Nasi Sumsum Khas Serang Makanan Lezat Berbahan Unik

Pada kesempatan ini kami akan bahas tentang Nasi Sumsum Khas Serang Makanan Lezat Berbahan Unik. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki olahan nasi dengan segala pengolahannya, termasuk di Serang, Banten yang mempunyai sajian khas berbahan utama nasi.

Nasi Sumsum Khas Serang

Nasi Sumsum Khas Serang Berbahan Unik

Makanan ini terkenal dengan kelezatan serta keunikan yang menyatu dalam hidangan tersebut, yaitu nasi sumsum khas Serang. Olahan makanan satu ini berawal dari bahan sisa yang tidak terpakai hingga menjadi salah satu kuliner unggulan dari ibu kota provinsi Banten ini.

Keberadaan nasi sumsum dimulai sekitar tahun 1941, saat tukang potong hewan yang bekerja di Serang merasa mubazir dengan keberadaan tulang-tulang yang ada, sehingga dirinya membawanya pulang. Tulang yang ia bawa, menarik seorang pembeli untuk memanfaatkan. Untuk memudahakan penjualan, sang jagal memotong tulang tersebut, dan menyisakan sumsum (isinya). Hal tersebut menjadikan sang istri memiliki ide untuk mengolahnya menjadi makanan. Saat itu, sumsum dicampur dengan nasi lalu dibakar.

Nasi bakar dari racikan istri penyembelih tersebut dijadikan makanan sehari-hari, hingga tetangga mereka mengetahui dan tertarik untuk mencobanya. Tidak disangka, kejadian ini terus berlangsung lama, kemudian si penemu resep menamakannya sebagai nasi bakar sumsum. Dari penamaan ini, dirinya menjual hasil karyanya di Kota Serang dengan menggunakan gerobak. Penjualan bermodal gerobak ini menambah penggemar nasi sumsum, hingga saat ini populer dan menempati kesesuaian rasa pada banyak lidah.

Penjual Nasi Sumsum Serang

Penjual nasi sumsum yang asli masih bertahan di Kota Serang dengan memberikan penyajian berupa dua nasi bakar setiap pembelian. Warung makannya berada di jalan T.B. Buang, Pasar Lama. Cara menghidangkannya pun masih menggunakan daun pisang, seperti saat pertama kali ditemukan. Bentuknya menyerupai otak-otak dengan ditusuk lidi di kedua sisinya, tapi berukuran lebih besar.

Penjual nasi sumsum khas Serang akan membakar bungkusan nasi dengan balutan daun pisang ini setiap terdapat pesanan. Sehingga aroma yang dihasilkan dari proses pembakaran akan menyebar di sekitarnya. Membuat yang telah merasakan lapar akan semakin tergugah untuk segera menyantapnya.

Sajian yang tidak dapat terlepas dari sejarah ini, menjadikannya bagian dari Kota Serang yang tetap menjadi andalan dengan rasa gurih nan lezat sebab keberadaan sumsum di dalammya. Penjual biasanya meletakan nasi bakar yang telah dihangatkan di atas piring bambu dengan hiasan irisan tomat segar beserta mentimun. Terlihat warna semburat kemerahan dengan tercium aroma seperti nasi goreng.

Proses Pembuatan Nasi Sumsum Serang

Proses pembakaran menjadikan tekstur nasi terasa lebih pulen dengan sensasi sedikit pedas beserta cita rasa rempah dalam setiap suapan yang masuk di mulut. Pada bagian yang dekat dengan daun, terdapat warna kecokelatan, menambah wangi hingga menambah kenikmatan saat menyantapnya.

Kuliner nasi sumsum dalam kawasan Banten ini, saat ini telah banyak terdapat ditemukan di wilayah asalnya. Penggunaan sumsum dari tulang sapi maupun kerbau, menjadikannya dikenal dengan mudah. Dalam pembuatannya, nasi sumsum khas Serang tidaklah sulit. Bahannya menggunakan nasi yang telah matang, kemudian dicampur dengan bahan rempah yang telah dihaluskan, meliputi cabe merah, bawang merah, siung bawang putih, kemiri yang telah disangrai.

Apabila pengadukan telah selesai yaitu dengan tercampur ratanya bumbu dengan nasi putih, selanjutnya menambahkan sumsum. Terakhir dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Proses pematangannya dengan membakar nasi hingga matang dengan ciri khas di aromanya yang akan keluar.

Alternatif Pembuatan Nasi Sumsum Serang

Terdapat pula cara pembuatan nasi sumsum khas Serang yang lain saat ini, yaitu dengan menggunakan beras bukan nasi. Langkah pembuatanya yaitu bumbu yang telah dihaluskan dicampur dengan beras, kemudian dibungkus ke dalam daun pisang secukupnya dengan bagian tengahnya diberi campuran sumsum beserta potongan daun bawang sebagai penambah cita rasa.

Selanjutnya, bungkusan yang telah selesai diadon kemudian dikukus selama 40-50 menit. Proses selanjutnya sama, yaitu membakar kukusan yang telah diriskan dengan dipanggang di wajan anti lengket atau di atas bara api. Kemudian disajikan dengan lalapan pelengkap. Makanan ini biasa disantap di siang hari oleh warga Banten sebagai pengobat rasa lapar setelah beraktivitas dari pagi.

Sekian informasi seputar Nasi Sumsum Khas Serang Makanan Lezat Berbahan Unik, semoga artikel kali ini mencerahkan Anda. Mohon post ini dishare biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Kisah Entrepreneur Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
Usaha Toko Kelontong
Membuka Usaha Toko Kelontong Modal Kecil Untung Besar
Bisnis Tanaman Hias
Buka Bisnis Tanaman Hias secara Sederhana
Model Bisnis
3 Model Bisnis untuk Efisiensi Perusahaan

Dunia Digital

Domain Hosting Jasa Online Website Workshop / Seminar

Penghasilan Online

Aplikasi Penghasil Uang Investasi Online Jualan Online Sumber Lain

Promosi Online

Marketing Online Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
MSI Online Bisnis SB1M Sharia Indonesia Synergy Worldwide
Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Anda
Ion Silver MSI
Ion Silver MSI terbaru untuk Perawatan Wajah
Bueno Spray
Bueno Spray Penghilang Bau Badan yang Efektif
Saudagar Properti
Saudagar Properti Punya Solusi Hunian dan Investasi Menguntungkan
Produk MSI
Produk MSI yang Sudah Terbukti Khasiatnya
Theme WordPress Responsive
Theme WordPress Responsive Pilihan Terbaik Anda
privat fb ads
Privat FB Ads untuk Meningkatkan Omset Bisnis
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Gunung Dempo
Wisata Alam Gunung Dempo yang Lengkap
Ziarah ke Makam Gus Dur
Ziarah ke Makam Gus Dur di PP Tebu Ireng
Tips Memilih Hotel Terbaik
Tips Memilih Hotel Terbaik untuk Liburan Anda

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
Perencanaan Dana Pensiun
Perencanaan Dana Pensiun Anda di DPLK dan DPPK
Dana Pendidikan Anak
Menyiapkan Dana Pendidikan Anak dengan Cara Terbaik
Tawar Menawar di Pasar
Trik Tawar Menawar di Pasar Tradisional