Patung Buddha paling Terkenal yang Ada di Dunia

Tahukah Anda bila ada beberapa patung buddha paling terkenal yang ada di Dunia! Mau tahu apa saja patung buddha terkenal di dunia? Simak artikel tentang wisata religi / sejarah di Dunia ini hingga selesai.

Patung Buddha paling Terkenal

Patung Buddha paling Terkenal di Dunia

Patung adalah suatu karya seni tiga dimensi yang dibuat oleh seseorang. Dan orang yang menciptakan atau membuat patung disebut pematung. Biasanya pemahatan sebuah patung bertujuan untuk menghasilkan karya seni yang dapat bertahan selama mungkin.

Ada banyak patung budha di tempat peribadatan umat buddha di dunia. Bahkan ada beberapa patung tersebut yang sangat terkenal.

Berikut 10 deretan patung buddha yang paling populer di dunia yaitu :

1. Leshan Giant Buddha di Cina

Patung Buddha raksasa Leshan adalah sebuah mahakarya umat manusia. Di mana Patung Buddha paling terkenal ini pemahat pahat di lembah yang langsung menghadap ke laut di Sichuan, bagian barat Cina.

Pembuatan patung ini mulai di masa Dinasti Tang tahun 713 M dan selesai tahun 803 M (90 tahun). Dengan menggunakan ribuan seniman dan pemahat. Sebagai salah satu patung terbesar di dunia, patung ini sering disebut-sebut dalam puisi, lagu, dan cerita.

2. Ushiku Daibutsu di Jepang

Ushiku Daibutsu terletak di kota Ushiku, Jepang. Pembangunan patung Buddha ini selesai pada tahun 1995 M dan menjadi salah satu patung tertinggi di dunia. Patung Buddha paling terkenal ini setinggi 120 m termasuk 10 m fondasi dan 10 m podium berbentuk teratai.

3. Temple of the Emerald Buddha di Bangkok Thailand

Salah satu vihara terkenal di Bangkok adalah Wat Phra Kaew, Vihara Buddha Zamrud. Di dalam vihara ini ada patung Buddha Zamrud, salah satu patung Buddha paling terkenal dan tertua di dunia.

Menurut legenda, pembuatan patung di India ini sekitar tahun 43 SM di kota Pataliputra dan berada di sana selama 300 tahun. Pada abad ke-4 M, patung ini para biksu Buddha membawanya ke Sri Lanka untuk menyelamatkan mereka dari peperangan. Lalu, patung ini dibawa ke Thailand dan dipindahkan ke Wat Phra Kaew pada tahun 1779.

4. Great Buddha of Kamakura di Jepang

Buddha Agung Kamakura merupakan sebuah patung perunggu monumental dari Amida Buddha (Buddha Amitabha) di kota Kamakura, Jepang. Nama patung ini dalam bahasa Jepang adalah Daibutsu Kamakura.

Patung ini berada di tanah Kotokuin, sebuah kuil Buddha aliran Tanah Suci. Patung Buddha paling terkenal ini menjadi salah satu ikon penting dalam pariwisata dan kehidupan sosial masyarakat Jepang.

5. Temple of the Reclining Buddha di Bangkok Thailand

Wat Pho yang terletak di Bangkok ini terkenal dengan patung Buddha berbaringnya yang besar. Candi ini termasuk salah satu candi terbesar dan tertua di Bangkok. Dibangun sekitar 200 tahun setelah Bangkok menjadi ibu kota Thailand.

6. Gal Viharaya di Sri Lanka

Gal Viharaya yang terletak di Sri Lanka, Polonnaruwa, ini merupakan salah satu situs patung Buddha paling terkenal di dunia. Vihara batu ini dibuat oleh Parakramabahu Agung di abad ke-12 Masehi.

Di tengah-tengah vihara ada 4 patung Buddha berukuran besar. Di antara ke-4 patung Buddha ini ada sebuah patung Buddha berbaring sepanjang 14 m dan sebuah patung Buddha berdiri setinggi tujuh meter.

7. Ayutthaya Buddha Head di Thailand

Kota Ayutthaya di Thailand memiliki patung Buddha yang tidak biasa di dunia. Di antara reruntuhan Wat Mahathat (Vihara Relik Agung) terdapat sebuah patung yang seluruh badannya lenyap oleh waktu dan hanya tersisa kepala di antara belitan akar pepohonan. Ini adalah salah satu patung yang sangat indah yang tercipta oleh waktu.

8. Hussain Sagar Buddha Statue di India

Hussain Sagar Buddha Statue sebuah Patung Buddha yang terletak di tengah danau buatan di kota Hyderabad, India. Patung ini berdiri setinggi 17 m dan seberat 320 ton. Para seniman memahat Patung monolitik terbesar di India ini hanya dari sebongkah batu besar.

Tragisnya, tahun 1992 saat pemasangan patung Buddha, patung ini jatuh ke danau dan menyebabkan kematian 8 orang pekerja. Lalu, pemerintah memperbaiki patung ini dan sekarang menjadi salah satu daya tarik wisatawan di kota Hyderabad.

9. Monywa Buddha di Myanmar

Monywa, kota di tengah Myanmar yang terletak di tepi Sungai Chindwin. Patung Monywa Buddha adalah patung Buddha berbaring terbesar di dunia. Total panjang patung 90 m. Kepala patung ini setinggi 18,29 m. Pembuatan patung Buddha ini terjadi tahun 1991 dan berlubang di dalamnya.

10. Tian Tan Buddha Statue di Hong Kong

Patung Buddha Tian Tan terletak di Pulau Lantau, Hong Kong. Pembuatan Tian Tan Buddha selesai pada tahun 1993 yang terbuat dari perunggu. Di mana patung ini menjadi daya tarik utama dari Vihara Po Lin yang menyimbolkan harmonisasi antara :

  • manusia,
  • alam,
  • masyarakat, dan
  • agama.

Patung ini disebut Tian Tan karena bagian bawahnya merupakan replika dari Kuil Tian Tan (Kuil Surga) di Beijing. Patung dengan sikap duduk ini setinggi 34 m dan mengambil sikap yang melambangkan ketenangan.

Baca juga : Gereja Tertua di Dunia

Sekian informasi perihal Patung Buddha paling Terkenal yang Ada di Dunia, kami harap artikel ini membantu kawan-kawan semua. Tolong artikel bangunan paling dan wisata sejarah ini kalian bagikan biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi : Super Wisata

Leave a Reply

Affiliate Marketing Internet Entrepreneur Jualan Online SEO Situs Jualan Situs Klik Traffic Generation Website
Pola Hypnotic Closing
Pola Hypnotic Closing bagi Penjual Online Pemula
Strategi Viral Marketing
Strategi Viral Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Online
Rekening Online Paypal
Rekening Online Paypal Alat Pembayaran Global

Hobi

Hewan Peliharaan Koleksi Liburan Olahraga Otofun Seni

Hunian

Bangunan Furniture Kebun dan Tanaman Rumah Tempat Tinggal

Menarik

Kecantikan Kesehatan Motivasi dan Inspirasi Parenting Tips Lainnya Tips Pendidikan

Rumah Tangga

Belanja Fashion Ide Kreatif Peralatan Perlengkapan Tips Rumahan
Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak secara Alami dengan Berpuasa
Mengurangi Lemak Tubuh
Mengurangi Lemak Tubuh secara Alami dengan Puasa
Manfaat Puasa bagi Manusia
Manfaat Puasa bagi Manusia yang Perlu Diketahui
Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan lewat Puasa
Vitamin C bagi Ibu Hamil
Pentingnya Vitamin C bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahayanya Kotoran Lalat
Bahayanya Kotoran Lalat bagi Kesehatan Manusia
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Pentingnya Air dan Oksigen
Pentingnya Air dan Oksigen Bagi Tubuh Manusia

Fauna

Fakta Hewan Hewan Fantastis Hewan Langka Hewan Legenda Hewan Paling Hewan Prasejarah

Sains

Alam Fakta Makanan Flora Manusia Semesta

Sosial

Bangunan Paling Fakta Negara Kehidupan Prasejarah Sejarah Seni Budaya Paling Tokoh

Teknologi

Gadget Komputer
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Minat Khusus Seni Budaya Wisata Alam Wisata Religi Wisata Sejarah
Kampung Dinoyo
Kampung Dinoyo Bertumbuh Berkat Keteguhan Pengrajin
Pintu Gua Sigolo-Golo
Pintu Gua Sigolo-Golo bagai Hamparan Surga
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit
Candi Arimbi Gerbang Keraton Majapahit sebelah Selatan