Pasar Gembrong Surga Mainan (Toy District) versi Indonesia

Pembahasan kita sekarang ialah Pasar Gembrong Surga Mainan (Toy District) versi Indonesia. Pasar Gembrong merupakan pusat penjualan mainan anak-anak terlengkap di Jakarta. Pembeli berkunjung ke pasar tersebut sebagai alternatif mengisi waktu libur, meskipun jarak dari rumah menuju Pasar Gembrong cukup jauh. Harga yang jauh lebih murah dibanding toko-toko mainan lainnya, menjadi alasan para orang tua membelikan mainan untuk buah hatinya.

Pasar Gembrong Surga Mainan

Pasar Gembrong Surga Mainan (Toy District) versi Indonesia

Jika Los Angeles memiliki Toy District, di Jakarta terdapat surga, mainan anak dari berbagai macam bentuk di Pasar Gembrong. Nama gembrong sendiri berasal dari suasana pasar yang ramai. Pasar Gembrong merupakan pasar yang kesohor sampai ke luar Jakarta, di pasar ini harga yang ditawarkan sangat miring. Setiap harinya pengunjung yang tidak hanya berasal dari Jakarta, memadati pasar dengan tujuannya untuk berburu mainan murah nan berkualitas.

Harga dan lengkapnya berbagai mainan menyebabkan pasar ini selalu dipenuhi pembeli, terlebih hari Sabtu, Minggu dan akan meningkat manakala Lebaran atau liburan panjang sekolah, sehingga sangat disarankan untuk ke tempat ini lebih pagi dengan rata-rata kios di sini buka mulai pukul 08.00 WIB.

Mainan yang dijual di tempat ini, sebagian besar mainan yang dijual dipasok dari dalam dan luar negeri. Dari dalam negeri biasanya dipasok dari Cengkareng, sedangkan mainan dari luar negeri hampir semuanya diimpor dari Tiongkok. Model mainan impor mayoritas berupa mainan yang memakai teknologi, seperti mainan yang menggunakan remote control.

Mainan dari dalam negeri biasanya berupa miniatur mobil, rumah Barbie, serta boneka berbahan busa. Ada banyak juga mainan tradisional yang dijual di Pasar Gembrong, seperti yoyo, gasing, congklak, dan sebagainya. Pengunjung juga dapat berbelanja aneka alat tulis seperti pensil, pensil warna, buku tulis, buku gambar, dan sebagainya.

Selain itu, karpet yang cantik dan murah juga tersedia dalam hiruk pikuk suasana pasar. Pengunjung akan mendapatkan selisih harga yang lumayan dibandingkan apabila membeli di supermarket. Harga mainan di Pasar Gembrong memberikan selisih harga bisa mencapai lebih dari Rp 100.000,00.

Perkembangan Pasar Gembrong

Pasar gembrong awalnya merupakan pasar tradisional, pada tahun 1960-an pasar ini dihuni pedagang sayur-mayur serta bermacam dagangan lainnya layaknya pasar tradisional di Jakarta. Saat terjadi kerusuhan Mei 1998, para pedagang meninggalkan pasar. Setelah kondisi mereda, beberapa pedagang yang tersisa dan warga sekitar kembali membangun kios semi permanen.

Kebangkitan ini, memberikan inovasi baru untuk mereka, kios-kios yang dibangun tidak lagi menjual kebutuhan sehari-hari, mereka menjual mainan anak dan berbagai alat tulis keperluan sekolah. Seiring berjalannya waktu, penjualan yang awalnya hanya melayani eceran, berkembang menjadi perdagangan partai besar atau yang biasa disebut dengan grosir.

Jumlah kios yang terus mengalami peningkatan, memberikan dampak pada banyaknya pedagang yang membuka lapakanya di trotoar jalan. Oleh sebab padatnya penjual, pasar ini dikenal dengan sebutan pasar senggol karena di antara deretan kios hanya menyisakan jalan kecil mengakibatkan pembeli terpaksa bersenggolan setiap melintas. Selain itu, kemacetan menjadi tidak terhindarkan akibat transaksi di Pasar Gembrong.

Kondisi ini menjadikan pemerintah ibukota mengambil langkah penertiban. Bukan saja menggusur, akan tetapi pusat penjualan mainan di Jakarta Timur itu dipindahkan ke area yang lebih nyaman. Kini pengunjung tidak perlu berdesak-desakan lagi di pinggir jalan saat berbelanja. Area baru yang berjarak 100 meter dari pasar lama tersebut dinamakan Pasar Gembrong Cipinang Besar. Pasar tersebut dihuni oleh 200 pedagang lebih.

Sekian informasi terkait dengan Pasar Gembrong Surga Mainan (Toy District) versi Indonesia, kami harap post ini berguna buat Anda. Tolong artikel Wisata Minat Khusus di Jakarta ini dibagikan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Smart Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Membuka Bisnis Parsel
Membuka Bisnis Parsel atau Hantaran
Kiat Menjadi Pebisnis
Kiat Menjadi Pebisnis Baru dari Nol
Membuat Analisis Pasar Bisnis
Membuat Analisis Pasar Bisnis dalam Business Plan

Gaya Hidup

Fashion Herbal Kecantikan Kesehatan

Investasi

Investasi Financial Asset Investasi Lain Investasi Real Asset

IPTEK

Enslikopedia Gadget Otofun Teknologi

Keuangan

Asuransi Cerdas Keuangan Dana Masa Depan Smart Finansial
Desa Wisata Kerajinan Kuliner Wisata Alam Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda
Jasa Percetakan Online
Jasa Percetakan Online Usaha yang Menang Banyak Peluang
Jasa Sadap Sosial Media
Jasa Hack Sadap Whatsapp Facebook Instagram Terpercaya 100%
Info Pajak Kendaraan Bermotor
Info Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Lengkap
Jasa Komentar Sosial Media
Jasa Komentar Media Sosial dari MediaKomen
Dunia Digital Penghasilan Online Promosi Online Rekening Online
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO itu Apa?
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Membuat Website Khusus Masjid
Membuat Website Khusus Masjid Gratis

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Lainnya
Cara Memplester Dinding Rumah
Cara Memplester Dinding Rumah dengan Mudah
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional
Memelihara Kucing Siam
Cara Memelihara Kucing Siam yang Mudah Dilakukan