi untungnya masih peneliti temukan spesies-spesies hewan baru yang sebelumnya tidak kita kenal. Berikut ini beberapa discovery atau penemuan spesies hewan / fauna baru yang kita anggap unik.

1. Ubur-ubur Pelangi

Karena makhluk ini dapat memancarkan warna-warni yang indah mirip pelangi makanya peneliti namai dengan ubur-ubur pelangi. Ubur-ubur ini ditemukan pertama kali oleh seorang ahli ubur-ubur bernama Lisa Gershwin.

Lisa Gershwin menemukan ubur-ubur ini ketika sedang berenang di laut dekat sebuah pulau Tasmania di Australia. Spesies ini merupakan hewan yang tidak orang kenal. Kemudian peneliti ketahui bahwa mereka tidak memancarkan cahaya sendiri, namun memantulkan cahaya yang masuk ke tubuhnya.

2. Kuda Laut Walea

Kuda laut ini peneliti temukan di laut pulau Walea, Sulawesi, Indonesia. Spesies kuda laut baru dari Indonesia ini peneliti temukan tanpa sengaja. Penemuan ini ketika para penyelam di laut Walea mengambil gambar di kedalaman laut, dan tanpa sengaja menemukan spesies tersebut.

Karena penemuannya di laut Walea, kuda laut itu pun peneliti namai kuda laut Walea. Hewan itu memiliki tinggi 2,5 cm dan merupakan hewan terkecil di antara hewan vertebrata (bertulang belakang) lainnya.

3. Ikan Jelly

Ikan ini peneliti temukan dalam keadaan sudah menjadi bangkai, ketika mengambang di lepas pantai Bahia, Brazil. Panjang ikan Jelly mencapai 2 m, sehingga penemuan spesies hewan baru ini cukup menggemparkan.

Setelah meneliti, ternyata ikan itu adalah ikan jenis langka dari laut bagian dalam. Ikan itu kemudian peneliti beri nama jellynose fish, karena :

  • bentuk tubuhnnya yang lembut,
  • hidung yang pesek, dan
  • tubuhnya tidak memiliki cangkang serta langsing.
4. Laba-laba Aneh

Merupakan hewan langka yang habitatnya di selatan Afrika dan Madagaskar, laba-laba itu memiliki panjang hingga 5 inci (12 cm) untuk yang betina, sementara yang jantan memiliki panjang kira-kira satu inci (2,5 cm).

Yang menjadikan laba-laba ini aneh bukan hanya ukurannya, namun juga jaring yang mereka buat. Jaring itu berukuran raksasa, sehingga lebarnya dapat mencapai sekitar 1 m, jauh lebih besar daripada laba-labanya.

5. Tikus Raksasa

Tikus itu pertama kali peneliti temukan di kawah gunung berapi nonaktif Bosavi, Papua Nugini. Gunung berapi raksasa itu mempunyai kawah dengan lebar sekitar 2,5 mil, dan  dinding yang mengelilinginya setinggi hampir 1,5 mil.

Penamaan tikus raksasa, karena ukuran hewan ini mencapai berat 3,5 pon, dengan panjang sekitar 32 inci dari hidung sampai ekor. Tubuh tikus ini berwarna perak agak abu-abu, dengan bulu tipis seperti wol. 

Baca juga : Fakta Unik Tikus yang Perlu Anda Ketahui

6. Laba-laba Vegetarian

Laba-laba vegetarian nama lainnya adalah Bagheera kiplingi. Hewan ini hidup di Amerika Tengah, khususnya Meksiko dan Costa Rika. Bagheera kiplingi tak memangsa serangga-serangga kecil seperti umumnya laba-laba. Namun mereka menjadikan ujung daun akasia sebagai makanannya. Hal ini membuatnya disebut laba-laba vegetarian.

Dari pengamatan menggunakan rekaman video dan analisis kimia, menunjukkan laba-laba tersebut mendapatkan sebagian besar makanannya dari tumbuhan. Populasi laba-laba yang hidup di Meksiko itu memperoleh 90% makanannya dari jaringan tumbuhan, sementara sisanya dari larva semut, nektar, dan lainnya.

7. Hiu Seksi

Penemuan baru dari jenis hiu ini bernama Hydrolagus melanophasma atau hiu hantu hitam. Hiu ini peneliti temukan pertama kali di perairan California. Karena hiu jantan dari spesies ini punya organ seksual pada dahinya yang berbentuk seperti tanduk, sehingga disebut hiu seksi. Ini merupakan hal yang unik, sebab tak seperti hiu pada umumnya.

8. Cacing Raksasa

Makhluk yang bernama Caecilita iwokramae ini adalah spesies amfibi yang unik. Karena hewan ini dapat bertahan hidup di atas tanah tanpa lubang hidung, paru-paru, atau kaki.

Pertama kali peneliti temukan di Guyana, hewan ini adalah bagian dari kelompok amfibi yaitu Caecilian. Hanya ada satu spesies Caecilian lain yang peneliti ketahui hidup tanpa paru-paru.

Kehadiran paru-paru merupakan salah satu karakteristik kunci yang membuat hewan amfibi ini berbeda dari ikan. Caecilita hidup di darat maupun di air dan panjangnya mencapai 27,5 inci (70 cm).

9. Ikan Drakula

Disebut ikan drakula atau Danionella dracula, sebab spesies ikan yang jantan punya taring seperti drakula. Ikan ini pertama kali peneliti temukan di London’s Natural History Museum, di dalam sebuah tangki dari akuarium ikan.

Sebenarnya, ikan ini pernah orang tangkap sebelumnya di Myanmar (Burma) dan penangkap tersebut kirim ke museum di London. Taring yang ikan ini miliki kemudian peneliti ketahui tidak ikan ini gunakan untuk memburu mangsa, namun untuk bertarung dengan sesamanya.

Baca juga : Serangga paling Mengerikan di Dunia

Sekian informasi tentang penemuan spesies hewan baru yang unik, semoga artikel ini membantu Anda. Tolong artikel fakta fauna ini kalian share supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi : Planet Fauna

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan